8 Tips Jualan di Instagram Untuk Pemula

Spread the love

Kebutuhan utama bagi semua orang dalam melakukan segala kegiatan adalah internet.

Internet memiliki peran yang sangat penting untuk dijadikan sebagai sarana pencarian informasi.

Bahkan, tidak jarang banyak para pengguna internet yang mampu menghasilkan uang melalui media sosial yang dimilikinya, salah satunya seperti Instagram.

Ada banyak tips jualan di Instagram yang bisa diterapkan, bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet.

Pada saat berjualan produk melalui Instagram, maka ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai strategi khusus supaya produk yang dijual cepat laku.

8 Tips Jualan di Instagram dengan Keuntungan Melimpah

Berjualan melalui Instagram memang dikatakan susah-susah gampang, karena banyaknya tingkat persaingan yang ada di pasaran.

Penting bagi kamu yang sedang merintis bisnis berjualan melalui Instagram, maka dari itu ada baiknya jika mengetahui strategi khusus agar barang cepat laku.

Berikut ini strategi khusus yang bisa kamu terapkan agar bisnis berjualan di Instagram mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan cepat, di antaranya:

1. Membuat Akun Khusus

tips jualan di instagram 2020

Cara pertama yang bisa dilakukan bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis secara online melalui aplikasi Instagram, yaitu dengan membuat akun khusus.

Jangan jadikan satu antara akun bisnis dengan akun Instagram pribadi kamu, supaya kamu lebih fokus pada bisnis yang sedang dijalankan.

Sebaiknya, jangan menggunakan nama pribadi pada akun Instagram yang kamu gunakan tersebut, hal ini memiliki tujuan supaya bisnis yang dijalankan terlihat profesional.

Untuk pembuatan nama akun, sebaiknya mengandung kata kunci supaya lebih mudah dicari oleh orang lain.

Apabila kamu merasa bingung dalam menentukan nama yang mengandung kata kunci, silakan melakukan riset terlebih dahulu melalui Google.

2. Tingkatkan Jumlah Follower

cara jualan di instagram ala rico huang

Apabila pembuatan akun sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan meningkatkan jumlah follower.

Ada baiknya jika kamu mencari follower yang sesuai dengan produk yang sedang kamu jual tersebut, sehingga kamu harus mengetahui konsumen yang menjadi target sasaran.

Hal ini memiliki tujuan, supaya kamu dapat membidik follower dari beberapa komunitas tersebut, dengan begitu kamu tidak akan membuang banyak tenaga dan waktu dalam mencari follower yang tidak menyukai pada akun bisnis yang kamu miliki.

Namun perlu diingat, ketika ingin memfollow mereka, kamu harus menerapkan strategi supaya pihak dari Instagram tidak memblokir akun Instagram yang kamu miliki.

Cara yang bisa kamu lakukan yaitu jangan memfollow lebih dari 40 orang, karena untuk idealnya kamu dapat memfollow 200 orang dan dibagi pada lima waktu.

3. Lengkapi Keterangan yang Lengkap saat Upload Foto

cara jualan di instagram ads

Saat kamu akan mengupload foto produk yang kamu jual, disarankan untuk melengkapinya dengan informasi yang lengkap, seperti keterangan dari produk yang diupload.

Misalnya dari segi harga, warna yang tersedia, ukuran ataupun beberapa informasi yang dibutuhkan konsumen.

Pastikan bahwa gambar yang kamu upload tersebut mempunyai kualitas yang bagus, supaya menjadikan para konsumen tertarik untuk melakukan pembeliannya.

4. Manfaatkan Fitur Hashtag

tips jualan di instagram agar laku

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan fitur berupa hashtag.

Fitur hashtag tentunya sudah sangat populer di kalangan para pengguna Instagram, karena hastag tersebut merupakan kata kunci yang lebih memudahkan seseorang ketika sedang mencari akun, termasuk akun bisnis kamu.

Jika kamu sudah membuat deskripsi lengkap pada ada foto yang hendak diunggah, maka jangan lupa memberikan hashtag sesuai pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Kegunaan dari hastag bisa melalui aplikasi lain yang dapat diunduh melalui Google Play Store, misalnya seperti aplikasi hashtag.

Aplikasi ini tentunya akan lebih memudahkan kamu untuk menerima referensi maupun hastag dari yang paling banyak dicari, maupun dituliskan para pengguna Instagram.

Namun perlu diingat, tujuan kamu memberikan hastag dari nama brand produk yang kamu jual, supaya bisa muncul di bagian Instagram.

5. Upload Testimoni

cara jualan di instagram agar laris

Tentunya, kamu akan banyak bertemu dengan beberapa pelaku bisnis yang mengandalkan sosial media, yang seringkali mengupload testimoni.

Cara ini ternyata sangat ampuh untuk bisa menarik perhatian para calon konsumen, sehingga kamu bisa mengikuti jejak kesuksesan dari para pelaku bisnis yang berhasil menggunakan metode upload testimoni.

Testimoni inilah yang dapat meningkatkan rasa kepercayaan bagi calon konsumen terhadap produk yang sedang kamu jual.

Pada saat mengupload testimoni tersebut, perhatikan nomor, nama, maupun percakapan yang lainnya supaya disamarkan.

Tujuannya, yaitu supaya menjaga privasi dari para konsumen.

Selain testimoni, ternyata kamu juga dapat mengupload resi pengiriman pada saat barang telah berhasil dikemas atau hendak dikirim.

6. Gunakan Akun Bisnis

tips jualan cepat laku di instagram

Supaya produk yang kamu jual tersebut laris manis, maka cara selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan akun bisnis Instagram.

Melalui akun bisnis dari Instagram yang kamu miliki tersebut, maka para calon pelanggan merasa lebih yakin dan percaya bahwa akun yang kamu miliki merupakan akun yang profesional.

Penggunaan dari akun bisnis Instagram tersebut mempunyai keunggulan, yaitu supaya setiap harinya kamu dapat melihat siapapun yang mengunjungi akun bisnis tersebut.

Cara ini akan lebih memudahkan kamu dalam menganalisa mengenai seberapa besar minat para calon pembeli terhadap produk yang sedang kamu jual.

Untuk cara pembuatan akun bisnis Instagram sangatlah mudah, yaitu kamu hanya cukup masuk ke bagian menu pengaturan, lalu scroll ke bagian bawah, maka kamu akan menemukan pilihan akun bisnis.

Kamu hanya tinggal mengikuti beberapa instruksi saja yang disediakan pada aplikasi Instagram dan kamu dapat menyesuaikan pada produk yang dijual.

7. Lakukan Endorser

tips dan trik jualan di instagram

Tidak ada salahnya jika kamu bekerjasama dengan para artis atau tokoh lokal untuk dapat menawarkan berbagai produk yang sedang dijual.

Pada saat ingin melakukan endorse, tentunya kamu harus melihat seberapa banyak jumlah follower yang dimiliki dari calon endorse.

Semakin banyak jumlah followernya, tentunya akan semakin berpeluang besar untuk dapat memperkenalkan produk kepada para konsumen.

Strategi inilah yang lebih memudahkan kamu dalam mengenalkan berbagai produk yang dijual kepada semua kalangan, termasuk pengguna Instagram.

8. Berikan Diskon atau Giveaway

tips jualan hijab di instagram

Banyak para pelaku bisnis yang menjual produknya melalui Instagram, dan seringkali melakukan giveaway atau pemberian diskon bagi para follower yang aktif mengikuti sayembara.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengikuti metode yang satu ini, supaya dapat menambah jumlah follower serta memikat daya tarik para konsumen.

Giveaway maupun diskon dapat diadakan ketika momen-momen tertentu saja, supaya tidak membuat kamu merasa rugi.

Menjalankan bisnis di zaman modern seperti saat ini memang sangatlah mudah dilakukan, karena dapat mengandalkan berbagai media sosial.

Salah satunya, seperti Instagram yang menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan menjalankan aplikasi secara offline.

Oleh karena itu, apabila kamu pengguna Instagram, silakan memanfaatkannya untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan mudah.

Cukup dengan mengikuti beberapa tips jualan di Instagram yang ada di atas, maka kamu tidak akan mengalami banyak kesulitan ketika ingin sukses dengan bisnis yang kamu jalankan tersebut.

Jika sekiranya kamu memiliki tips lain dalam menjalankan bisnis melalui instagram, silahkan coret-coret di sini ya!

Tinggalkan komentar