23 Tips Hubungan Langgeng Sampai Maut Memisahkan

23 Tips Hubungan Langgeng Sampai Maut Memisahkan

Hubungan yang langgeng merupakan impian dari setiap pasangan. Ada banyak sekali tips hubungan langgeng yang bisa dicari untuk membuat hubungan Kamu dan pasangan menjadi langgeng.

Ada banyak sekali cara yang bisa Kamu dan pasanganmu lakukan agar hubungan yang dijalin tetap harmonias. Bukan tidak mungkin kalian bisa bertahan hingga jenjang pernikahan walaupun sedang menjalani pacaran jarak jauh.

Kunci utama dari sebuah hubungan yang bertahan lama adalah keseriusan dari kedua belah pihak. Kamu dan pasanganmu harus sama-sama berjuang untuk memahami.

Tips Hubungan Langgeng Sampai Pernikahan

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus Kamu dan pasanganmu lakukan untuk mejaga hubungan. Cara ini juga bisa digunakan sebagai tips hubungan langgeng saat LDR.

Beberapa tips tersebut antara lain adalah:

1. Menentukan Pola Komunikasi

tips hubungan tahan lama dalam komunikasi

Pilihlah pola komunikasi yang membuat Kamu dan pasanganmu merasa nyaman. Baik itu komunikasi secara langsung ataupun komunikasi via media sosial.

Pilihlah gaya komunikasi yang membuat kalian sama-sama nyaman saat bertemu secara langsung. Jika via media sosial, kalian bisa menggunakan jenis media sosial yang sama-sama membuat nyaman.

2. Selalu Menyempatkan Diri Untuk Menghubungi Pasangan

tips hubungan tahan lama untuk remaja

Sesibuk apapun Kamu, pastikan selalu menyempatkan diri untuk menghubungi pasanganmu. Lakukanlah walaupun hanya sebentar saja.

Seperti yang Kamu ketahui bahwa kunci dari sebuah hubungan adalah komunikasi. Oleh karena itu, komunikasi yang teratur dapat membuat hubungan kalian menjadi langgeng dan menyenangkan.

3. Menjelaskan Jadwal Kegiatan Masing-Masing

mengatur jadwal sebagai tips hubungan tahan lama

Kadangkala, pertengkaran terjadi karena adanya kesalahpahaman mengenai jadwal kegiatanmu dan pasangan. Hal ini biasanya terjadi karena tidak adanya kejelasan mengenai kabar.

Cobalah untuk saling menjelaskan jadwal kegiatan kalian masing-masing setiap pagi. Dengan demikian, Kamu dan pasanganmu dapat tahu pada saat kapan kalian merasa sibuk dan tidak bisa untuk dihubungi.

4. Memberitahukan Jika Kamu Kesulitan Untuk Berkomunikasi

pentingnya komunikasi dalam tips hubungan tahan lama

Kadang kala Kamu pasti mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika handphonemu kehabisan baterai ataupun sinyal di tempatmu sedang tidak bersahabat.

Jika baterai handphonemu sudah sekarat, sempatkan untuk mengirim satu pesan saja kepada pasangan bahwa Kamu tidak bisa menghubunginya untuk sementara waktu. Sedangkan jika Kamu ingin bepergian ke tempat yang kualitas sinyalnya lemah, maka beritahukanlah terlebih dahulu kepada pasanganmu.

5. Memahami Keadaan Pasangan Jika Dia Tidak Menghubungimu

memahami satu sama lain sebagai tips hubungan tahan lama

Ketika pasanganmu tidak kunjung menghubungimu, janganah langsung berpikiran negative padanya. Cobalah untuk memahami keadaan yang sedang dialami oleh pasanganmu.

Kamu dapat mencobanya dengan memposisikan dirimu menjadi mereka. Dengan demikian, pertengkaran tidak akan terjadi karena Kamu dan pasanganmu saling memahami.

6. Bersikap Terbuka Kepada Pasangan

tips hubungan tahan lama bagi pelajar

Ketika Kamu merasa tidak suka pada beberapa hal yang dilakukan oleh pasangan, maka bersikap terbukalah. Cobalah untuk memberitahukannya dengan cara yang baik.

Berdiskusilah dengan pasanganmu mengenai hal yang tidak Kamu suka dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Kamu menyampaikannya dengan baik, maka pasanganmu akan menerima saranmu dengan tangan terbuka.

7. Selalu Jujur Kepada Pasangan

pentingnya kejujuran dalam sebuah hubungan

Kejujuran merupakan salah satu kunci dari setiap hubungan. Dengan bersikap jujur, maka hubunganmu dan pasangan dapat bertahan lama.

Berusahalah jujur terhadap segala hal kepada pasangan. Sikap jujur inilah yang akan menumbuhkan dan menambah rasa kepercayaan pada sebuah hubungan sehingga dapat bertahan lama.

8. Membangun Rasa Percaya

kepercayaan dalam sebuah hubungan

Membangun rasa kepercayaan harus dilakukan dari diri sendiri. Berusahalah untuk selalu berpikiran positif kepada pasangan.

Jika sedang berselisih, berilah pasanganmu waktu untuk menjelaskan. Dengan demikian, Kamu sudah belajar membangun rasa percaya terhadap pasangan.

9. Belajar Mengendalikan Amarah

pengendalian emosi yang baik dalam hubungan

Semarah apapun terhadap pasangan, Kamu tetap harus mengendalikan amarah tersebut. Jangan sampai rasa marah tersebut menguasaimu sehingga menghalangi dirimu untuk berpikiran jernih dan justru Kamu menyakiti pasangamu.

Kenali bagaimana diri Kamu mengendalikan amarah. Dengan demikian, Kamu dapat mengendalikan amarah ketika sebuah kesalahpahaman terjadi diantaramu dan pasangan.

10. Jika Sedang Bertengkar, Cobalah Menjauh Sejenak Untuk Menenangkan Diri

perlunya waktu sendiri ketika bertengkar dalam suatu hubungan

Salah satu cara mengendalikan amarah yang umumnya dilakukan banyak orang adalah dengan menenangkan diri sejenak. Kamu bisa menjauh sebentar ketika sedang bertengkar dengan pasangan.

Waktu yang sebentar itu dapat berguna untukmu dan pasangan dalam menenagkan dan introspeksi diri. Jika merasa sudah tenang, cobalah berbicara baik-baik dan mendiskusikan mengenai bagaimana penyelesaian dari pertengkaran tersebut.

11. Berusahalah Untuk Berbicara Secara Baik-Baik

pentingnya komunikasi di tips hubungan tahan lama

Sikap ini sangat penting dilakukan agar masing-masing dari Kamu dan pasangan merasa tenang. Walaupun sedang bertengkar, hindari berbicara secara kasar ataupun mengeluarkan kata-kata umpatan.

Hal tersebutlah yang biasanya akan membuat hubungan kalian menjadi tidak nyaman lagi. Masalah akan cepat selesai jika Kamu berbicara secara lembut dan baik-baik kepada pasangan.

12. Memikirkan Matang-Matang Dalam Menyelesaikan Masalah

penyelesaian masalah dalam suatu hubungan

Ketika masalah yang kalian alami tak kunjung menemui titik tengah, maka cobalah untuk menjauhkan diri terlebih dahulu. Pada fase ini, cobalah pikirkan matang-matang mengenai cara penyelesaian masalah.

Pengambilan keputusan yang terburu-buru biasanya akan membuat banyak sekali penyesalan. Oleh karena itu, pastikan Kamu dan pasangan mempertimbangkan matang-matang sebelum mengambil keputusan.

13. Tidak Mengungkit Masalah yang Telah Berlalu

jangan mengungkit masa lalu dalam suatu hubungan baru

Ketika Kamu bertengkar, usahakan untuk tidak mengungkit masalah-masalah lama yang telah selesai. Hal inilah yang akan memancing pertengkaran semakin membesar.

Sebaiknya, masalah yang sudah selesai, harusnya dilupakan. Maafkanlah dan lupakan semua masalah yang telah dilakukan pasanganmu yang telah berlalu dan telah selesai, sehingga kedamaian hubungamu dapat terjaga.

14. Jangan Memposting Masalahmu dan Pasangan ke Media Sosial

tips hubungan tahan lama tanpa mengumbar masalah

Jika Kamu sedang bertengkar dengan pasanganmu, hindari untuk mempostingnya di media sosial. Masalah yang ada harusnya diselesaikan dan bukan untuk diumbar-umbar.

Masalah yang diumbar akan membuat pasangamu menjadi terganggu dan tidak nyaman bersamamu. Daripada di umbar kepada khalayak ramai, lebih baik Kamu memikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah.

15. Selalu Memberikan Perhatian Kepada Pasangan

pentingnya memperhatikan satu sama lain dalam hubungan

Biasanya ketika sudah lama menjalin hubungan, perhatian akan semakin berkurang. Hal tersebut ternyata salah.

Seharusnya Kamu dan pasangan tetap memberikan perhatian bahkan lebih dari saat pertama kali menjalin hubungan. Hal ini akan membuat hubunganmu menjadi lebih langgeng, walaupun sedang LDR seklipun.

Kamu juga dapat memberikan perhatian kepada keluarga pasanganmu. Selain menjaga hunungan baik dengan pasangan, Kamu juga perlu menjaga hubungan baik dengan keluarganya.

16. Rajin Memberikan Pujian

pentingnya mengapresiasi pasangan masing-masing

Rajin-rajinlah memberikan pujian kepada pasanganmu, sekecil apapun itu. Walaupun terkesan sederhana, rajin memberikan pujian kepada pasangan dapat membuat hubungan kalian menjadi erat.

Memberikan pujian kepada pasangan dapat membuatnya bahagia. Kebahagiaan sederhana itulah yang dapat membuat pasangan semakin cinta padamu.

17. Memberikan Kejutan

surprise untuk pasangan masing-masing

Sesekali cobalah untuk memberikan kejutan kecil kepada pasanganmu. Tidak harus menunggu moment penting, Kamu dapat memberikan kejutan kepada pasangan kapan pun itu.

Kejutan-kejutan tersebutlah yang dapat membuat pasanganmu merasa sangat bahagia. Kebahagian dalam kecil itulah yang dapat memperkuat hubunganmu dan pasangan.

18. Meluangkan Waktu Untuk Bersama

pentingnya quality time berdua dengan pasangan

Walaupun memiliki aktifitas yang padat, pastikan Kamu memiliki sedikit waktu ruang untuk sekedar bertemu dengan pasangan. Kamu bisa meluangkan waktumu hanya sekedar untuk makan siang bersama.

Kamu juga dapat merencanakan waktu liburan bersama di akhir pekan. Meluangkan waktu untuk pasangan sangatlah perlu agar hubungan kalian tidak renggang.

19. Tidak Memainkan Handphone Saat Bersama Pasangan

luangkan waktu berdiskusi bersama dibandingkan bermain ponsel

Meskipun terdengar sepele, kebiasaan memainkan handphone saat bersama pasangan dapat memicu kandasnya sebuah hubungan. Pasanganmu akan merasa diabaikan jika Kamu terlalu sibuk dengan handphone saat bersamanya.

Ketika bersama pasangan, pastikan Kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Cobalah untuk memulai percakapan yang seru dan meyenangkan untuk mencairkan suasana.

20. Mencoba Hal-Hal Baru

mencoba hal baru dengan pasangan

Kamu juga dapat mencoba hal-hal baru bersama pasangan. Hal ini untuk menghilangkan kebosanan diantara Kamu dan juga pasangan.

Cobalah untuk mengganti tempat makan favorit agar kalian tidak merasa bosan. Hal sederhana ini dianggap cukup ampuh untuk mempertahankan hubunganmu dan pasangan bahkan sampai jenjang pernikahan.

21. Menghargai Privasi Pasangan

saling menjaga satu sama lain

Kadangkala tidak semua hal tentang pasangan harus Kamu ketahui. Kamu harus paham bahwa setiap manusia membutuhkan privasi untuk hidupnya, termasuk pasanganmu.

Berikan waktu kepada pasanganmu untuk menjalankan kehidupan pribadinya. Pasanganmu terkadang perlu ruang untuk sendiri untuk menyelesaikan segala urusannya,

Kamu tidak boleh membatasi pasanganmu dalam bekerja, menggeluti hobinya, ataupun berkumpul dengan teman-temannya. Jika Kamu tidak memberinya privasi, bukan tak mungkin pasanganmu tersebut akan merasa terkekang.

22. Berdiskusi Untuk Menyelesaikan Masalah

menyelesaikan masalah secara bersama-sama

Biasakan menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi dengan pasangan. Hindari memaksakan kehendak diri sendiri kepada pasangan.

Jika Kamu memaksakan kehendakmu, maka pasangan akan menganggapmu sebagai orang egois. Jika sudah begini, hubungan Kamu pun tidak akan bertahan lama.

23. Menepati Janji

pentingnya janji dalam sebuah hubungan

Kamu juga harus selalu menepati janjimu kepada pasangan. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diantara dirimu dan pasangan.

Jika Kamu sudah ingkar janji, maka rasa kepercayaan pasangan terhadap dirimu akan semakin berkurang. Dengan demikian, hubunganmu tidak akan bertahan lama.

Agar hubunganmu dan pasangan dapat bertahan lama, maka tips hubungan langgeng sampai menikah tersebut dapat Kamu terapkan di dalam hubungan. Jika hubungan langgeng, maka ketenangan hidup kalian akan terjaga.

Tinggalkan komentar