10 Tips Hemat Ala Anak Kos (Yuk Mulai Nabung!)

Spread the love

Menjadi anak kos, tentunya harus mengetahui trik dan tips hemat supaya bisa bertahan hidup sampai dengan akhir bulan.

Terutama bagi kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa dan belum mempunyai penghasilan sendiri, serta masih mengandalkan transferan orang tua.

Setiap orang diharuskan untuk bisa mengatur keuangannya supaya tidak kekurangan uang, terutama pada saat di akhir bulan.

Terlebih lagi bagi kamu yang tidak pernah masak dan seringkali jajan di luar, maka kamu harus ekstra menghemat supaya finansial tidak berantakan.

10 Tips Hemat Ala Anak Kost Supaya Tidak Boros

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan supaya kamu selaku anak kos tidak mengalami kekurangan uang, seperti berikut ini:

1. Membuat Anggaran Keuangan

tips hemat mahasiswa

Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu dengan membuat anggaran keuangan dengan sebaik mungkin. 

Caranya, yaitu pada setiap kali orang tua mentransfer uang, maka kamu harus segera membuat anggaran tersebut selama satu bulan.

Anggaran yang perlu dicatat yaitu mengenai pengeluaran secara rutin, misalnya seperti makanan setiap hari, biaya sewa kost, kuota internet, atau pulsa, biaya transportasi, bahkan sampai dengan perlengkapan kuliah.

Kamu harus bisa menyesuaikan setiap anggaran sesuai dengan budget yang dimiliki, jangan lupa mengalokasikan dana untuk liburan, hiburan maupun yang lainnya.

Biasanya, biaya yang seringkali keluar masuk setiap minggunya yaitu seperti pulsa dan internet, untuk mengatasi hal ini, kamu disarankan untuk memilih kos-kosan yang memiliki fasilitas berupa Wi-Fi.

Ada baiknya, jika kamu memilih tempat kost yang sudah menyediakan dapur umum, dengan begitu kamu bisa memasak tanpa harus meminimalisasi pengeluaran biaya makan sehari-hari.

2. Jangan Sering Makan di Luar

tips hemat kuota

Cara kedua yang bisa kamu lakukan supaya tidak boros sebagai anak kos, yaitu dengan tidak sering makan di luar.

Meskipun kebanyakan dari para mahasiswa akan merasa gengsi, namun setidaknya tekad dan niat kamu untuk bisa hidup hemat dapat terhindarkan dari yang namanya boros.

Kamu yang sedang berhemat jangan sampai menyiksa diri, jika kamu merasa bosan dan membutuhkan hiburan, maka tidak ada salahnya sesekali makan di luar, asal tidak terlalu sering.

3. Lakukan Kegiatan Bermanfaat saat Waktu Luang

tips hemat belanja bulanan

Mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan bermanfaat, tentunya sangat disarankan bagi anak kos agar tidak hanya bermain gadget saja.

Semakin sering bermain gadget, tentunya akan semakin banyak kuota internet yang yang terbuang sia-sia.

Ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan, seperti mencari pekerjaan freelance maupun melakukan kegiatan sesuai hobi yang lebih bermanfaat. 

4. Jangan Sia-Siakan Uang Receh

tips hemat akhir bulan

Uang receh memang seringkali dianggap sepele, sehingga sering disia-siakan oleh para pemiliknya, termasuk anak kos.

Ternyata uang receh justru akan membantu kamu di saat posisi darurat, terutama ketika sedang kekurangan keuangan.

Tidak ada salahnya jika kamu mengumpulkan uang receh tersebut sedikit demi sedikit, karena apabila sudah terkumpul tentunya akan menjadi banyak.

Silakan persiapkan tempat khusus yang digunakan untuk menampung uang receh dan gunakan sebagai tabungan di saat posisi darurat.

5. Cuci Pakaian Sendiri

tips hemat awal bulan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan, sebaiknya kamu mencuci pakaian sendiri, sehingga tidak mengandalkan laundry.

Meskipun kamu sedang kelelahan atau malas untuk mencuci pakaian, ingatlah bahwa niat utama kamu untuk bisa hidup hemat dan tidak boros.

Meskipun ada banyak sekali jasa laundry yang ditemukan di sekitarmu, namun sangat disayangkan apabila kamu harus membuang-buang uang untuk membayar jasa laundry, sedangkan kamu bisa mencucinya sendiri.

Supaya bisa menghilangkan rasa malas karena tumpukan pakaian kotor, ada baiknya jika kamu mencuci pakaian satu minggu 2 kali atau seminggu sekali, supaya pakaian kotor tidak menumpuk banyak.

6. Hindari Kegiatan yang Tidak Bermanfaat 

tips hemat belanja

Menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat menjadi langkah yang harus dilakukan, tentunya bagi kamu sebagai anak kos yang tidak ingin menghambur-hamburkan banyak uang.

Kegiatan tidak bermanfaat yang dimaksud, yaitu misalnya seperti pergi menonton bioskop, pergi ke konser, pergi ke tempat karaoke, nongkrong tidak jelas, atau kegiatan yang lainnya.

Hal ini sepele ini apabila ditotal, tentunya akan membuat pengeluaran jauh lebih besar.

Saat berkumpul dengan teman, tanpa disadari kamu sudah mengeluarkan berapa ratus ribu hanya dalam hitungan jam.

7. Persiapkan Uang Darurat

tips hemat sabun cuci piring

Anak kos harus mempunyai uang darurat untuk berjaga-jaga ketika berada dalam kondisi yang penting, misalnya saja tabungan untuk biaya sakit.

Uang darurat tersebut bisa kamu gunakan ketika sedang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak.

Jumlah uang darurat yang kamu masukkan ke tabungan tidak perlu terlalu besar.

Lakukanlah secara sering, misalnya setiap kali orang tua mentransfer, maka kamu bisa menyisihkan untuk dana darurat.

Sayangnya, hal ini tidak mudah dilakukan karena membutuhkan konsistensi yang tinggi, agar tidak mengambil uang darurat untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting.

8. Cobalah Berinvestasi

tips hemat di akhir bulan

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berinvestasi, supaya dana yang kamu miliki tersebut tidak hilang dan mampu menghasilkan uang yang lebih banyak.

Saat ini, ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan dengan dana yang tidak terlalu besar.

Misalnya saja dengan melakukan investasi seperti forex, membeli emas batangan, maupun jenis investasi lainnya.

Dengan memiliki tabungan dari investasi yang kamu lakukan, maka akan merasa lebih lega karena bisa membutuhkan dana kapanpun sesuai yang dibutuhkan.

9. Sediakan Makanan yang Tahan Lama

tips hemat di tanggal tua

Tips hemat selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menyediakan makanan yang mampu bertahan lama.

Misalnya saja, seperti biskuit yang bisa dikonsumsi ketika kamu sedang lapar, dengan begitu tidak perlu membeli makanan di luar, namun cukup dengan makan biskuit saja.

Selain itu, untuk menghindarkan kamu dari keborosan karena tergiur untuk jajan di luar kost, sebaiknya kamu menyetok makanan ringan atau kudapan di dalam kos. 

Tidak perlu membeli kudapan di supermarket, karena kamu bisa membeli makanan atau kudapan kiloan yang mempunyai harga lebih murah dibandingkan dengan membeli kudapan kemasan di supermarket.

10. Bawa Uang Pas Ketika Bepergian

tips hemat foto prewedding

Pada saat kamu bepergian ke suatu tempat bersama teman-teman, misalnya seperti liburan, pergi belanja, maupun yang lainnya sebaiknya bawalah uang pas.

Cara ini menjadi trik yang paling ampuh supaya terhindarkan dari yang namanya pemborosan.

Uang pas yang kamu miliki tersebut dapat menahan diri supaya tidak membeli beberapa barang yang diinginkan, karena pada saat itu kamu hanya membawa uang pas.

Meskipun saat ini hampir semua orang memiliki ATM, namun tetapkan pada diri kamu sendiri untuk tidak membawa ATM ketika sedang bepergian, supaya tidak tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Menjadi anak kos memang banyak memiliki suka dan duka, termasuk dari segi finansialnya yang harus diatur sedemikian rupa.

Apabila anak kos tidak dapat mengatur keuangan dengan sebaik mungkin, tentunya hal ini akan membuat pola gaya hidup yang tidak sehat, karena hanya mengandalkan mie instan saja.

Bagaimana dengan tips di atas? Apakah kamu memiliki trik khusus yang dapat menghemat keuangan ala anak kost? Jangan pelit berbagi informasi ya!

Tinggalkan komentar