Tujuan Komunikasi Bisnis, Mengapa Sangat Penting?

Spread the love

Perlu Kamu tahu  bahwa komunikasi bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Kenapa demikian? Karena kehidupan tidak akan terus berjalan tanpa adanya komunikasi.

Termasuk dalam hal pemasaran, pemaparan ide dan bekerjasama dengan pihak lain. Bisa dilakukan secara verbal maupun non verbal. Tetapi alangkah baiknya jika dilakukan dengan bertatap muka langsung. Untuk lebih lengkapnya simak tujuan komunikasi bisnis di bawah ini :

Tujuan Komunikasi Bisnis Secara Umum

Biasanya dalam sebuah perusahaan memiliki seorang yang khusus menangani di bidang komunikasi. Yang disebut dengan humas.

Jika ditinjau secara umum, tujuan komunikasi bisnis adalah memberikan dukungan agar bisnis berjalan dengan efektif dan efisien. Serta membantu perusahaan dalam hal pengelolaan agar tujuan dapat tercapai dengan baik.

Sedangkan tujuan khususnya adalah menciptakan hubungan atau interaksi dalam sebuah perusahaan. Baik dengan pekerja, pemerintah, konsumen atau pihak luar lainnya.

Namun selain kedua hal pokok tersebut, ada juga loh tujuan lain melakukan komunikasi bisnis, yaitu:

 1. Memberikan informasi baik kepada pihak eksternal maupun internal

Contohnya, beberapa pekerjaaan terbengkalai karena kurangnya karyawan, sehingga perlu adanya proses rekrutmen. Bagian HRD akan merundingkannya dengan atasan kemudian humas diminta untuk menyebarkan lowongan pekerjaan melalui situs online dan offline.

2. Melakukan persuasi ke berbagai pihak yang secara khusus mempunyai hubungan langsung dengan perusahaan

Misalkan Kamu diberikan tugas oleh atasan untuk bernegoisasi dengan perusahaan lain yang akan diajak kerjasama. Kemampuan melakukan komunikasi bisnis yang baik sangat dibutuhkan. Sehingga mampu mempersuasi partner proyekmu agar mereka mau melakukan apa yang Kamu inginkan.

3. Menciptakan kolaborasi yang baik dengan pihak lain baik di dalam maupun luar negeri

Tentu saja hal ini bertujuan agar perusahaanmu semakin maju dan banyak mendapatkan keuntungan.

Lalu apa sih bedanya komunikasi bisnis dengan komunikasi pemasaran? Jelas beda dong, kalau komunikasi bisnis adalah kegiatan bertukar informasi untuk tujuan komersil atau bisnis.

Sedangkan komunikasi pemasaran adalah usaha yang dilakukan karyawan agar produk sebuah perusahaan memiliki citra yang baik di masyarakat. Sehingga mampu mengarahkan mereka untuk membelinya.

So, sampai sini paham kan?

Tujuan Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

tujuan komunikasi bisnis yaitu

1. William Albig

Menurutnya, komunikasi bisnis merupakan pertukaran gagasan, informasi, pendapat atau instruksi. Biasanya mempunyai target tertentu yang dilakukan baik antar pribadi atau kelompok.

Tujuannya agar bisnis mencapai tujuan yang diinginkan. Serta memperoleh beberapa keutungan.

2. Rosenbalt

Menurutnya, komunikasi dalam dunia bisnis diartikan sebagai pertukaran opini, instruksi, informasi atau yang lainnya. Baik personal maupun non personal yang menggunakan lambang atau sinyal sebagai alatnya.

Tujuannya sama, agar target perusahaan dapat tercapai dengan baik.

3. Djoko Purwanto

Komunikasi yang dipakai dalam dunia bisnis adalah sesuatu baik verbal atau non verbal. Yang digunakan karena perusahaan mempunyai sebuah kepentingan yang harus dicapai.

Jadi, dari beberapa pernyataan mengenai tujuan komunikasi bisnis di atas. Dapat diambil kesimpulan bahwa selalu memuat 5 unsur sebagai berikut :

  • Pencapaian target atau tujuan organisasi, yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh manajemen.
  • Memakai simbol atau sinyal, yaitu metode/alat yang digunakan agar sang penerima memahami apa yang dimaksud.
  • Memanfaatkan saluran baik personal ataupun impersonal, yaitu dapat dilakukan dengan bertatap muka langsung, media massa, lintas budaya atau media khusus.
  • Berisi Informasi, opini atau gagasan, bentuknya beragam tergantung dari situasi, kondisi dan kebutuhan masing-masing perusahaan.
  • Ada pertukaran, setidaknya dalam komunikasi bisnis pasti melibatkan dua orang atau lebih.
  • Terdapat tujuan, yang sejalan dengan organisasi, komunitas atau perusahaan.

Mengapa Komunikasi Bisnis Sangat Penting Dilakukan?

Apa sih sebenarnya urgensi dari komunikasi bisnis ini, kenapa harus melakukannya?

  • Perlu Kamu ketahui bahwa dengan melakukan komunikasi semua pihak akan saling mengerti mengenai maksud, dan tujuan yang hendak dicapai. Baik internal maupun eksternal.
  • Selain itu, interaksi yang memang sudah terbangun antar individu atau perusahaan satu dengan lainnya dapat mempermudah gerak perusahaan. Sehingga keuntungan akan lebih mudah untuk didapatkan.
  • Kamu juga akan memperoleh banyak informasi yang diperlukan. Yang pastinya bermanfaat agar perusahaan semakin berkembang. Misalkan, pengambilan keputusan secara lebih tepat, merekrut sumber daya yang mumpuni. Serta mencitpakan kinerja yang lebih efektif lagi.

So, memang penting banget ya melakukan komunikasi bisnis ini.

Bahkan kalau bisa disamakan 11-12 lah dengan komunikasi politik.

Contoh Komunikasi Bisnis Internal – Eksternal

tujuan komunikasi bisnis menurut para ahli

1. PT Indofood

Berikut ini akan disajikan sebuah komunikasi bisnis dan contohnya yang terjadi baik dalam ranah internal maupun eksternal. Pertama tentang PT. Indofood dengan pihak eksternal yaitu Taiwan.

Seperti yang sudah Kamu ketahui bahwasanya indofood hingga saat ini masih merajai industri mie instan tidak hanya di Indonesia tapi juga luar negeri. Nah, salah satunya adalah negara Taiwan.

Yang mana niat mereka pada awalnya adalah menyasar para TKI dan TKW dari Indonesia yang ada di sana. Sayangnya, mie buatan Indofood ini dijual sangat murah yaitu Rp. 1.500.

Sedangkan produk asli Taiwan dijual setara Rp. 5.000. Tidak adil kan?

Jelas sangat merugikan. Hal ini dikarenakan, sebelumnya PT Indofood tidak bekerjasama atau melakukan komunikasi yang baik dengan produsen lokal.

Sehingga produsen mie lokal Taiwan merasa terancam dan pada akhirnya berusaha untuk mematikan pasar PT. Indofood.

Nah, Andaikan dilakukan komunikasi bisnis, maka hal ini tidak akan terjadi.

2. PT Volma

Contoh berikutnya adalah ketidak efektifan komunikasi bisnis di kalangan internal PT. Volma pada beberapa tahun lalu.

Jadi ceritanya, mereka menciptakan kebijakan yang dirasa tidak manusiawi untuk karyawan.

Seperti gaji yang tidak full dibayarkan, jam lembur yang tidak memperhatikan kesehatan karyawan dan masih banyak lagi yang lainnya. Padahal seharusnya harus ada pengumuman atau aturan yang jelas mengenai hal tersebut.

Alhasil, karyawan berdemo dan melakukan mogok kerja. Sehingga hal ini sangat merugikan perusahaan karena produksi terbengkalai.

Tidak hanya perusahaan tetapi juga karyawan karena terjadi PHK secara besar-besaran.

Kalau sudah seperti ini kira-kira apa yang menyebabkannya?

Tentu saja komunikasi bisnis yang tidak baik.

Faktor Penyebab Komunikasi Bisnis yang Tidak Sehat

tujuan komunikasi bisnis brainly

1. Salah Audience

Artinya salah sasaran, karena sebelumnya tidak ditentukan segmen pasar yang jelas dan spesifik. Sehingga tujuan tidak akan tercapai.

Misalkan, mengajak kerjasama orang Islam untuk mendukung atau membeli produk yang ada campuran alkoholnya. Jelas tidak tepat, karena bagi mereka itu adalah haram.

2. Pesan Campur Aduk

Pesan sangat penting untuk diperhatikan. Salah kata atau jargon bisa sangat berpengaruh terhadap kelanjutan sebuah bisnis.

Misalkan adalah Bintangin yang mencoba menyaingi Tolak Angin lewat jargonnya “tidak perlu pintar untuk minum obat masuk angin”.

Hal tersebut malah membuat orang-orang semakin penasaran dengan Tolak Angin dan pada akhirnya Bintangin mengalai kegagalan.

Atau pada kasus perusahaan tadi, adanya simpang siur informasi yang disampaikan. Bukannya membawa keuntungan justru kerugian yang didapatkan ya guys.

3. Salah Tempat

Kesalahan tempat juga mempengaruhi informasi yang diterima loh. Bisa jadi, informasi atau komunikasi yang Kamu sampaikan tidak tersampaikan dengan baik.

Setelah Kamu mengetahui tujuan komunikasi bisnis dan betapa pentingnya hal tersebut. Maka lakukan dengan sungguh-sungguh ya, jangan sampai bisnismu berantakan karena hal ini!

Tinggalkan komentar