10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis (+Kisaran Gaji)

Spread the love

Hai guys, apakah Kamu anak administrasi bisnis? Atau berniat mengambil jurusan itu? Jika  iya, Kamu adalah seorang yang beruntung. Kenapa demikian? Karena prospek kerjanya sangat jelas.

Apalagi pada era saat ini yang serba menggunakan teknologi, pasti kemampuan administrasi dan penggunaan komputer yang mahir sangat dibutuhkan baik lembaga, instansi atau perusahaan. Nah, ini dia beberapa prospek kerja administrasi bisnis yang wajib Kamu ketahui.

Apa Itu Jurusan Administrasi Bisnis?

prospek kerja jurusan administrasi bisnis internasional

Kamu harus tahu, bahwa saat ini jurusan Ilmu Administrasi Bisnis sangat dibutuhkan oleh para pebisnis di Indonesia.

Kalau Kamu belum mengetahui apa pengertiannya,

Ilmu Administrasi Bisnis adalah suatu bidang studi yang secara khusus mempelajari segala sesuau yang berkaitan dengan operasional suatu perusahaan.

Kegiatan-kegiatannya adalah pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan personalia, serta pemasaran atau marketing. Selain itu, juga bisa loh memperoleh ilmu bagaimana cara menciptakan suatu produk baru.

Dengan beberapa penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa Ilmu Administrasi Bisnis adalah jurusan yang bergerak di sektor publik. Serta merupakan ilmu terapan, karena lebih bisa dipahami apabila praktik langsung di lapangan.

Jika Kamu mengambilnya, kira-kira ini dia mata kuliah yang akan Kamu pelajari :

  • Teori pengambilan keputusan
  • Perencanaan bisnis
  • Ilmu pemasaran
  • Kewirausahaan
  • Manajemen kepemimpinan
  • Teori dan perilaku organisasi
  • Operasi bisnis
  • Sumber daya manusia
  • Serta keuangan bisnis

Mana nih yang paling Kamu suka? Pastinya, ada mata kuliah lainnya yang tidak akan membuatmu bosan.

Kalau Kamu berniat untuk mengambil atau terjun langsung di jurusan ini, ada beberapa passion yang harus Kamu miliki, diantaranya:

  1. Pertama Kamu harus tertarik dengan bidang kepengurusan dokumen.
  2. Kedua, Kamu berniat untuk menjalankan sebuah bisnis beserta bagaimana cara mengembangkannya. Kalau dua basic tersebut sudah Kamu miliki.

Kedepannya akan lebih mudah dalam menjalani kuliah dan mampu dalam mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh Dosen.

Dimana Kampus yang Favorit?

Jika Kamu bertanya dimana kampus yang recommended untuk ditempati. Jawabannya adalah:

UNPAD, POLBAN (Politeknik Negeri Bandung), UNDIP dan Telkom University.

Tapi, usahakan Kamu terlebih dahulu mengadakan riset kecil-kecilan.

Sejauh mana mereka mengantarkan alumni pada kesuksesan, dan bagaimana suasana yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis (Kisaran Gaji)

Untuk lebih meyakinkan, Kamu harus tahu beberapa Prospek kerja Administrasi Bisnis D3 serta prospek kerja Administrasi Bisnis Internasional di bawah ini. Simak sampai akhir ya.

1. Staf Administrasi

prospek kerja administrasi bisnis d3

Pertama Kamu bisa menjadi seorang staf administrasi di berbagai perusahaan. Entah itu yang bergerak di bidang otomotif , jasa, ataupun makanan.

Posisinya pun sangat beragam. Bisa mengurusi bidang administrasi umum, pergudangan, perpajakan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kamu akan mengerjakan filling atau yang dikenal dengan rekapitulasi data. Seperti surat berharga, aset perusahaan, surat keterangan domisili hingga perpanjangan kontrak.

So, siapa bilang kalau administrasi itu membosankan?

2. Staf HRD

peluang administrasi bisnis

Sarjana juruan Administrasi Bisnis juga berkesempatan untuk menjadi seorang HRD loh. Tugasnya merekrut sumber daya manusia yang akan bekerja di sebuah perusahaan.

Kalau sudah ada di posisi ini, biasanya gajinya lumayan besar. Minimal 3 jutaan, gimana apa Kamu tertarik?

3. Konsultan Bisnis

jurusan administrasi bisnis dan prospek kerja

Kamu juga berkesempatan menjadi konsultan bisnis di sebuah perusahaan. Tapi kalau ingin lebih profesional dan mendapatkan gaji yang tinggi, lebih baik kuliah lagi buat ngambil S2 nya.

Atau kalau Kamu punya kesempatan dan relasi. Bisa banget bikin kantor konsultan sendiri, keren kan?

4. Manajemen Perusahaan

prospek kerja jurusan administrasi bisnis d3

Adminstrasi Bisnis juga bisa jadi seorang manajer. Yang punya tugas memimpin, mengoordinasi, memberi motivasi serta melakukan training.

Kamu bisa melamar pada bagian management trainee. Di sini, Kamu juga akan didorong untuk mempelajari seluruh bagian perusahaan dan disiplin ilmu lainnya.

5. Staf Pemasaran

prospek administrasi bisnis terapan

Salah satu mata kuliah yang bakal Kamu dapat ketika di kelas adalah kebijakan dan strategi pemasaran. Bermanfaat banget buat nanti ketika Kamu jadi staf pemasaran yang handal.

Jangan salah, jika dibanding dengan seorang yang hanya duduk saja di kantor. Staf pemasaran lebih cepat naik pangkatnya loh.

Jadi, Kamu masih ragu nih ambil jurusan Administrai Bisnis?

6. Entrepreneur

prospek kerja ilmu administrasi bisnis ub

Kamu juga bisa membuka bisnis sendiri dengan menerapkan apa yang sudah didapatkan di bangku perkuliahan. Seperti manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi serta pemasaran.

Penting banget buat Kamu kembangin agar bisnismu menjadi lebih maju. Tapi dengan syarat, Kamu harus punya keinginan dan niat yang kuat.

Karena bagaimanapun, sebuah bisnis pasti akan mengalami jatuh bangun dan ketidakstabilan. So, Kamu harus siap dengan itu semua.

7. Dosen

prospek kerja di administrasi bisnis

Kalau Kamu suka menjadi seorang akademisi, atau punya kemampuan di bidang itu. Setelah S1, Kamu bisa lanjut S2 mengambil program magister.

Setelah itu, Kamu bisa menaruh lamaran di beberapa universitas ternama. Gaji yang akan Kamu dapatkan juga sangat bervariasi, tergantung sejauh mana pengalaman dan kemampuanmu.

Sekedar tips, ketika di awal Kamu sudah berniat untuk menjadi seorang dosen. Maka jangan malu-malu buat PDKT ke Dosen, usahakan ikut penelitian yang dilakukan.

Biar Kamu paham dan berpengalaman bagaimana melakukan penelitian yang bagus dan baik. Serta bagaimana sistem kerja Dosen.

8. PNS

prospek kerja administrasi bisnis terapan

Karena baru-baru ini rekrutmen baru saja dilakukan. Coba deh tengok instansi mana aja yang membuka kesempatan buat lulusan jurusan Adminsitrasi Bisnis.

Pasti banyak banget kan? Gajimu akan stabil dan kehidupan masa tuamu akan terjamin, siapa sih yang nggak pengen.

Tapi, untuk mendapatkannya pun juga nggak mudah. Kamu juga harus bersaing dengan ratusan ribu orang lainnya untk mendapatkan satu posisi di sebuah instansi pemerintahan.

9. Pegawai Bank

prospek kerja akuntansi administrasi bisnis

Kamu juga bisa bekerja menjadi pegawai Bank loh. Gaji yang didapatkan juga lumayan, bisa mencapai 5 juta perbulannya. Menarik bukan?

10. Staf Keuangan

prospek administrasi negara bisnis

Terakhir, kuliah di jurusan Administrasi Bisnis Kamu bisa menjadi seorang staf keuangan yang handal. Namun, posisi ini jelas membutuhkan ketelitian kalau kurang satu angka saja semua bakal berabe, tapi gajinya banyak loh, sekitar 5 juta.

Jadi, kalau Kamu berfikir jurusan ini hanya untuk pebisnis saja itu salah besar. Walaupun nggak punya kemampuan sama sekali, tapi kalau terus diasah lama kelamaan juga menjadi hebat.

Sesuaikan juga dengan cita-citamu ya, dari awal passionmu dimana, Kamu sukanya apa. Dan bagaimana pendapat orang tuamu jika tahu Kamu mengambil jurusan Administrasi Bisnis.

Carilah kampus dengan akreditasi yang bagus juga. Karena nantinya akan mempengaruhi ketika Kamu sudah mulai masuk di dunia kerja.

Perusahaan yang bonafit biasanya mensyaratkan standar akreditasi perguruan atau program studi yang sudah A. Karena mereka juga nggak mau mengambil resiko merekrut lulusan yang belum mumpuni.

Tak kalah penting juga buat mengasah soft skillmu melalui beberapa organisasi yang Kamu ikuti. Karena ilmu di otak saja tidak cukup, kepribadian dan manajemen yang baik itulah sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh perusahaan.

Jangan malu juga untuk bertanya kepada senior apa yang harus Kamu lakukan ketika ada tugas. Tapi jangan bergantung ya.

Oke, sekian penjelasan tentang prospek kerja Administrasi Bisnis yang bisa disampaikan. Selamat belajar dan good luck.

Satu pemikiran pada “10 Prospek Kerja Administrasi Bisnis (+Kisaran Gaji)”

Tinggalkan komentar