12 Tips Menabung di Rumah Agar Uang Cepat Terkumpul

Spread the love

Kapan terakhir kali kamu menabung?” Kalau sampai tidak ingat berarti harus mulai dibiasakan untuk menyisihkan uang agar tidak cepat habis. Tidak harus melalui bank, kamu bisa menerapkan tips menabung di rumah untuk menyimpan uang secara mandiri.

Kedengarannya sulit, terlebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga tampak mustahil untuk menyisihkan uang di rumah. Kenyataannya, justru dengan menabung, jumlah uang yang kamu kumpulkan bisa lebih banyak sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan mendatang.

12 Tips Menabung di Rumah

Menabung di rumah itu asyik, lo. Kamu bisa menentukan sistem sendiri sesuai keinginan dan kesanggupan. Berbeda halnya dengan bank yang sudah memiliki sistem saklek untuk kamu patuhi.

Berikut 12 tips menabung di rumah yang dapat membantumu menyimpan uang tanpa gagal sehingga bisa terkumpul dengan cepat:

1. Tetapkan Pola Dalam Menabung

Tetapkan Pola Dalam Menabung

Salah satu cara agar bisa konsisten dalam menabung adalah menetapkan suatu pola. Misalnya, kamu menggunakan pola menabung sehari Rp20.000, menabung dari setiap uang kembalian atau menabung seminggu sekali Rp50.000.

Kamu juga bisa menerapkan pola menabung berdasarkan tanggal. Setiap tanggal bertambah, uang yang kamu tabung akan berkurang. Sebagai contoh, tanggal 1 kamu menabung Rp50.000.

Nominal selanjutnya akan berkurang Rp1.000 hingga mencapai akhir bulan. Dengan begitu, kamu hanya perlu menabung Rp21.000 pada tanggal 30 di bulan tersebut. Jumlahnya pun sudah lumayan, hampir Rp400.000.

Pokoknya, tetapkan pola yang sesuai dengan kesanggupanmu sehingga terasa ringan dalam menabung. Pola semacam itu dapat membantu agar kamu teratur dalam menyisihkan uang.  

2. Temukan Motivasi Menabung

Temukan Motivasi Menabung

Hal lain yang tidak kalah penting adalah menemukan apa sebenarnya motivasi yang menggerakanmu untuk menabung. Dengan adanya motivasi, maka kamu akan lebih giat untuk mengumpulkan banyak uang di rumah.

Misalnya, kamu mempunyai keinginan untuk membeli sofa baru, kompor baru maupun kebutuhan lain. Bahkan motivasi untuk sekadar memiliki uang simpanan untuk keadaan darurat pun tetap efektif.

Kalau perlu, tulis motivasi tersebut di kertas lalu tempelkan di tempat yang mudah dilihat sehari-hari. Ibaratnya, kamu memiliki ‘pengingat’ agar terus giat menabung untuk mewujudkan impian tersebut.

3. Selalu Simpan Uang Receh

Selalu Simpan Uang Receh

Selanjutnya, tips menabung di rumah agar uang cepat terkumpul adalah dengan selalu menyimpan uang receh. Berapapun uang receh yang kamu temukan, tetap kumpulkan dalam satu kantong.

Nominalnya sih sedikit, tapi lama-lama pasti tidak terasa sudah banyak. Uang receh yang disimpan juga bisa kamu pakai saat kebutuhan mendesak yang membutuhkan uang kecil.

Dalam menyimpan uang receh, sebaiknya pisahkan sesuai nominal agar mempermudah untuk menghitungnya. Kamu bisa memasukan tiap nominal dalam plastik es sampai terkumpul jumlah tertentu kemudian diikat.

Alternatif lain yakni menggunakan toples kecil yang dilabeli sesuai nominal uang receh. Tabungan uang receh sebaiknya jangan cepat-cepat diambil, misalnya 2 atau 3 bulan sekali saja.

4. Usahakan Belanja Seminggu Sekali

Usahakan Belanja Seminggu Sekali

Belanja kebutuhan rumah tangga merupakan hal yang wajib, baik itu belanja sayuran maupun keperluan lain. Tips menabung di rumah, sebaiknya kurangi frekuensi belanja terutama kebutuhan lauk pauk untuk makan sehari-hari.

Kalau kamu biasanya belanja setiap hari, maka ubah menjadi seminggu sekali. Coba pikirkan sekaligus menu yang akan dimasak selama 7 hari ke depan dan langsung beli semua dalam sekali waktu.

Hal tersebut bisa mengurangi anggaran belanja lauk pauk karena sudah terprogram. Berbeda halnya dengan belanja yang mendadak setiap harinya. Sebab, ada kemungkinan untuk tertarik dengan bahan makanan lain padahal sebenarnya tidak diperlukan.

Faktor bingung mau masak apa juga bisa menyebabkan uang belanja membengkak. Saat kamu tidak merencanakan dengan matang, maka akan asal membeli sehingga kurang efektif. 

5. Pisahkan Uang Sesuai Kebutuhan

Usahakan Belanja Seminggu Sekali

Tips menabung di rumah ini bisa digunakan kalau kamu memiliki lebih dari satu tujuan untuk menabung sehingga lebih fokus. Gunakanlah tempat yang berbeda untuk menyimpan uang kemudian beri label pada setiap wadah tersebut.

Misalnya, “tabungan untuk membeli laptop baru”, “tabungan untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak” dan “tabungan untuk liburan keluarga”. Kalau perlu, catat juga target jumlah tabungan yang akan kamu capai.

Tentukan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan uang tersebut. Semakin besar dana yang dibutuhkan tentu waktunya relatif lebih lama. Namun, tergantung juga dengan berapa nominal uang yang kamu sisihkan sekali menabung.

6. Manfaatkan Celengan

Manfaatkan Celengan

Jangan dikira sudah ketinggalan zaman, ya. Celengan masih efektif hingga sekarang sebagai andalan untuk tempat menyimpan uang di rumah.

Berhubungan dengan tips sebelumnya, apabila kamu memiliki banyak kebutuhan maka gunakan celengan lebih dari satu. Tujuannya agar bisa memisahkan uang yang ditabung.

Trik agar menghindari keinginan untuk membobol celengan adalah dengan menempatkan benda tersebut di tempat terpisah dan tersembunyi dari pandangan. Apabila ditempatkan pada spot yang bisa kamu lihat setiap hari, maka keinginan untuk membuka akan besar.

7. Batasi Uang Cash di Dompet

Batasi Uang Cash di Dompet

Membatasi jumlah uang cash di dompet merupakan tips menabung di rumah yang harus kamu coba. Alasannya, semakin banyak lembaran uang di dompet maka semakin besar kemungkinan untuk menggunakannya lebih sering.  

Seribu atau dua ribu rupiah memang terlihat sedikit, tapi justru hal itulah yang sebaiknya dihindari. Kalau beranggapan “ah tidak masalah lah, cuma 2000 rupiah” maka akan menjadi terbiasa dan tidak terasa sudah habis banyak.

Dengan membatasi uang di dompet, maka akan membantumu untuk tidak mudah jajan atau membeli barang lain. Makanya, tarik uang secukupnya saja dari ATM sehingga bisa lebih menghemat.

8. Sediakan Catatan Pengeluaran

Sediakan Catatan Pengeluaran

Saat memutuskan untuk menabung di rumah, maka kamu sendirilah yang menjadi pengontrol utama. Maka dari itu, sebaiknya siapkan buku khusus untuk mencatat setiap pengeluaran selama menabung.

Cara ini sangat efektif untuk mengetahui ke mana saja uang kamu mengalir. Dari data tersebut, kamu juga bisa mengurangi maupun mengeliminasi jenis kebutuhan mana yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Kegunaan lain dari catatan pengeluaran yaitu membuatmu lebih bijak dalam mengalokasikan uang belanja dan mempermudah mengatur budget selama kurun waktu tertentu. Alhasil, kamu tidak akan pusing lagi karena masalah finansial yang runyam.

9. Kurangi Perilaku Konsumtif

Kurangi Perilaku Konsumtif

Tips menabung di rumah yang tidak kalah penting demi uang yang cepat terkumpul adalah mengurangi perilaku konsumtif. Mulailah belajar untuk menahan diri sehingga tidak tergiur untuk membeli banyak barang.

Buatlah daftar kebutuhan yang menjadi prioritas dan mana yang tidak perlu sehingga kamu lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.

Selama menabung, belilah sesuatu yang sifatnya benar-benar urgent. Kalau bisa ditunda di kemudian hari maka jangan dulu dibeli. Dengan begitu, jumlah uang yang kamu sisihkan akan lebih banyak.

10. Cobalah Ikut Arisan

Cobalah Ikut Arisan

Apakah pernah kepikiran ikut arisan? Kalau iya, segera saja realisasikan karena bisa mendukung program menabungmu di rumah. Dengan bergabung ke anggota arisan, maka kamu harus berkomitmen untuk menyisihkan uang dalam kurun waktu tertentu.

Cara seperti ini biasanya lebih ampuh karena kamu merasa tidak terpaksa untuk melakukannya. Selain itu, banyak orang lain yang juga turut menabung sehingga menjadi motivasi tersendiri untuk giat seperti mereka.

11. Pikirkan Hal yang Positif

Pikirkan Hal yang Positif

Apabila suatu saat kamu merasa malas menjaga pola menabung, maka jangan biarkan dirimu begitu kemudian membobol celengan yang sudah terisi banyak. Kalau sudah memenuhi target sih tidak masalah.

Solusi yang membantu yakni dengan memikirkan sesuatu yang sifatnya positif. Pikirkan saat nanti uang tabunganmu sudah cukup sehingga bisa membeli barang impian. Pikirkan juga saat ada kebutuhan mendesak tapi kamu bisa segera menyelesaikannya berkat uang tabungan.

Tips menabung di rumah yang dilakukan dengan memikirkan hal-hal positif ini akan memotivasi kamu untuk melanjutkan menabung sehingga menjadi kebiasaan baik.

12. Konsisten

Konsisten

Terlihat sepele tapi konsisten adalah tips yang penting agar jumlah uang semakin banyak. Apalah artinya menyisihkan uang banyak sekaligus kalau seterusnya kamu tidak rutin melakukannya.

Alangkah lebih baik kalau menabung sedikit tetapi dilakukan secara konsisten, misal setiap hari, 3 hari sekali atau seminggu sekali. Dengan rutin menabung, kamu sedang melatih diri sendiri untuk membiasakan menyisihkan uang.

Lama kelamaan, kamu akan merasa aneh apabila hari itu tidak menabung karena sudah menjadi kebiasaan. Jadi, konsisten merupakan kunci yang tidak boleh disepelekan.  

Menabung memang tantangan tersendiri apalagi di tengah kebutuhan yang rasanya tidak pernah surut. Namun dengan menabung, justru kamu bisa memiliki uang simpanan untuk berbagai kebutuhan baik yang sudah direncanakan maupun sifatnya mendadak.

Sebagai tambahan, tips menabung di rumah lainnya adalah memberitahu anggota keluarga lain kalau kamu sedang menabung. Manfaatkan mereka sebagai pemberi dukungan sehingga program menabungmu berhasil.

Mereka pasti akan mengingatkan kalau kamu harus menyisihkan uang dan saat kamu terlalu berlebihan dalam menggunakannya. Akan lebih baik lagi kalau kamu juga mengajak mereka melakukan hal yang sama.

Dijamin erasa lebih menyenangkan dan bersemangat apabila satu keluarga membiasakan diri untuk menabung. Selain itu, memanfaatkan layanan tabungan dari bank juga ide yang bagus. Khususnya untuk menyimpan uang dalam jumlah besar. Selamat menabung!

Tinggalkan komentar