10 Rekomendasi Plugin WordPress yang Fungsional Banget!

Spread the love

Fitur bawaan pada WordPress dapat dikatakan hanya memiliki fitur-fitur standar saja. Maka dari itu suatu WordPress perlu menginstal fitur tambahan dengan plugin.

Plugin diperlukan untuk membuat fitur pada WordPress lebih banyak dan juga lebih bermanfaat. Berikut ini adalah daftar 10 plugin WordPress yang wajib diinstal.

WooCommerce

woocommerce

Sebagian besar website e-commerce menggunakan WooCommerce untuk menjadi plugin WordPress nya. WooCommerce memudahkan Anda untuk melakukan transaksi penjualan produk melalui media digital ke pelanggan di seluruh dunia.

Salah satu plugin WordPress ini memiliki ekstensi library yang cukup banyak dan dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

WooCommerce dapat dengan mudah diinstal ke dalam WordPress yang Anda miliki. Selain itu, mereka juga memiliki berbagai macam opsi pembayaran yang tentunya akan membantu Anda dalam melakukan transaksi. Keunggulan utama dari WooCommerce adalah dapat terintegrasi ke berbagai plugin atau ekstensi WordPress lainnya.

Yoast SEO

Yoast-SEO

Plugin Yoast SEO banyak digunakan para content creator sebagai alat bantu guna menampilkan konten yang meraka buat agar tampil di halaman pertama mesin pencari.

Sebagian orang yang telah menggunakannya mengklaim bahwa Yoast SEO sebagai plugin WordPress terbaik di bidang optimasi mesin pencari.

Yoast SEO memiliki tujuan untuk mempermudah Anda dalam menerbitkan sebuah konten yang berkualitas tinggi dan dapat ditemukan dengan mudah.

Sistem kerja dari Yoast SEO sangat unik, mereka membuat sebuah konten yang akan memiliki kualitas baik bukan hanya untuk mudah dibaca mesin pencari saja, namun juga mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung pada situs Anda.

W3 Total Cache

W3-Total-Cache

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan website, plugin WordPress ini dapat dijadikan salah satu rekomendasi.

W3 Total Cache termasuk di dalam daftar 10 plugin WordPress yang wajib diinstal karena dapat digunakan untuk berbagai fitur dan server hosting. Jadi, website memiliki kecepatan yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menginstal plugin WordPress ini.

W3 Total Cache akan menyimpan versi halaman website pada perangkat komputer pengunjung web. Jadi akan melakukan cache pada sebagian besar elemen yang terdapat di dalam website WordPress.

Loading speed yang cepat tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung website Anda ditambah dengan telah banyaknya orang yang menggunakan smartphone.

Broken Link Checker

Broken-Link-Checker

Plugin WordPress ini berfungsi untuk mencari tautan yang bermasalah dan mengakibatkan error 404 pada saat membuka website Anda.

Plugin ini penggunaannya sangat vital karena dapat menghindarkan Anda dari sanksi oleh mesin pencari jika web Anda membuat sebuah broken link.

Setelah diunduh, plugin ini akan mengidentifikasi broken link dan melaporkannya di bagian dashboard WordPress Anda. Setelah laporan muncul pada dashboard, Anda dapat mengubah tautan tersebut agar tidak menjadi broken link.

Broken Link Checker membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengidentifikasi broken link, terlebih jika Anda memiliki website yang besar.

Google Analytics Dashboard for WP

Google-Analytics-Dashboard-for-WP

Plugin ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan besar di bidang teknologi, yaitu Google Inc.

Google Analytics Dashboard cocok untuk digunakan oleh Anda yang ingin melakukan monitoring terhadap performa website yang dikelola. Mereka akan menampilkan hasil performa perkembangan website Anda pada bagian dashboard.

Walaupun terdapat banyak plugin lainnya yang memiliki fungsi sama, Google Analytics Dashboard memiliki tampilan yang lebih menarik dan metrik yang lebih banyak untuk dilacak.

Laporan performa website Anda pun ditampilkan dengan spesifik dan mudah untuk dipahami. Selain itu, plugin WordPress ini dapat mencari event penting di dalam website.

Wordfence Security

Wordfence-Security

Plugin WordPress jenis ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan website Anda. Wordfence Security memiliki fitur Threat Defense Feed yang akan terus diperbaharui untuk mengamankan website Anda dari serangan malware dengan menggunakan Web Application Firewall, malware signature, dan fitur-fitur lainnya.

Anda juga dapat mengidentifikasi dan memblokir alamat IP yang dapat berbahaya bagi perkembangan websitenya.

Plugin WordPress ini akan memonitor secara terus-menerus dengan bekerja dari database dalam memberikan informasi ancaman serangan malware. Wordfence Security cocok untuk Anda yang memiliki website cukup besar dan memiliki ancaman online yang berbahaya.

Imagify Image Optimizer

Imagify-Image-Optimizer

Gambar yang terdapat pada website dengan ukuran besar akan memperlambat kecepatan loading ketika membuka website tersebut.

Terlebih jika Anda menggunakan smartphone untuk membuka website tersebut, tentu pengunjung akan merasa tidak nyaman. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan Imagify Image Optimizer untuk memperkecil ukuran file pada halaman tersebut.

Plugin WordPress ini bekerja secara otomatis dalam melakukan pemindaian agar tampilan gambar menjadi lebih optimal.

Namun jika Anda menggunakan dengan versi gratis, jumlah gambar memiliki batasan untuk dapat dioptimalkan. Jika Anda ingin mengoptimalkan gambar dengan jumlah yang lebih banyak, terdapat layanan premium yang bisa Anda gunakan.

UpdraftPlus

UpdraftPlus

Melakukan backup data tentunya perlu Anda lakukan dalam mengelola website. Namun seringkali pengelola website tersebut lupa untuk melakukan backup data secara rutin.

UpdraftPlus disini hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. UpdraftPlus dapat melakukan backup data secara otomatis ke berbagai media penyimpanan, seperti email, google drive, atau drop box.

Proses backup pun telah terjadwal dengan rutin jadi Anda tidak perlu khawatir jika lupa melakukan proses backup secara manual.

UpdraftPlus juga dapat melakukan restore data yang telah terhapus sebelumnya hanya dengan sekali klik. Plugin WordPress ini dapat digunakan dengan gratis, tapi jika Anda ingin menambahkan opsi penyimpanan, terdapat versi premiumnya yang berbayar.

Migrate Guru

Migrate-Guru

Migrate guru adalah sebuah plugin WordPress yang digunakan untuk melakukan migrasi secara otomatis dan gratis. Plugin ini memiliki proses pemindahan website WordPress dengan yang rapi dan juga mulus.

Plugin ini memiliki tim untuk mengaktifkan server BlogVault yang membuat website Anda tidak menjadi overload.

Migrate guru mengklaim bahwa mereka mampu memindahkan situs dengan kapasitas penyimpanan sebesar 200 GB tanpa ada masalah. Selain itu Migrate Guru juga dapat digunakan sebagai server eksternal website.

Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa Migrate Guru termasuk di dalam daftar 10 Plugin WordPress yang wajib diinstal.

Sumo

Sumo

Pada plugin WordPress Sumo terdapat berbagai macam tools yang berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas website. Plugin WordPress ini cocok digunakan untuk Anda yang baru saja membuat website dan ingin meningkatkan pengunjungnya.

Sumo juga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam  autoresponder seperti AWeber, MailChimp, atau Constant Contact.

Disini Anda dapat melakukan analisa terhadap aktivitas pengunjung website dengan berbagai tools yang terdapat di dalam Sumo.

Daftar 10 Plugin WordPress yang wajib diinstal tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan pada website Anda. 10 plugin WordPress tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam penggunaannya.

Sebagian plugin WordPress diatas dapat digunakan dengan gratis, namun jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap, terdapat layanan premium yang berbayar.

Kunjungi juga Artikel ini yuk!

9 Tips Menjadi Youtuber Bagi Pemula

Tinggalkan komentar