13 Tips Menghafal Al-Qur’an (Bismillah) Pasti Bisa!

Spread the love

Salah satu amalan baik bagi umat muslim adalah membaca dan menghapal isi Al-Qur’an. Ada banyak tips menghapal Al-Qur’an dengan mudah yang bisa Kamu lakukan dengan mudah.

Jika rajin membaca bahkan mencoba menghapal Al-Qur’an, maka di akhirat nanti Kamu akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Selain menghapal Al-Qur’an, Kamu juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar kehidupan menjadi lebih terarah.

Tips Menghafal Al-Qur’an Mudah

Sebenarnya menghapal Al-Qur’an itu mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu niat, dan juga komitmen untuk melakukannya agar bisa memegang komitmen tersebut.

Tips menghapal Al-Qur’an dengan mudah yang bisa dilakukan antara lain adalah:

1. Memiliki Niat Semata-Mata Hanya Kepada Allah

tips menghafal alquran dengan mudah

Hal terpenting yang harus Kamu miliki ketika berkeinginana untuk menghapal Al-Qur’an adalah niat. Ketika Kamu niat, maka semua hal yang dilakukan bisa berjalan dengan mudah dan lancar.

Jika Kamu memiliki niat menghapal Al-Qur’an karena Allah maka semua jalan akan dipermudah. Selain itu, Kamu juga biasanya bisa mempertahankan niat sehingga tidak mudah goyah dan tidak mudah terpengaruh dalam proses menghapal Al-Qu’ran.

2. Meyakinkan Diri Sendiri Bahwa Menghapal Al-Qur’an Itu Mudah

tips menghafal alquran dengan cepat dan mudah

Yakinkan diri Kamu sendiri bahwa menghapal Al-Qur’an itu mudah untuk dilakukan. Motivasilah diri sendiri agar santai dan tidak merasa terbebani dalam menghapal Al-Qur’an.

Jika sejak awal Kamu sudah menganggap bahwa menghapal Al-Qur’an itu sulit, maka kedepannya pasti akan terasa sulit. Oleh karena itu, menanamkan keyakinan sejak awal itu diperlukan sebagai motivasi baik untuk diri sendiri.

3. Melakukan Sholat Hajat

tips menghafal alquran wirda mansur

Kamu juga bisa melakukan sholat hajat sebelum memutuskan untuk menghapal Al-Qur’an. Mintalah kepada Allah kemudahan dalam menghapal dan mintalah agar selalu diberikan sikap istiqomah.

Dengan melaksanakan sholat hajat, berarti Kamu meminta pertolongan pada Allah SWT untuk melancarkan niat menghapal Al-Qur’an. Dengan demikian, iman serta niat Kamu pun akan terjaga.

4. Lakukan Pengakraban Diri dengan Al-Qur’an

tips menghafal al quran adi hidayat

Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini juga sangatlah cocok bila dianalogikan dalam proses menghapal Al-Qur’an

Dalam menghapal Al-Qur’an, Kamu harus akrab dan kenal terlebih dahulu dengan Al-Qur;an. Mulailah dengan membaca Al-Qur’an secara rutin setiap hari untuk mengakrabkan dan membiasakan diri.

5. Memperbaiki Bacaan yang Salah

cara menghafal al qur'an agar tidak mudah lupa

Ada baiknya Kamu mengajak orang yang paham mengenai tajwid bacaan pada saat membaca Al-Qur’an. Orang tersebut nantinya akan membantumu dalam membenarkan bacaan-bacaan yang salah.

Rajin memeriksa dan memperbaiki bacaan yang salah akan membuat kemampuan tajwidmu semakin bertambah. Dengan demikian, bacaan dan hapalan Kamu tidak akan keliru.

6. Menggunakan Metode Hapalan yang Sesuai

tips menghafal al quran 30 juz

Kenali terlebih dahulu gaya menghapal yang Kamu miliki. Kenali apakah Kamu lebih cocok menghapal per halaman ataupun menghapal per ayat.

Jika sudah menemukan gaya menghapal yang pas, biasanya Kamu akan merasa lebih mudah dalam menghapal Al-Qur’an. Dengan demikian, penting untuk mengetahui gaya hapalan yang sesuai dengan Kamu.

7. Pilihlah Satu Jenis Mushaf Al-Quran

cara menghafal al quran 40 hari

Untuk mempermudah proses menghapal Al-Qur’an, sebaiknya Kamu memilih satu jenis mushaf Al-Qur’an untuk dipelajari. Mushaf Al-Qur’an yang sama akan membantu Kamu dalam proses menghapal karena bentuknya yang tidak berubah-ubah.

Jika menggunakan mushaf yang berbeda-beda tiap menghapal Al-Qur’an, maka Kamu bisa saja merasa kebingungan. Hal ini dikarenakan posisi ayat, ataupun halaman yang berbeda sehingga akan mempersulit proses hapalan.

8. Membacanya Secara Berulang-Ulang

cara menghafal al quran beserta artinya

Kunci sukses dari menghapal Al-Qur’an adalah dengan membacanya secara berulang-ulang. Membaca secara berulang-ulang merupakan metode yang palingmudah untuk dilakukan dan paling efektif.

Bacalah terus ayat atapun lembaran ayat secara berulang hingga otak Kamu mengingatnya. Jika sudah ingat, cobalah untuk membaca tanpa melihat langsung ke Al-Qur’an.

9. Memperdengarkan Hasil Hapalan Kepada Orang Lain

cara menghafal huruf alquran

Untuk memastikan apakah bacaan dan tajwid yang Kamu baca sudah benar atau belum, maka Kamu harus memperdengarkan hasil hapalanmu kepada orang lain. Pilihlah orang yang mengerti mengenai bacaan dan tajwid.

Dengan demikian, Kamu akan mengetahui apakah bacaanmu telah sempurna atau belum. Kamu juga bisa meminta bantuan orang tersebut hingga bacaanmu benar dan tepat.

10. Memperbanyak Mendengarkan Murotal

cara menghafal al quran untuk ibu rumah tangga

Hal lainnya yang dapat membantu Kamu menghapal Al-Qur’an dengan mudah adalah dengan memperbanyak mendengarkan murotal. Jika Kamu rajin mendengarkan murotal, maka ayat Al-Qur’an akan otomatis masuk ke dalam ingatanmu.

Jika sudah begitu, maka ketika Kamu mencoba menghapalkan ulang, memori tersebut akan terputar. Dengan demikian, proses menghapal Al-Qur’an akan terasa sangat mudah dan cepat.

11. Memiliki Waktu Khusus Untuk Menghapal Al-Qur’an

tips menghafal cepat al qur'an

Tips menghapal Al-Qur’an cepat dan mudah berikutnya adalah memiliki waktu khusus untuk menghapal. Kamu dapat memilih waktu-waktu yang dinilai baik untuk proses menghapal Al-Qur’an.

Menurut Imam Al Khatib Al Baghdadi, ada tiga waktu baik yang bisa Kamu lakukan untuk menghapal Al-Qur’an. Waktu baik tersebut antara lain adalah sepertiga malam, pagi hari dan juga siang hari.

Pada sepertiga malam, Kamu bisa menggunakannya sebagai waktu untuk menghapal Al-Qur’an setelah melaksanakan sholat malam. Waktu ini dianggap baik karena memilki suasana yang sepi dan juga tenang, sehingga akan mempermudah Kamu dalam proses hapalan.

Waktu lainnya adalah pada saat pagi hari. Pagi hari dipilih sebagai waktu yang baik untuk menghapal A-Qur’an dikarenakan kondisi pikiran Kamu di pagi hari masih sangat baik bersih.

Pada saat siang hari pun Kamu dapat memanfaatkannya untuk menghapal Al-Qur’an. Biasanya waktu ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang santai pada saat siang hari.

12. Kosisten Mengenai Durasi Menghapal

cara menghafal al quran per ayat

Tips menghapal Al-Qur’an ini sangat cocok diterapkan pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak tidak bisa dipaksa untuk menghapal Al-Qur’an dalam waktu yang lama.

Tips menghapal Al-Qur’an untuk anak ini biasanya dilakukan dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama agar anak tidak merasa bosan. Namun, hal yang perlu diingat adalah kegiatan menghapal tersebut harus dilakukan rutin setiap hari.

13. Mengulangi Bacaan Al-Qur’an Setiap Sholat

tips menghafal alquran ala wirda mansur

Agar hapalan Al-Qur’an Kamu tidak hilang, salah satu caranya adalah menerapkan bacaan yang telah dihapal pada saat sholat. Jika digunakan pada saat sholat dan dibaca berulang-ulang, maka bacaan tersebut tidak akan hilang dari ingatanmu.

Selain membacanya pada saat sholat, Kamu juga bisa mengulangi bacaan tersebut setiap selesai sholat. Ulangilah selembar ataupun dua lembar ayat yang telah dihapalkan untuk menguji daya ingatmu terhadap bacaan yang telah dihapal.

Semua orang bisa untuk menghapal Al-Qur’an, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak. Tips menghapal Al-Qur’an di usia dewasa hampir sama persis dengan tips tersebut.

Pepatah yang harus Kamu ingat adalah, jangan pernah berenti untuk belajar. Hal ini juga berlaku bagi Kamu yang sudah dewasa.

Asalkan ada niat dan tekad yang kuat, Kamu pasti bisa menghapal Al-Qur’an dengan mudah dan terstrukur. Kamu harus tetap menjada keistiqomahan ini hingga dari mulai menghapal Al-Qur’an hingga seterusnya.

Tinggalkan komentar