Biologi: Pengertian, Sebagai Ilmu, Ruang Lingkup, dan Cabang Ilmu

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran utama yang dipelajari oleh siswa SMA IPA, selain matematika, kimia, dan fisika.

Biologi adalah mata pelajaran yang sangat mudah diamati dari kejadian hidup sehari-hari, mulai dari proses bernapas, penyakit yang terjadi, dan masih banyak lagi.

pengertian biologi brainly
Source: northropgrumman.com

Untuk siswa SMA kelas 10 pada bab awal pelajaran, Kamu akan mempelajari mengenai pengertian biologi, biologi sebagai ilmu, ruang lingkup dari ilmu biologi, dan cabang-cabang ilmu biologi.

Agar lebih dapat memahami mata pelajaran biologi dengan baik, sebaiknya Kamu belajar sambil melihat gambar dan contoh kejadian dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Biologi

pengertian biologi bunga
Source: site.google.com

1. Secara Umum

Arti biologi adalah ilmu alam yang benar mempelajari mengenai makhluk hidup beserta lingkungannya. Biologi mempelajari semua komponen tubuh pada makhluk hidup secara lebih kompleks.

Istilah kata biologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu bios dan logia. Bios memiliki arti kehidupan dan logia memiliki arti ilmu. Secara harfiah, pengertian biologi adalah studi tentang kehidupan.

2. Menurut Para Ahli

a.Campbell, Mitchell, dan Reece

Pengertian ilmu biologi adalah ilmu tersulit dari semua bidang ilmu sains, separuh dikarenakan sistem makhluk hidup yang sangat kompleks dan separuh lagi karena biologi merupakan suatu ilmu multidisipliner yang memerlukan pengetahuan dari ilmu matematika, fisika, dan kimia.

b. Rikky Firmansyah, dan rekan

Biologi ialah sebuah ilmu pengetahuan yang membahas mengenai makhluk hidup dengan kehidupannya.

c. Oman Karmana

Ilmu biologi yaitu ilmu yang bisa menunjang banyak ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan sebuah permasalahan.

d. Wijaya Jati

Biologi ialah sains atau ilmu yang membahas makhluk hidup. Biologi lebih menitikberatkan pada kajian ilmu mengenai makhluk hidup dan kehidupan dari makhluk hidup.

e. Fiktor Ferdinand dan Moekti A

Biologi sebagai ilmu mengenai makhluk hidup dan lingkungannya. Ilmu biologi mempunyai cabang-cabang ilmu tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi mengenai makhluk hidup.

f. Fuad Izzudin dan Tajudin

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari sesuatu yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.

g. Maniam dan Ami S

Biologi merupakan suatu ilmu yang memiliki jangkauan yang sangat besar dan luas, sehingga untuk mempermudah mempelajarinya, biologi dijelaskan lagi ke dalam berbagai cabang-cabang ilmu sesuai dengan objek kajian ilmu tersebut.

Biologi Sebagai Ilmu

pengertian biologi sebagai ilmu
Source: biology.mit.edu

Ilmu pengetahuan berasal dari sebuah rangkaian berbagai aktivitas akal manusia yang tersusun secara sistematis. Semua hal yang dinamakan sebagai sebuah ilmu pengetahuan  memiliki ciri-ciri atau syarat-syarat tertentu.

Begitu juga dengan biologi sebagai ilmu. Ciri dan sifat ilmu tersebut yaitu memiliki objek, memiliki metode, sistematis, dan universal.

Berikut ini adalah identifikasi dari ciri dan sifat dari ilmu pengetahuan ataupun ilmu yang dihasilkan manusia.

1. Memiliki Objek

Setiap ilmu pengetahuan pada umumnya membatasi diri pada segi kajian tertentu.

Contoh, pada ilmu matematika yang mengkaji objek angka-angka, fisika yang mengkaji pada objek benda fisik, kimia mengenai zat penyusun dan reaksi, dan biologi yang lebih memfokuskan pada objek yaitu makhluk hidup yang ada saat ini maupun yang pernah ada di dunia.

2. Memiliki Metode

Berkembangnya sebuah ilmu pengetahuan tidak bisa terjadi secara tiba-tiba atau kebetulan, tetapi mengikuti metode tertentu yang telah ada. Dalam mempelajari objek kajian ilmu biologi digunakan sebuah metode ilmiah untuk mendapatkan suatu kebenaran.

Metode tersebut sudah menjadi metode baku, supaya dapat dilakukan dan digunakan oleh siapa pun. Ilmu yang dikembangkan karena menggunakan metode ini, kebenarannya akan diakui secara ilmiah karena sesuai dengan metode yang ada.

3. Sistematis

Supaya lebih mudah untuk dikaji, sebuah ilmu pengetahuan perlu tersusun mulai dari yang sederhana menuju pada hal yang lebih kompleks.

Konsep yang menjadi dasar hal ini tentu saja harus mengandung hubungan yang sedemikian rupa saling berkaitan dan mendukung, bukan hal yang saling bertentangan.

Misalnya, di dalam ilmu biologi disajikan konsep mengenai sel, jaringan, organ-organ, sistem organ, dan individu yang memperlihatkan bahwa adanya suatu hierarki kaitan yang saling memperkuat suatu objek kajian.

Hal ini yang dinamakan sebagai tersusun dengan sistematis.

4. Universal

Kebenaran yang diungkapkan pada suatu ilmu pengetahuan tentu harus berlaku secara universal atau umum. Dalam ilmu biologi, kaidah ilmu atau hukum-hukum yang telah ada juga akan berlaku secara universal atau umum.

Contohnya seperti, kaidah mengenai reproduksi generatif yang merupakan cara untuk reproduksi makhluk hidup yang didahului oleh peleburan dari dua sel, yaitu gamet betina dan gamet jantan.

Hal tersebut sudah secara pasti berlaku untuk seluruh jenis organisme yang ada.

Ruang Lingkup Biologi

pengertian biologi molekuler
Source: youtube.com

Ruang lingkup dari ilmu biologi yang semakin luas, menjadikan para ahli dalam ilmu biologi untuk menciptakan suatu pengkhususan kajian yang disesuaikan pada objek yang lebih spesifik dan mendalam.

Sehingga nantinya akan memberikan suatu manfaat yang semakinluas dan besar bagi kehidupan makhluk hidup pada umumnya.

Ruang lingkup biologi kurikulum 2013 untuk SMA kelas 10 membahas mulai dari molekul hingga biosfer.

Pengkhususan kajian yang semakin mendalam ini akan menghasilkan berbagai cabang ilmu biologi yang akan semakin banyak setiap harinya.

Ibarat sebuah pohon, biologi adalah sebuah pohon ilmu yang sangat tinggi dan besar yang memiliki banyak cabang-cabang ilmu dan tiap cabang akan menghasilkan lebih banyak anak cabang dari ilmu baru lagi yang akan semakin berkembang pesat.

Terdapat banyak file ruang lingkup biologi pdf yang bisa Kamu baca di internet yang berisi lengkap mengenai objek kajian biologi.

Objek Pembahasan dalam Biologi

objek pembahasan biologi secara umum
Source: livescience.com

a. Molekul

Molekul adalah suatu bagian terendah yang ada pada tingkat organisasi kehidupan.

Struktur dan fungsi dari molekul-molekul penyusun komponen sel yaitu karbohidrat, lipid, protein, dan asam nukleat adalah bagian dari objek kajian pada biokimia.

Interaksi antarmolekul, seperti interaksi molekul RNA, DNA, dan protein pada sintesa protein dan pengaturannya dikaji dalam bagian biologi molekuler.

Masalah yang terjadi, seperti kebutuhan tanaman dengan kualitas tertentu, contohnya padi yang tahan pada serangan hama, kebutuhan tanaman dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang cepat, dan lain-lain sebagainya.

b. Sel

Pada tingkatan sel, fungsi dan struktur komponen sel serta proses yang terjadi pada sel merupakan bagian dari suatu objek kajian biologi. Nama ilmu yang membahas dan mengkaji sel adalah sitologi. Sel merupakan bagian yang dimiliki oleh seluruh organisme.

Sebagian organisme misalnya seperti bakteri terdiri hanya dari satu sel, tetapi kebanyakan organisme merupakan kumpulan dari banyak sel yang terspesialisasi.

c. Jaringan

Jaringan merupakan sel yang terspesialisasi pada organisme multisel. Jaringan juga merupakan sekumpulan dari sel-sel yang memiliki suatu fungsi dan bentuk yang sama.

Struktur dan fungsi dari berbagai jenis jaringan merupakan suatu objek kajian pada tingkat jaring. Ilmu yang mempelajari mengenai jaringan adalah histologi.

d. Organ

Organ adalah sekumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Organ hanya dapat ditemukan pada organisme multiseluler. Contohnya, organ lambung dibentuk dari jaringan epitel, jaringan penyokong, dan jaringan otot.

e. Sistem Organ

Sistem organ merupakan organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas yang saling berkaitan satu sama lain. Contoh dari sistem organ adalah sistem pencernaan yang tersusun dari beberapa organ seperti lambung, hati, pankreas, usus halus, dan usus besar.

f. Organisme

Organisme atau individu merupakan berbagai sistem organ yang bekerja sama melakukan kegiatan kehidupan. Organisme terdiri dari organisme uniseluler dan organisme multiseluler.

Contoh dari organisme uniselelur adalah protozoa dan monera. Sementara itu, contoh organisme multiseluler adalah tanaman bayam dan sapi. Organisme multiseluler merupakan organisme yang terbentuk ari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan.

g. Populasi

Populasi merupakan sekumpulan organisme yang hidup pada tempat tertentu dan dalam waktu yang sama akan membentuk populasi. Misalnya, populasi zebra di padang rumput dan populasi pohon kaktus di gurun pasir.

h. Komunitas

Komunitas tersusun dari beberapa populasi yang saling berinteraksi pada suatu tempat tertentu. Contohnya, komunitas sungai yang tersusun dari populasi tumbuhan air, populasi ikan, dan populasi kepiting.

i. Ekosistem

Ekosistem merupakan sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling memengaruhi dan berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat tertentu. Ekosistem terdiri dari komponen biotik dan abiotik.

Misalnya ekosistem darat yang tersusun dari komponen biotik yang berupa produsen, herbivora, karnivora, omnivora, dan pengurai. Komponen abiotik penyusun ekosistem darat adalah tanah, udara, dan zat anorganik.

j. Bioma

Bioma adalah kumpulan ekosistem di dunia, seperti bioma gurun, bioma savana, bioma hutan hujan tropis, dan bioma tundra.

k. Biosfer

Biosfer adalah tingkatan organisasi kehidupan yang paling kompleks. Biosfer meliputi seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat kehidupan berlangsung.

Cabang Ilmu Biologi

pengertian biologi kontrol
Source: bioc.unc.edu

Tahukah Kamu bahwa ilmu biologi ternyata memiliki cakupan yang sangat luas.

Begitu luas dan banyaknya cakupan ilmu tersebut, menjadikan ilmu biologi dibagi menjadi berbagi macam cabang yang diklasifikasikan berdasarkan objek kajian dari masing-masing cabang ilmu tersebut.

Ada banyak objek yang dikaji dalam ilmu biologi dan beserta contoh dari cabang biologi. Berikut adalah cabang ilmu biologi dan objek pembahasannya:

Nama Cabang Ilmu Biologi Objek yang Dikaji
Zoologi Mempelajari mengenai seluk beluk kehidupan hewan.
Botani Mempelajari mengenai berbagai ciri dan kehidupan tumbuhan.
Mikrobiologi Mengkaji berbagai ciri, sifat, dan fisiologi kehidupan mikroba.
Histologi Mengkaji mengenai jaringan penyusun organisme.
Sitologi Mengkaji mengenai segala sesuatu tentang kehidupan sel.
Histologi Mengkaji mengenai jaringan.
Morfologi Mengkaji mengenai struktur luar tubuh makhluk hidup
Anatomi Mengkaji mengenai struktur internal organisme.
Ekologi Mengkaji mengenai hubungan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Taksonomi Mengkaji mengenai pengelompokan organisme berdasarkan persamaan dan perbedaan.
Fisiologi Mengkaji mengenai fungsi-fungsi yang terjadi pada pada kehidupan organisme.
Virologi Mengkaji mengenai virus.
Bakteriologi Mengkaji mengenai bakteri.
Bioteknologi Mengkaji mengenai teknologi yang memanfaatkan organisme.
Ornitologi Mengkaji mengenai burung

Selain cabang ilmu biologi yang telah disebutkan di atas, masih terdapat banyak lagi cabang ilmu biologi dan pengertiannya yang memiliki objek kajian lainnya. Satu cabang ilmu biologi berbeda dengan cabang ilmu biologi yang lainnya.

Masing-masing dari cabang ilmu biologi mempelajari suatu objek kajiannya yang berbeda secara spesifik dan lebih jelas.

Untuk materi biologi yang lebih lengkap, Kamu bisa mencoba membaca dari buku sumber yang Kamu punya.

Biologi kelas 10 masih mempelajari hal yang mendasar dan artinya di kelas 11 dan 12, Kamu akan mempelajari biologi dengan hal yang lebih mendetail dari apa yang telah dipelajari.

cabang ilmu biologi apa saja
Source: unsplash.com

Biologi merupakan objek studi yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mungkin diantara Kamu ada yang tertarik ingin mempelajari biologi secara mendalam untuk memahami berbagai hal yang terjadi di kehidupan kita.

Artinya, kamu ingin belajar lebih rajin lagi mengenai biologi dan peranannyadalam kehidupan.

Sudah paham belum informasi mengenai Pengertian Biologi, Cakupannya Sebagai Ilmu, Ruang Lingkup, dan Apa Saja Cabang-cabang ilmunya? Yuk diskusikan di kolom komentar.

Salam Milenial!

Referensi:

Anshori, Moch dan Djoko Martono. 2009. Biologi. Departemen Pendidikan Nasional

2 pemikiran pada “Biologi: Pengertian, Sebagai Ilmu, Ruang Lingkup, dan Cabang Ilmu”

Tinggalkan komentar