7 Rekomendasi Tabungan Syariah Terbaik Bebas Biaya Admin

Spread the love

Perbankan berbasis syariah semakin diminati oleh masyarakat Indonesia yang didominasi Muslim. Sebab, tidak ada praktik riba dan pemanfaatan dana hanya untuk hal yang halal. Apabila kamu tertarik, berikut tips untuk memilih bank syariah dan rekomendasi produk tabungan syariah terbaik.  

Secara garis besar, kegiatan operasional bank syariah sama seperti bank konvensional yakni pengumpulan uang nasabah dan pembiayaan. Hal yang membedakan adalah adanya akad, dihapusnya sistem bunga dan pemanfaatan dana untuk kegiatan yang dibolehkan dalam Islam.

Apa Saja Produk yang Ditawarkan Bank Syariah?

Berikut 3 produk yang ditawarkan oleh bank syariah:

Tabungan

Tabungan

Sudah jelas kalau tabungan adalah produk utama yang ditawarkan baik bank konvensional maupun syariah. Pastikan, kamu memilih produk tabungan syariah terbaik yang dikelola dengan manajemen yang bagus.

Terdapat 2 jenis akad yang biasa digunakan untuk tipe tabungan. Jenis yang pertama adalah akad mudharabah yang disebut dengan akad kerjasama. Ketika memilih akad tersebut, keuntungan yang kamu dapat akan dibagi dengan bank sesuai nisbah yang telah disepakati.

Selanjutnya, jenis yang kedua adalah akad wadiah atau titipan murni. Disebut begitu karena praktiknya memang murni hanya menitip uang dalam buku tabungan maupun kartu ATM tanpa adanya bagi hasil keuntungan. Tabungan tersebut bisa kamu ambil sewaktu-waktu.

Deposito

Deposito

Produk berikutnya adalah deposito yang memberlakukan jangka waktu tertentu. Jenis akad yang dipakai adalah mudharabah atau akad kerjasama.

Jangka waktu yang diterapkan sesuai dengan kesepakatan ketika melakukan akad. Pilihan tenggat waktu yang biasa dipilih yaitu 30 hari, 90 hari dan lebih dari satu tahun.

Giro

Giro

Jenis akad yang digunakan untuk produk giro adalah wadiah atau akad titipan. Akad tersebut terbagi lagi menjadi dua yakni wadiah amanah dan wadiah yad dhamanah.

Akad wadiah amanah merupakan persetujuan yang dibuat antara kedua belah pihak bahwa bank tidak akan mengganti apabila nasabah menderita kerugian maupun kehilangan.

Sedangkan akad wadiah yad dhamanah adalah perjanjian antara nasabah dan bank bahwa ketika terjadi kerugian maupun kehilangan, maka pihak bank memiliki kewajiban untuk mengganti.

7 Rekomendasi Tabungan Syariah Terbaik

Lembaga keuangan yang menggunakan prinsip syariah terbagi menjadi dua yaitu murni bank syariah dan bank konvensional yang memiliki unit usaha syariah.

Setiap lembaga keuangan bank tersebut menawarkan lebih dari satu produk tabungan syariah. Berikut 7 rekomendasi produk tabungan yang terbaik:

1. Tabungan iB Hijrah, Bank Muamalat

Tabungan iB Hijrah, Bank Muamalat

Perlu diketahui bahwa Bank Muamalat merupakan perbankan syariah pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1991. Salah satu produk tabungan terbaiknya adalah iB Hijrah yang menggunakan akad wadiah yad dhamanah.

Akad tersebut membolehkan pihak bank untuk memanfaatkan uang milik nasabah. Ketika uang tersebut rusak atau hilang, maka bank wajib mengganti.

Tabungan iB Hijrah memberikan keuntungan seperti bebas biaya layanan, mendukung transaksi memakai kartu debit Shar-E di toko online dalam maupun luar negeri dan kebebasan nasabah untuk mengikuti program lain.

Persyaratan untuk membuka iB Hijrah meliputi KTP/SIM/paspor yang masih aktif dan NPWP atau surat pernyataan. Jumlah setoran awal dan saldo minimal hanya Rp25.000 tanpa ada bagi hasil. Apabila buku tabungan hilang atau rusak, biaya penggantiannya sebesar Rp10.000. 

2. Tabungan iB Hasanah, BNI Syariah

Tabungan iB Hasanah, BNI Syariah

iB Hasanah dari BNI Syariah merupakan tabungan syariah terbaik yang membebaskan biaya administrasi. Terdapat dua akad yang bisa dipakai yaitu wadiah dan mudharabah.

Ketika memilih akad wadiah berarti praktik yang berlaku sebatas titipan tanpa ada bagi hasil. Sedangkan akad mudharabah memberlakukan bagi hasil sesuai jumlah yang sudah disetujui pihak nasabah dan bank.

Persyaratan membuka rekening iB Hasanah yaitu kartu identitas asli yang masih berlaku, NPWP atau surat pernyataan dan setoran awal minimal Rp100.000. Tidak ada saldo minimum yang ditetapkan untuk Tabungan iB Hasanah.

Nantinya, kamu akan otomatis mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM yang uangnya dapat ditarik setiap saat. Fitur unggulan yang bisa dinikmati meliputi Hasanah Debit Silver, e-banking, rekening otomatis berinfaq dan layanan agunan pembiayaan.

3. Tabungan Faedah, BRI Syariah

Tabungan Faedah, BRI Syariah

Produk tabungan terbaik lainnya yakni Faedah dari BRI Syariah iB. Jenis akadnya adalah wadiah yad dhamanah yang berarti pihak bank boleh memanfaatkan uang titipan nasabah dengan syarat wajib mengganti apabila rusak atau hilang.

Tabungan Faedah BRI Syariah tidak memberlakukan biaya administrasi bulanan. Jumlah setoran awalnya sebesar Rp100.000 dengan setoran ringan minimal Rp10.000.

Persyaratan untuk mengajukan pembuatan tabungan antara lain KTP atau identitas diri lainnya yang masih berlaku, NPWP dan usia minimal 17 tahun.

Tabungan ini tidak menetapkan jumlah saldo minimum dan tidak juga membebankan biaya penutupan rekening. Pilihan yang cocok untuk memudahkan segala transaksi yang kamu butuhkan.

4. Tabungan iB Xtra, CIMB Niaga Syariah

Tabungan iB Xtra, CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah juga memiliki tabungan syariah terbaik yang disebut iB Xtra. Tabungan ini menggunakan akad mudharabah atau akad kerjasama antara pihak bank dan nasabah. Akad ini memberlakukan bagi hasil yang besarnya tergantung kesepakatan.

Jumlah setoran awal iB Xtra sebesar Rp200.000 dan jumlah saldo minimalnya sebesar Rp100.000. Nantinya, saat saldo kamu menyentuh 0 rupiah maka tabungan akan berstatus dormant secara otomatis. Biaya tabungan dormant sebesar Rp5.000 per bulan.

Keuntungan menggunakan Tabungan iB Xtra yakni bebas biaya administrasi, bebas biaya tarik tunai dengan maksimum 10 kali transaksi, dan bebas biaya transfer dengan maksimum 20 kali transaksi.

5. Tabungan iB Siaga, Bank Bukopin Syariah

Tabungan iB Siaga, Bank Bukopin Syariah

Pilihan produk tabungan lainnya adalah iB Siaga dari Bank Bukopin Syariah. Jenis akad yang dipakai adalah wadiah yad dhamanah. Artinya, pihak bank boleh menggunakan uang titipan nasabah dengan menjamin keamanannya dan memastikan dapat ditarik setiap saat.

Apabila terjadi kerusakan maupun kehilangan, pihak bank akan bertanggung jawab. Tabungan iB Siaga membebaskan biaya administrasi bulanan. Jumlah minimal setoran awal sebesar Rp50.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp10.000.

Persyaratan untuk membuat tabungan yaitu kartu identitas diri yang masih aktif dan mengisi formulir yang disediakan pihak bank. Fitur unggulan yang ditawarkan meliputi fasilitas ATM 24 jam, layanan penyaluran zakat/infaq/shadaqah dan layanan pembayaran tagihan.

6. Tabungan BSM Reguler, Bank Syariah Mandiri

Tabungan BSM Reguler, Bank Syariah Mandiri

Bank Mandiri Syariah menawarkan tabungan syariah terbaik yakni BSM Reguler yang terjamin keamanannya dan sangat praktis digunakan. Jenis akadnya adalah mudharabah muthlaqah atau akad yang terikat.

Dengan adanya akad tersebut, pihak bank berhak mengelola uang nasabah untuk berbagai jenis kegiatan yang tidak dilarang hukum Islam serta mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Tabungan BSM Reguler tidak memungut biaya administrasi bulanan. Jumlah setoran awal sebesar Rp80.000 dan setoran berikutnya minimal Rp10.000.

Syarat untuk membuka rekening BSM Reguler antara lain kartu identitas diri yang masih aktif, NPWP dan mengisi formulir.

7. Tabungan iB Bebas, Bank Permata Syariah

Tabungan iB Bebas, Bank Permata Syariah

Rekomendasi terakhir adalah Tabungan iB Bebas dari Bank Permata Syariah. Jenis akad yang dipakai yaitu mudharabah muthlaqah seperti Tabungan BSM yang dijelaskan sebelumnya.

Jumlah setoran awal Tabungan iB Bebas sebesar Rp250.000 dengan saldo minimum Rp100.000. Keistimewaan dari tabungan ini adalah pemberian cashback 5% setiap transaksi yang dilakukan di supermarket dan SPBU.

Persyaratan yang dibutuhkan meliputi KTP, NPWP, tanda bukti penghasilan, usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun serta kartu kredit apabila ada.

Tips Memilih Bank Syariah Terbaik

Sejak trend keuangan syariah naik, banyak bermunculan perbankan yang menerapkan sistem yang berdasar pada syariah dan hukum Islam. Agar lembaga bank yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, berikut tips yang bisa kamu gunakan:

1. Prioritaskan Bank Syariah yang Mudah Diakses

Ciri penting dari bank syariah yang mudah diakses adalah memiliki kantor cabang hampir di seluruh Indonesia. Dengan begitu, transaksi akan lebih cepat dilakukan tanpa terbatas waktu.

2. Pilihlah Bank Syariah yang Menawarkan Layanan Terbaik

Tidak hanya bank konvensional, standar layanan juga diterapkan untuk bank syariah. Pilihlah bank yang mampu mengeksekusi standar tersebut dengan baik sehingga kamu merasa puas sebagai nasabah.

3. Utamakan yang Memberikan Bagi Hasil Terbaik

Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil untuk menghindari sistem bunga yang mengandung unsur riba. Maka dari itu, prioritaskan bank syariah yang bagi hasilnya paling menguntungkan.

Sebagai gambaran, bagi hasil atau nisbah yang ditetapkan bank syariah adalah 55:45. Artinya, pihak bank mendapatkan sebesar 45% sedangkan kamu mendapatkan 55% dari tabungan.

Namun, besarnya bagi hasil tergantung dari baik atau tidaknya kinerja bank. Sebelum memilih, sebaiknya kamu mencari tahu profil dan pencapaian bank syariah tersebut agar bisa memiliki gambaran bagaimana kinerjanya selama ini.

4. Perhatikan Soal Biaya Administrasi

Walaupun tidak seberapa, biaya administrasi tetap menjadi beban bagi nasabah. Terlebih, kalau jumlah transaksi yang dilakukan cukup banyak. Maka dari itu, usahakan untuk memilih bank syariah yang membebaskan biaya administrasi.

Rekomendasi tabungan syariah terbaik tersebut bisa kamu jadikan referensi sehingga lebih mudah dalam memilih. Setiap produk tabungan memiliki persyaratan khusus dan layanan tersendiri sehingga harus kamu pelajari dengan baik.

Tinggalkan komentar