7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA / IPS / SMK

Spread the love

Bagi kamu yang sedang duduk di bangku kelas 12 SMA atau SMK, tentunya kamu akan berpikir untuk melanjutkan kuliah di mana nantinya.

Tidak heran, jika kamu sangat merasa gelisah dalam menentukan jurusan kuliah, pasalnya kamu belum mengetahui dengan pasti apa cita-citamu.

Agar tidak salah langkah dalam memilih jurusan, sebaiknya kamu tahu mengenai berbagai tips memilih jurusan kuliah.

Jangan sampai kamu hanya asal memilih dalam memilih jurusan, karena hal ini menentukan masa depanmu nantinya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah agar Tidak Salah Jurusan

Tidak sedikit orang yang mengalami drop out atau merasa salah masuk jurusan, karena pada awalnya banyak yang antusias masuk kuliah karena label mahasiswanya.

Jika seseorang sudah merasa salah masuk jurusan, maka biasanya ia tidak bisa melakukan studi dengan baik.

Tentunya, kamu yang sedang di bangku kelas 12 tidak ingin mengalami hal tersebut, karena memiliki dampak buruk pada masa depan.

Kamu sudah harus tahu terlebih dahulu mengenai jurusan yang akan kamu pilih sebelum memilih kampus. berikut ada beberapa tips memilih jurusan:

1. Passion

tips memilih jurusan kuliah untuk anak smk

Memahami keinginan kamu sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan jurusan kuliah.

Pasalnya, yang mengetahui minat atau tidaknya terhadap suatu bidang pelajaran adalah dirimu sendiri, sehingga kamulah yang harus memahami.

Misalnya, kamu suka dengan pelajaran IPA di bidang kesehatan, maka kamu dapat mengerucutkan pilihanmu pada jurusan kedokteran, perawat, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui keinginanmu sendiri, maka kamu sudah dapat menjawab sebagian kegelisahan yang kamu alami dalam menentukan jurusan kuliah.

2. Potensi

tips memilih jurusan kuliah untuk anak ipa

Selain memahami keinginan, kamu juga harus paham mengenai potensi dirimu sendiri supaya kamu tidak kehilangan arah dalam menentukan jurusan.

Setiap orang tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, hal itu dapat dijadikan prioritas dalam menentukan jurusan kuliah.

Potensi yang dimaksud adalah kamu lebih cenderung ke sastra, seni, desain, kesehatan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, bagi kamu yang masih bingung mengenai potensimu segera lah untuk menggalinya agar tidak kebingungan saat memilih jurusan.

3. Motivasi Diri

tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Motivasi yang dimaksud adalah kamu dapat mengetahui tujuan utama dari diri kamu sendiri setelah memilih suatu jurusan tertentu.

Jadi, kamu harus memahami motivasi diri sendiri, artinya kamu tahu alasan apa kamu memilih suatu jurusan tertentu.

Pada saat menjalani perkuliahan, kamu tidak akan merasa nyaman dan semangat jika kamu sendiri tidak tahu motivasimu apa.

Hal tersebut juga akan berdampak pada IPK yang kamu dapatkan, oleh karena itu upayakan untuk memiliki suatu motivasi terhadap jurusan yang akan kamu pilih.

4. Kepribadian

tips memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian

Setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda, hal ini berkaitan dengan prioritas dalam menentukan jurusan kuliah.

Menurut John Holland terdapat 6 kelompok kepribadian yang dapat digunakan untuk menentukan jurusan.

Enam kepribadian tersebut di antaranya adalah kepribadian penolong, creator, menguasai orang lain, pemikir, organizer, dan realistis.

Dengan mengetahui kepribadianmu, kamu dapat mencocokkan tipe kepribadian dengan tipe jurusan yang kamu inginkan.

5. Peluang Masa Depan

tips memilih jurusan kuliah jalur snmptn

Kamu harus memerhatikan peluang masa depan setelah memilih jurusan tertentu, kamu akan menjadi apa, hal ini dapat dikaitkan dengan cita-cita.

Caranya adalah kamu harus mencari tahu mengenai jurusan yang nantinya memiliki pekerjaan yang menjanjikan.

Salah satu jurusan yang pada saat ini menjanjikan adalah jurusan IT, mengingat bahwa segala sesuatu pada zaman sekarang menggunakan teknologi.

Oleh karena itu, kamu harus tahu tentang jurusan yang ingin kamu pilih dan kaitkan dengan cita-cita kamu pada masa depan nantinya.

6. Biaya

tips memilih jurusan kuliah yang benar

Dari banyak hal yang kamu pertimbangkan, semua akan berjalan lancar apabila biaya itu ada, maka prioritaskan biaya dalam menentukan jurusan kuliah.

Jika biaya yang dimiliki oleh orang tua kamu tidak sebanding dengan biaya jurusan kuliah yang akan kamu ambil, maka hal itu dapat menimbulkan kendala nantinya.

Kendala yang akan kamu alami dapat membuat perkuliahanmu menjadi tidak nyaman, serta akan berdampak pada prestasimu.

Jadi, sesuaikan kemampuan biaya yang dimiliki orang tua kamu, agar nantinya saat menjalani perkuliahan tidak mengalami masalah.

7. Konsultasikan dengan Orang yang Berpengalaman

tips cara memilih jurusan kuliah

Seseorang yang sudah berpengalaman pasti lebih tahu dan dapat memberi masukan terhadap kebingunganmu dalam memilih jurusan.

Oleh karena itu, cobalah untuk konsultasi kepada orang tua, guru BK, guru wali kelas, kakak kelas, atau orang yang berpengalaman lainnya yang kamu kenal.

Kamu dapat bertanya tentang pengalaman mereka saat memilih jurusan, sehingga kamu dapat mengetahui secara nyata.

Dengan begitu, kamu juga dapat menyesuaikan keinginan jurusan yang kamu pilih dengan fakta berdasarkan pengalaman orang.

Menentukan jurusan memang bukanlah hal yang mudah, harus melalui berbagai pertimbangan agar tidak salah memilih jurusan.

Meskipun nantinya sama-sama akan menjadi mahasiswa, kamu tetap tidak boleh asal memilih agar perkuliahanmu nantinya berjalan lancar.

Sebenarnya, masih banyak tips memilih jurusan kuliah selain yang telah dibahas tersebut.

Jika kamu memiliki tips yang dapat kamu ungkapkan, alangkah baiknya jika kamu mengungkapkannya di sini, agar semua orang yang memiliki pengalaman sama denganmu tahu dan tidak banyak mengalami salah mengambil program studi.

Tinggalkan komentar