8 Tips Lolos CPNS, Nggak Usah Sambat!

Spread the love

Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu pekerjaan yang paling diincar oleh sebagian besar orang di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang-orang yang mencari tips lolos CPNS di internet.

Angka pendaftar untuk menjadi PNS selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali manfaat yang bisa Kamu rasakan ketika menjadi PNS.

Namun untuk menjadi seorang PNS, Kamu perlu melewati serangkaian tes yang cukup panjang. Oleh karena itu, butuh strategi khusus agar bisa lolos berbagai tese tersebut.

Alasan PNS Memiliki Banyak Peminat

tips lolos wawancara cpns

Peminat untuk menjadi PNS selalu meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, kuota yang tersedia sangatlah terbatas.

Akibatnya ribuan orang terpaksa harus berbesar hati ketika tidak lolos tes untuk menjadi PNS. Peluang yang kecil membuat tes PNS terlihat lebih sulit dari tes-tes pekerjaan lainnya.

Alasan PNS memiliki banyak sekali peminat adalah karena pekerjaan ini masih dianggap sebagai pekerjaan yang ‘wah’ di kalangam masyarakat. Apalagi bagi yang bekerja di instansi pemerintahan yang besar, pastilah memiliki kebanggan tersendiri.

Ada banyak sekali Kementrian dan instansi pemerintahan yang membutuhkan pegawai baru setiap tahunnya. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh calon pelamar kerja agar bisa bergabung di salah satu lembaga tersebut.

Beberapa lembaga negara dan juga instansi pemerintahan yang membutuhkan pegawai setiap tahunnya adalah Kemenag, Kemetan, Kemenkes, Kemenkeu, dan Kominfo. Instansi lainnya juga yang biasanya menerima PNS baru setiap tahunnya adalah lembaga Pendidikan, lembaga keperawatan, dan BPOM.

Tips dan Trik Lolos CPNS yang Bisa Kamu Coba

tips lolos cpns bpom

Ada banyak sekali tips ataupun cara lolos CPNS yang ada di internet. Kamu bisa mengikuti tips-tips tersebut agar bisa berhasil dalam tes CPNS

Berberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai cara CPNS diterima antara lain adalah:

1. Mempersiapkan Berkas Pendaftaran dari Jauh-Jauh Hari

tips lolos administrasi cpns

Berkas pendaftaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses seleksi CPNS. Walaupun merupakan tahap awal, berkas pendaftaran ini merupakan hal yang sangat penting yang dapat membuatmu lolos ke tahap selanjutnya.

Pastikan berkas-berkas yang Kamu siaokan sudah lengkap dan tidak ada kekurangan sedikitpun. Keterampilan dan ketrelitian sangat diperlukan untuk mempersiapkan berkas ini.

Oleh karena itu, persiapkan berkas pendaftaran tersebut dari jauh-jauh hari. Hal ini akan membuat berkas Kamu menjadi lengkap tanpa ada kekurangan sedikitpun.

2. Mempertimbangkan dengan Matang Formasi Apa yang Akan Dipilih

tips lolos cpns kementerian

Ada banyak sekali jenis instansi yang bisa Kamu pilih pada tes CPNS. Namun, Kamu harus memperhatikan instansi yang Kamu pilih.

Jika berniat memilih instansi pemerintahan seperti Kementrian, maka Kamu harus memiliki persiapan yang sangat matang. Hal ini dikarenakan pelamar pada instansi kementrian biasanya merupakan pelamar yang tangguh sehingga cukup sulit untuk dikalahkan.

Pilihlah lembaga yang tidak terlalu besar jika Kamu merasa tidak mampu untuk melawan banyak pelamar yang tangguh. Pilihlah jenis instansi yang memiliki jumlah peminat yang sedikit agar peluang untuk lolos menjadi besar karena sediktnya pesaing.

3. Mempelajari Berbagai Macam Soal Tes

tips agar bisa lolos cpns

Jauh-jauh hari ada baiknya Kamu mempelajari berbagai macam contoh soal tes CPNS. Pahami setiap materi yang dianggap akan masuk pada ujian tes CPNS.

Rajin mengerjakan contoh soal akan membuat Kamu menjadi terbiasa dalam menghadapi soal tes. Dengan demikian, Kamu sudah tidak gugup lagi pada saat tes CPNS berlangsung.

4. Tanamkan Sikap Percaya Diri

tips lulus cpns guru

Agar lolos seleksi CPNS, Kamu harus memiliki kepercayaan yang tinggi. Kepercayaan yang tinggi akan menambah keyakinan Kamu dalam mengikuti seleksi CPNS.

Jika Kamu sudah memiliki keyakinan yang tinggi, maka semua hal akan terasa lancar. Bukan tidak mungkin, Kamu bisa lolos seleksi dengan mudah.

5. Memiliki Strategi Pengerjaan Soal Tes yang Baik

tips lulus cpns kemenkumham

Startegi pengerjaan soal tes ini biasanya berhubungan dengan waktu. Kamu harus menargetkan waktu pengerjaan untuk satu soal.

Menerapkan strategi ini dapat membantumu dalam mengerjakan soal dengan tepat waktu. Oleh karena itu, diperlukan latihan terus menerus agar Kamu terlatih dalam menjawab soal.

6. Melakukan Survey Lokasi Tes

tips lulus cpns kemenkeu

Kamu perlu untuk melakukan survey lokasi tes sebelum hari tes dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar Kamu dapat mengenali lingkungan tes tersebut.

Survey lokasi tes juga penting agar Kamu tidak tersesat pada saat hari pelaksanan tes. Jika tersesat, maka kemungkinan besar untuk terlambat menjadi sangat besar sehingga Kamu akan mengalami kegagalan bahkan sebelum menjawab soal.

7. Datang Lebih Awal Sebelum Tes Berlangsung

tips lulus cpns pengalaman

Kamu dapat datang lebih awal sebelum tes berlangsung. Dengan datang lebih awal, Kamu dapat membiasakan diri terlebih dahulu terhadap lingkungan tes.

Jika datang sesaat sebelum tes, maka kemungkinan terlambat akan menjadi besar. Selain itu, Kamu juga akan terasa dikejar waktu sehingga akan membuyarkan konsentrasi dalam menjawab soal tes.

8. Mengerjakan Soal dengan Tenang

tips lulus tiu cpns

Kunci utama dalam mengerjakan soal tes CPNS adalah tenang. Selain yakin dan percaya diri, Kamu juga harus tenang dalam mengerjakan soal.

Pastikan Kamu tidak merasa gugup dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, jauhilah segala hal yang dapat membuatmu gugup dan hilang fokus.

Jika Kamu tenang, maka konsentrasi akan meningkat. Jika sudah begitu, bukan tidak mungkin soal-soal tes tersebut bisa terjawab dengan mudah.

Tips diterima CPNS tersebut bisa Kamu terapkan apabila sedang berjuang dalam mendapatkan jatah kursi di salah satu instansi pemerintahan. Kamu juga harus rajin berlatih dan berdoa agar hasil tes CPNS memuaskan dan dapat menghantarkanmu menuju kesuksesan.

Tinggalkan komentar