5 Tips Berhubungan Intim Setelah Haid (Tetap Nikmat)

Spread the love

Bagi para pasangan suami istri memang harus memerhatikan masa subur sebelum melakukan hubungan intim, agar tidak terjadi pembuahan, terutama bagi kamu yang belum siap untuk hamil.

Sementara masa subur berada setelah wanita selesai haid.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mencari informasi seputar tips berhubungan intim setelah haid supaya tidak hamil.

Perlu diketahui juga bahwa setelah menstruasi dan masih tertinggal darah haid yang tersisa, maka hal ini harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Hal ini disebabkan sisa darah haid dapat berbahaya, karena menjadi media bakteri berkembang biak.

Tips Berhubungan Intim Setelah Haid

Jika dilihat dari segi sisi reproduksi, menjalankan hubungan seks setelah selesai menstruasi bisa memicu adanya pembuahan.

Terlebih lagi bagi wanita yang mempunyai siklus haid pendek, yaitu kisaran 21 hingga 24 hari.

Salah satu alasannya yaitu bagian sel telur bisa diproduksi lebih dini dari pada biasanya, sperma bisa menetap pada saluran reproduksi selama 3 hingga 5 hari.

Berikut ini tips berhubungan intim setelah haid supaya tidak terjadi pembuahan, di antaranya:

1. Menggunakan Kondom

tips berhubungan intim setelah haid dengan menggunakan kondom

Cara paling aman yang bisa dilakukan ketika melakukan hubungan seksual setelah selesai menstruasi yaitu dengan menggunakan kondom.

Selain mencegah adanya bakteri masuk, hal ini juga dapat mencegah terjadinya kehamilan.

Meskipun penggunaan kondom terkadang dirasa kurang nikmat saat melakukan hubungan intim, namun setidaknya cara ini menjadi cara yang paling efektif dalam mencegah kehamilan.

2. Menggunakan Alat Kontrasepsi

tips berhubungan intim setelah haid yang benar

Selain menggunakan kondom, kamu juga bisa menggunakan alat kontrasepsi yang lainnya atau lebih dikenal sebagai KB.

Ada banyak alat kontrasepsi yang bisa dipilih, misalnya saja seperti suntik KB yang bekerja untuk mencegah pelepasan sel telur pada ovarium pada setiap bulannya dan juga menebalkan lendir pada area leher rahim supaya menghalangi sperma yang masuk.

Selain alat kontrasepsi berupa suntik KB, kamu juga bisa menggunakan KB implan yang mengandung hormon progestin, sehingga bisa menunda kehamilan selama 3 tahun.

Ada banyak sekali jenis alat kontrasepsi yang bisa digunakan, dan hal ini bisa disesuaikan pada kebutuhan masing-masing wanita.

Terlebih lagi penggunaan KB juga memberikan efek samping, sehingga para wanita disarankan untuk mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu sebelum menggunakan alat kontrasepsi.

3. Gunakan Kontrasepsi Darurat

bagaimana tips berhubungan intim setelah haid

Cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan, meskipun melakukan hubungan setelah menstruasi yaitu dengan menggunakan kontrasepsi darurat.

Salah satu kontrasepsi darurat yang dimaksud yaitu pil yang memiliki kandungan berupa lenovo register, maupun pil yang memiliki kandungan berupa ulipristal acetate.

Supaya pencegahan kehamilan berjalan sesuai rencana, maka kamu disarankan untuk menggunakan kontrasepsi darurat tersebut secepat mungkin setelah melakukan hubungan intim.

Jenis alat kontrasepsi darurat ini hanya akan efektif apabila digunakan tidak melebihi dari 5 hari setelah kamu melakukan hubungan seksual dengan suami.

4. Melakukan Ejakulasi di Luar

tips berhubungan intim setelah haid bagi wanita

Kebanyakan dari pria akan melakukan ejakulasi di luar atau disebut sebagai coitus interuptus dengan tujuan supaya tidak terjadi kehamilan.

Akan tetapi, cara ini tidak selalu membuahkan hasil yang mulus, karena terkadang pria juga tidak bisa menahan ketika harus mengeluarkan sperma.

Sehingga seringkali kepala penis sudah mengeluarkan cairan sebelum penis dicabut.

Jika kamu ingin menggunakan teknik ini, tentunya harus dapat mengontrol diri secara kuat, supaya suami benar-benar melakukan ejakulasi di luar vagina.

Dengan hal ini, maka kamu harus benar-benar berhati-hati jika ingin menggunakan metode ini ketika tidak ingin terjadi kehamilan setelah berhubungan badan.

5. Melakukan Sterilisasi

tips berhubungan intim setelah haid dengan sterilisasi

Sterilisasi ini bisa dilakukan bagi para pasangan suami istri yang benar-benar tidak ingin hamil atau menambah momongan lagi.

Sterilisasi ini termasuk sebagai cara mencegah kehamilan secara permanen dan prosedur yang dilakukan bisa pada wanita maupun pada pria.

Apabila kamu ingin menunda kehamilan, namun masih tetap ingin menambah momongan, maka kamu tidak disarankan untuk melakukan sterilisasi.

Bagi para pasangan suami istri yang sudah merencanakan untuk memiliki momongan sesuai dengan jumlah yang diharapkan, tentunya akan sedikit was-was apabila sedang ingin menunda kehamilan.

Terlebih lagi saat melakukan hubungan setelah menstruasi atau ketika wanita berada pada masa subur.

Apabila dirasa beberapa tips di atas masih kurang, silakan tambahkan tips lainnya ya!

Tinggalkan komentar