14 Tips Menabung untuk Pelajar Agar Bisa Membeli Barang Impian

Spread the love

Menabung bukan untuk orang yang yang berpenghasilan saja. Sebagai pelajar, kamu pun bisa mulai menyisihkan uang yang didapat dari orang tua. Kedengarannya sulit, tapi dengan menerapkan tips menabung untuk pelajar maka akan terasa mudah dan menjadikanmu semakin termotivasi.  

Apakah pelajar perlu menabung? Tentu saja, Selain melatih diri untuk berhemat dan mengatur keuangan, kamu bisa menggunakan uang simpanan untuk membeli kebutuhanmu sendiri. Akan ada kepuasan tersendiri saat kamu mendapatkan sesuatu dari uang yang kamu tabung, lo.

Dengan terbiasa menabung, akan muncul sikap hati-hati dalam membelanjakan uang. Sebab, kamu menyadari bahwa untuk mengumpulkan uang membutuhkan usaha yang tidak main-main.

14 Tips Menabung untuk Pelajar

Berikut 14 tips menabung untuk pelajar yang bisa dilakukan agar proses menabungmu sukses:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Tentukan Tujuan Menabung

Setiap permulaan pasti memiliki tujuan, begitupun saat akan mulai menabung. Pastikan dulu tujuan yang akan kamu capai dengan uang yang ditabung tersebut. Misalnya membeli laptop, handphone, sepeda atau baju.

Selain barang, uang tabungan juga bisa kamu fungsikan untuk berjaga-jaga apabila ada kebutuhan yang mendadak maupun kebutuhan di masa mendatang. Dengan adanya tujuan yang jelas, kamu akan selalu termotivasi untuk menyimpan uang.  

2. Pikirkan Target Jumlah Tabungan

Pikirkan Target Jumlah Tabungan

Kalau sudah mengetahui untuk apa uangnya, maka kamu bisa menentukan berapa jumlah yang dibutuhkan. Jangan menargetkan total tabungan persis seperti harga barang yang kamu inginkan. Sebaiknya targetkan dalam jumlah yang lebih banyak.

Alasannya, bisa saja harga barang tersebut berubah saat kamu sudah siap untuk membeli. Kemungkinan lain yakni barang tersebut habis sehingga harus mencari tipe lain yang harganya berbeda.

3. Tentukan Jangka Waktu Menabung

Tentukan Jangka Waktu Menabung

Selanjutnya, tips menabung untuk pelajar adalah menentukan lamanya waktu untuk menabung. Hal ini tentu berhubungan dengan target jumlah tabungan. Normalnya, semakin besar targetnya maka jangka waktunya semakin lama.

Namun, tergantung juga dengan berapa uang yang kamu tabung. Sebagai contoh, kamu akan membeli handphone seharga Rp2.000.000 dan hanya mampu menabung Rp10.000 per hari. Maka, butuh waktu sekitar 6 bulan lebih agar terkumpul sesuai target.

Bukan hanya harian, kamu bisa menerapkan tabungan mingguan misalnya Rp50.000 setiap seminggu sekali. Jangan memaksakan diri untuk menyisihkan uang di luar kesanggupanmu agar bisa konsisten menabung sesuai jangka waktu yang dipilih.

4. Sebaiknya Simpan Uang di Bank

Sebaiknya Simpan Uang di Bank

Salah satu cara paling aman untuk menyimpan uang adalah dengan membuka tabungan di bank. Tidak perlu minder karena setiap bank sudah menyediakan simpanan khusus pelajar. Dengan begitu, syarat dan ketentuan yang berlaku pasti bisa kamu sanggupi.

Umumnya, setoran awal untuk membuka tabungan sekitar Rp5.000 dan seterusnya kamu boleh menabung minimal Rp1.000. Tapi jumlahnya bisa bervariasi tergantung dari bank yang kamu pilih.

Beberapa kelebihan lain menyimpan uang di bank yaitu menahanmu untuk tidak sering mengambil uang, membuatmu lebih fokus dalam menabung, memudahkan saat akan membeli barang online dan mendapatkan pengetahuan baru. 

5. Gunakan Celengan Apabila Perlu Saja

Gunakan Celengan Apabila Perlu Saja

Cara yang paling sederhana untuk menabung yakni dengan menggunakan celengan. Tidak perlu membuat tabungan karena kamu cukup memasukan uang ke dalam kotak hingga penuh.

Mengasyikan memang, apalagi celengan sudah dibuat dalam berbagai bentuk yang menarik. Tapi sebaiknya hanya gunakan celengan kalau benar-benar perlu. Alasannya, celengan terbilang kurang aman untuk menyimpan uang dalam jumlah banyak.

Selain itu, keinginan untuk mengambil uang dari celengan pun biasanya lebih besar. Padahal uang belum terkumpul sesuai target.

Celengan lebih cocok apabila kamu menabung dalam jumlah sedikit sehingga jangka waktunya pendek. Cara ini juga pas kamu lakukan apabila sebatas ingin berlatih menabung sehingga kapanpun uang diambil, tidak masalah.

6. Prioritaskan Kebutuhan yang Penting

Prioritaskan Kebutuhan yang Penting

Mendahulukan kebutuhan yang penting merupakan tips menabung untuk pelajar agar target sukses tercapai. Tidak bisa dipungkiri kalau selama proses menabung, pasti ada saja godaan untuk membeli sesuatu.

Kalau kamu tidak punya tekad yang kuat, alhasil langsung tergoda sehingga mengambil sebagian uang yang ditabung. Sebenarnya boleh saja asalkan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya urgent.

Apabila sifatnya tidak penting dan bisa kamu tunda lain waktu, maka jangan ambil uang tabunganmu. Jangan berprinsip “ah sekali ini saja, deh, aku pakai dulu uangnya.”

Sebab, hal yang kamu anggap kecil tersebut justru bisa jadi pintu menuju kebiasaan menggunakan uang untuk sesuatu yang sebenarnya bisa ditunda.

7. Jangan Sepelekan Uang Receh

Jangan Sepelekan Uang Receh

Menabung tidak harus dengan uang yang nominalnya besar. Receh pun bisa kamu andalkan untuk membeli barang impian asalkan kamu konsisten menyisihkan.

Misalnya, setiap kamu mendapat kembalian setiap kali membeli sesuatu maka segera tabung walaupun jumlahnya hanya 500 perak. Justru menabung nominal uang yang sedikit akan lebih ringan sehingga lama-lama tidak terasa sudah banyak.

Agar tidak lupa, gunakan kantong atau kotak khusus untuk menaruh uang receh sehingga lebih mudah dibawa ke manapun. Kalau sudah penuh, barulah taruh di dalam celengan atau tempat penyimpanan lain.

8. Kurangi Pengeluaran Selama Menabung

Kurangi Pengeluaran Selama Menabung

Mengurangi pengeluaran merupakan tips menabung untuk pelajar yang mudah dilakukan. Semakin kamu bisa menahan diri maka semakin banyak nominal yang bisa disimpan. Motivasinya tentu barang yang kamu inginkan, bukan?

Sebagai contoh, kamu bisa membeli cilok Rp10.000 maka selama menabung, cukup membeli Rp5.000 saja seminggu sekali misalnya. Menabung bukan berarti menyiksamu, ya. Kamu hanya perlu mengurangi sehingga target tabungan bisa berhasil tercapai.

9. Buat Buku Tabungan Milik Pribadi 

Buat Buku Tabungan Milik Pribadi

Walaupun sudah memilih menabung di bank, tapi alangkah baiknya kamu juga memiliki buku catatan sendiri. Isinya sederhana, cukup catatan pengeluaran dan pemasukan uang setiap harinya.

Dengan adanya buku catatan, kamu bisa mengetahui sebenarnya untuk apa saja uang yang sudah kamu habiskan dan berapa sisa yang ditabung pada hari itu. Alhasil, kamu bisa lebih peka dan berhati-hati mengontrol pengeluaran nantinya.

10. Mulailah Rutin Membawa Bekal Ketika Pergi

Mulailah Rutin Membawa Bekal Ketika Pergi

Tips menabung untuk pelajar ini mungkin sudah membosankan bagi beberapa orang. Namun, kenyataannya masih manjur dalam hal menyimpan uang.

Dengan membawa bekal entah itu minuman, makanan maupun keduanya, maka kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung.

Bayangkan saja begini, kamu pergi ke sekolah dengan membawa minuman dan makanan. Ibumu tetap memberikan uang saku Rp20.000. Kalau kamu tidak membawa bekal, maka uang saku akan terpakai untuk jajan di kantin sehingga hanya sisa misalnya Rp10.000.

Dengan membawa bekal, maka uang sakumu bisa jadi utuh. Kemungkinan hanya terpotong sedikit untuk uang transportasi, contohnya. Alhasil, bakal lebih banyak yang ditabung, deh.

11. Cobalah Berbisnis

Cobalah Berbisnis

Berbisnis merupakan tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu coba. Status pelajar tidak akan menghalangimu untuk memulai suatu usaha. Tidak perlu memikirkan yang rumit, cukup memilih jenis bisnis yang cocok untuk pelajar.

Sebagai contoh, berjualan pulsa, berjualan ikat rambut yang kamu buat sendiri atau berjualan alat tulis sekolah.

Keuntungan dari penjualan bisa kamu tambahkan ke tabungan. Dengan berjualan, kamu bisa belajar banyak dan mendapatkan pengalaman yang bisa ditularkan ke orang lain.

12. Libatkan Orang Tua

Libatkan Orang Tua

Kegiatan menabung memang bisa menjadikanmu lebih mandiri tapi bukan berarti menghiraukan orang tua, ya. Sebaiknya, tetap libatkan mereka untuk melakukan beberapa hal penting.

Beberapa di antaranya meliputi mendampingimu ketika membuka tabungan bank, menemanimu ketika mengambil uang lewat teller atau ATM, mengingatkan kamu untuk konsisten menabung dan memberikan saran saat kamu bingung memutuskan sesuatu.

Sebaiknya jangan menabung secara diam-diam kecuali kamu memang ingin memberikan surprise untuk mereka. Dengan memberi tahu bahwa kamu akan menabung, maka mereka akan mendukung sepenuhnya. Mungkin saja akan melebihkan uang jajanmu, lo.

13. Tidak Ada Salahnya Bekerja Paruh Waktu

Tidak Ada Salahnya Bekerja Paruh Waktu

Bekerja paruh waktu adalah tips menabung untuk pelajar yang bisa kamu coba. Pilihan ini cocok kalau kamu tidak terlalu ingin berjualan secara langsung. Tapi, mengorbankan sedikit waktu menjadi konsekuensi yang harus kamu siap ambil.

Kalau berjualan, kamu bisa melakukannya di sekolah maupun menitipkan di toko-toko tertentu. Berbeda dengan part time yang harus kamu kerjakan sendiri. Misalnya bekerja membuat kerajinan tangan, menggambar atau penjaga toko buku.

14. Mulai dari Sekarang!

Mulai dari Sekarang

Tips terpenting adalah jangan menunda untuk menabung. Semakin awal kamu memulainya maka target akan semakin cepat diraih. Jangan terlalu banyak memikirkan berapa jumlah uang yang ditabung atau berapa lama waktunya.

Mulailah menabung dengan uang seadanya. Nanti, kamu bisa menyesuaikan jumlah ketika sudah berjalan.

Bisa dibilang kalau menabung adalah kebiasaan yang tidak ada ruginya sama sekali. Kamu bisa memperoleh banyak manfaat seperti memiliki simpanan uang untuk berbagai keperluan, melatih diri untuk berhemat, menumbuhkan disiplin serta tanggung jawab dan mendapatkan pengetahuan baru.

Kedua belas tips menabung untuk pelajar tersebut tidak harus kamu terapkan semua. Sesuaikan saja dengan kesanggupanmu, tapi hal yang pasti adalah kamu wajib tahu tujuan dan cara yang menurutmu paling cocok untuk dipilih.

Dengan memiliki tujuan, maka kamu sudah menggenggam motivasi terbesar untuk konsisten menyisihkan uang. Sedangkan cara yang paling cocok akan membuatmu nyaman selama menabung.

Tinggalkan komentar