6 Tips Salad Buah Tidak Berair

6 Tips Salad Buah Tidak Berair

Tips salad buah tidak berair menjadi hal yang paling banyak dicari akhir-akhir ini.

Banyak orang yang mencoba membuat salad buah sendiri, tetapi salad buah yang dihasilkan justru lebih mudah berair bila dibandingkan dengan salad buah yang dijual di pasaran.

Pada akhirnya, orang-orang tersebut memilih untuk membeli saja salad buah di luar. Padahal membuat salad buah sendiri di rumah jauh lebih hemat dibandingkan dengan membelinya di luar.

Alasan Orang-Orang Menyukai Salad Buah

tips salad buah tidak berair alasannya

Buah merupakan salah satu makanan sehat yang sebaiknya Kamu konsumsi setiap hari. Ada banyak sekali kandungan gizi yang terkandung pada buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuhmu.

Alasan itulah yang membuat salad buah menjadi makanan favorit bagi setiap orang. Selain enak, makanan ini juga sangat meyehatkan.

Jika Kamu gemar mengonsumsi salad buah, maka lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah.

Untuk mencegah salad buah berarir ada banyak tips agar salad buah tidak berair yang bisa Kamu coba agar salad buah yang dibuat tidak berarir dan memiliki cita rasa yang enak.

Tips Membuat Salad Buah Tidak Berair

Salad buah yang berair biasanya disebabkan oleh kondisi buah yang digunakan untuk salad sudah layu. Dengan demikian, buah-buah tersebut akan mengeluarkan airnya, hal itulah yang membuat salad menjadi tidak tahan lama.

Ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar salad buah yang dibuat tidak berarir dan awet.

Beberapa tips tersebut adalah:

1. Merendam Potongan Buah ke Dalam Air Dingin

tips salad buah tidak berair dengan rendaman air dingin

Sudah rahasia umum bahwa air dingin merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mejaga kesegaran sayuran ataupun buah-buahan. Air yang dingin akan membantu buah-buahan dalam mempertahankan kesegarannya.

Merendam buah ke dalam air dingin juga dapat dilakukan untuk membuat warna dan keadaan buat tetap sama. Jenis buah yang mudah berubah warnanya karena teroksidasi adalah apel dan buah pir.

2. Membaluri Potongan Buah dengan Air Perasan Lemon

tips salad buah tidak berair paling mudah

Selain memberikan sensasi segar, ternyata perasan air lemon juga dapat membantu dalam menjaga kesegaran buah. Jika kesegaran buah terjaga, maka salad buah yang dibuat tidak akan cepat berair.

Berikan perasan air lemon secukupnya pada potongan buah dan jangan terlalu banyak. Setelah itu Kamu bisa menyimpan potongan buah tersebut ke dalam kulkas jika ingin memakannya nanti.

3. Simpan di Dalam Wadah yang Kedap Udara

tips salad buah tidak berair dan layu

Cara lainnya yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga kesegaran buah sehingga tidak mudah berair adalah menyimpannya di dalam wadah yang kedap udara. Kamu bisa menggunakan plastik Ziploc ataupun bisa memanfaatkan plastik wrap.

Penyimpanan buah dengan cara seperti ini akan mencegah buah mengalami proses oksidasi. Hal ini dikarenakan proses oksidasi bisa dipicu oleh udara bebas.

4. Menyimpan Potongan Buah di Dalam Lemari Es

cara agar salad buah tidak berair

Salah satu cara yang paling umum dan biasanya dilakukan untuk menjaga kesegaran buah adalah dengan menyimpannya di dalam lemari es. Hal ini bertujuan untuk menghindari udara dari suhu ruangan.

Suhu ruangan dapat membuat buah mengalami proses oksidasi yang lebih cepat. Dengan demikian, kesegaran buah tidak akan bertahan lama dan membuat salad Kamu menjadi mudah berair.

5. Pisahkan Potongan Buah dari Dressing

tips membuat salad buah agar tidak berair

Jika Kamu membuat salad dan berniat untuk menyimpannya agar bisa dimakan di lain waktu, maka pisahkan potongan buah dari dressing. Potongan buah yang terendam dressing terlalu lama akan membuat kesegarannya menjadi lenyap.

Oleh karena itu, pisahkan potongan buah dari dressing pada saat menyimpannya. Hal ini untuk menghindari kondisi salad yang berarir sehingga tidak layak untuk di konsumsi lagi.

6. Pilihlah Buah yang Masih Segar

tips agar salad buah tidak cepat berair

Salah satu kunci agar salad yang Kamu buat tidak cepat berair adalah dengan memilih buah yang segar. Buah yang segar akan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Sedangkan buah yang sudah tidak segar lagi biasanya hanya akan bertahan selama sehari saja. Oleh karena itu, pilihlah buah yang segar agar salad yang dibuat tidak cepat berair.

Tips salad agar salad buah tidak cepat berair tersebut dapat bermanfaat bagi Kamu yang ingin membuat salad buah dalam jumlah banyak. Dengan demikian, salad yang Kamu buat bisa bertahan dalam waktu yang lama tanpa khawatir salad tersebut berair.

Tinggalkan komentar