5 Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Spread the love

Di dalam rumah tangga, permasalahan keuangan memang menjadi suatu hal sensitif yang sangat penting untuk dibicarakan bersama pasangan.

Bagi pengantin baru, tentunya harus mengetahui tips mengatur keuangan dengan sebaik mungkin supaya financial tetap terjaga keamanannya.

Menjadi pengantin baru, tentunya harus beradaptasi dan mendiskusikan pada kondisi dari finansial masing-masing supaya dihindarkan dari segala permasalahan keuangan.

Sementara untuk proses mengatur keuangan yang baik dan benar dapat dikatakan susah-susah gampang, terlebih lagi bagi pengantin baru yang belum berpengalaman.

Cara agar Financial Aman bagi Pengantin Baru

Cara yang harus dilakukan oleh para pasangan pengantin baru, supaya finansial tetap berjalan dengan baik yaitu dengan berdiskusi.

Untuk diskusi yang dilakukan tersebut tidak hanya pada awal pernikahan saja, akan tetapi harus didiskusikan sesering mungkin.

Terlebih lagi saat adanya pengeluaran yang lebih besar.

Para pasangan harus bisa mengontrol keuangan dengan sebaik mungkin, supaya mempunyai tabungan dan sebagai jaminan ketika sedang berada dalam kondisi darurat.

Berikut ini tips mengatur keuangan yang seharusnya diterapkan oleh para pengantin baru, di antaranya:

1. Merencanakan Anggaran Pengeluaran

tips mengatur keuangan rumah tangga

Anggaran pengeluaran harus direncanakan dengan sebaik mungkin, paling tidak sebelum menikah kamu sudah merencanakannya.

Dengan anggaran pengeluaran yang terencana, maka secara tidak langsung dapat mengontrol pengeluaran, sehingga terhindar dari jeratan hutang.

Melalui perencanaan anggaran tersebut, maka diri seseorang bisa mengetahui apakah dirinya boros ataupun tidak.

Jika sekiranya terlalu boros, maka bisa meminimalisasi pengeluaran.

Arus keuangan keluarga dapat dikontrol melalui pencatatan keluar dan masuknya uang, sehingga membuat perencanaan anggaran perlu dilakukan.

2. Melunasi Utang Secepat Mungkin

tips mengatur keuangan anak kos

Jika sekiranya mempunyai utang sebelum kamu menikah, maka kamu harus segera melunasinya supaya setelah menikah tidak mempunyai beban utang.

Perlu diketahui dengan baik bahwa mempunyai utang justru akan memberatkan pasangan, terlebih lagi ketika dirinya sudah menikah.

Sementara utang bagi orang yang sudah berumah tangga menjadi kewajiban kamu dan pasangan.

Supaya terhindar dari utang, maka kamu harus segera melunasi hutang secepat mungkin.

Jika sekiranya hutang yang kamu miliki sudah dilunasi, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengalokasikan biaya pengeluaran untuk dijadikan sebagai tabungan.

3. Miliki Dana Simpanan

tips mengatur keuangan usaha

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan bagi para pengantin baru yaitu harus mempunyai dana simpanan.

Dana simpanan tersebut akan sangat berguna ketika kamu mempunyai kebutuhan mendesak, seperti sakit, biaya selama masa kehamilan, biaya persalinan, maupun untuk biaya lainnya.

Semakin banyak dana simpanan yang dimiliki, maka akan menjadikan hidup kamu terasa lebih tenang, terutama ketika harus terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Seseorang yang mempunyai dana simpanan dan cadangan, maka secara otomatis dapat terhindarkan dari yang namanya berutang.

Ingatlah bahwa kamu harus menggunakan dana simpanan tersebut ketika berada dalam kondisi yang darurat saja.

4. Kebutuhan yang Tidak Penting

tips mengatur keuangan agar tidak boros

Sebaiknya kamu mengedepankan kebutuhan dan menyampingkan keinginan, dengan cara ini maka kamu akan terhindar dari pemborosan.

Pangkaslah beberapa kebutuhan yang sekiranya tidak penting, misalnya membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat catatan secara rutin, berupa beberapa kebutuhan rumah tangga yang dibutuhkan pada setiap bulannya.

Selain itu, kamu juga harus melakukan pengecekan pada anggaran yang dibutuhkan mengenai anggaran mana saja yang seharusnya dipotong.

Meskipun kamu harus merencanakan keuangan secara realistis, namun bukan berarti harus pelit terhadap diri sendiri.

Kamu tetap diperbolehkan untuk memanjakan diri seperti membeli kosmetik, pergi ke salon, jalan-jalan, liburan, atau lain sebagainya asalkan kamu masih tetap bisa menabung.

5. Berinvestasi

tips mengatur keuangan anak kost

Berinvestasi sangat penting dilakukan, terlebih lagi bagi kamu yang sudah berumah tangga karena investasi dapat dijadikan sebagai tabungan di masa depan.

Melakukan investasi di zaman sekarang ini tidak perlu mengeluarkan dana yang cukup banyak, karena ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang sedikit.

Sebaiknya pilih jenis investasi yang sesuai dengan kemampuan, misalnya saja dengan menabung emas batangan, maupun yang lainnya.

Semakin kamu sering berinvestasi, maka akan semakin menyelamatkan kamu dari jeratan utang.

Tinggalkan komentar