30 Peluang Bisnis di Daerah Pedesaan

30 Peluang Bisnis di Daerah Pedesaan

Menjadi wirausahawan atau pebisnis saat ini sudah menjadi profesi yang banyak digandrungi oleh kawula muda. Selain karena kemajuan perkembangan teknologi, faktor penyebab lain adalah banyaknya motivator bisnis yang mendorong mereka untuk menjadi pelaku bisnis.

Untuk memulai bisnis sebagai pemula, sebaiknya kamu memilih bisnis yang masih baru atau yang tidak banyak pesaingnya. Alih-alih di area kota, kamu bisa mengambil peluang bisnis di daerah pedesaan.

Ide Peluang Bisnis di Daerah Pedesaan

Ada banyak ide bisnis yang bisa kamu adopsi dan terapkan untuk memulai usaha. Tetapi tidak semua ide tersebut memiliki peluang yang baik. Berikut ini beberapa ide dan peluang bisnis di desa yang bisa dijadikan inspirasi.

1. Mengembangkan desa wisata

peluang bisnis di daerah pedesaan dengan potensi daerah

Saat ini sedang ramai perbincangan soal desa wisata, dimana sebuah desa di-desain untuk berkolaborasi dan dijadikan sebagai tempat berwisata. Desa wisata banyak didatangi oleh turis lokal dan non-lokal.

Peluang usaha desa wisata ini tidak bisa kamu kerjakan hanya sendiri, karena usaha ini harus berkolaborasi dengan perangkat desa dan warga sekitar. Jika kamu ingin mengembangkan potensi di desamu, kamu harus bisa menggerakkan warga untuk mengikuti idemu dalam pembuatan desa wisata.

2. Membuka toko sembako/ kelontong

peluang usaha di daerah pedesaan

Toko sembako atau toko kelontong adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan makanan seperti beras, minyak goreng, hingga kebutuhan umum seperti sabun, shampoo, deterjen, dan lain-lain.

Usaha toko kelontong memiliki peluang yang cukup besar mengingat setiap orang butuh untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian tokomu tidak akan pernah sepi pembeli.

3. Membuka usaha pertamini

peluang bisnis daerah pedesaan

Pertamini adalah versi mini dari pom bensin pertamina untuk daerah desa. Kita semua tau kalau setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor pasti membutuhkan bahan bakar berupa bensin dan sejenisnya.

Oleh karena itu, kamu sudah punya jaminan bahwa usahamu pasti akan laku dan tidak rugi. Setiap warga desa yang ingin membeli bahan bakar motor akan membeli di tempat terdekat yaitu di pertamini yang kamu miliki.

4. Berjualan pulsa dan jasa pembayaran tagihan online

peluang bisnis untuk daerah pedesaan

Saat ini sudah banyak vendor-vendor online yang menyediakan jasa pembayaran tagihan online dan jual beli pulsa. Tetapi banyak warga desa yang belum mengetahui atau awam terhadap media-media online ini.

Karena itu, berjualan jasa tagihan online masih menjadi peluang bisnis yang cukup besar untuk kamu yang ada di daerah pedesaan. Warga desa yang kebanyakan belum melek teknologi akan membutuhkan jasamu dan bersedia membayar.

5. Membuka warung internet (Warnet)

peluang bisnis daerah desa

Walaupun bisnis warnet di kota-kota saat ini sudah tidak begitu laku, tapi di desa masih tetap dibutuhkan. Kamu juga bisa menambahkan servis lain seperti game online atau sewa PS.

6. Berjualan baju

peluang bisnis di pelosok desa

Berjualan baju dengan cara keliling atau dengan membuka lapak di pasar akan sangat laku jika kamu berada di pedesaan. Hal ini sangat membantu bagi warga desa yang malas atau tidak punya akses untuk pergi ke kota dan membeli baju disana.

7. Jasa make up dan salon

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang kecantikan

Membuka jasa make up dan salon kecantikan adalah salah satu ide bisnis yang menarik untuk kamu praktekkan di desamu. Kalau kamu punya ketrampilan dalam make up dan tata rias, kamu bisa memanfaatkan itu untuk menghasilkan uang.

Jasa make up ini biasanya akan ramai dibutuhkan saat agustusan atau kartinian karena banyak event yang menuntut para wanita harus berdandan. Disinilah letak peluang usahanya dimana kamu akan meraup banyak keuntungan.

8. Membuat hidroponik

peluang bisnis di daerah pedesaan budidaya tanaman

Bertanam hidroponik dapat dijadikan sebagai ide bisnis di area pedesaan. Metode hidroponik selain menghasilkan produk sayuran yang organik, usaha ini juga tidak memerlukan lahan yang luas.

Target pembelinya adalah orang-orang kota yang suka dengan bahan-bahan makanan dan sayuran organik. Kamu bisa mendistribusikannya ke kota setelah panen dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualannya.

9. Menjual bibit tanaman

peluang bisnis di daerah pedesaan budidaya bibit tanaman

Menjual bibit tanaman juga merupakan ide bisnis yang menarik. Cuaca di pedesaan yang sejuk membuat bibit-bibit tanaman mudah tumbuh.

Kamu bisa menjual bibit tanaman kepada petani atau kebun-kebun sayuran, bahkan kamu bisa menjualnya hingga keluar kota kalau kamu bisa memanfaatkan media online untuk pemasarannya.

10. Membuka toko bangunan

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang konstruksi

Biasanya setiap daerah pedesaan pasti punya setidaknya satu toko yang menjual bahan bangunan. Bahan bangunan ini pasti selalu dibutuhkan oleh warga desa yang akan membangun rumah ataupun tempat usaha.

11. Beternak unggas

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang ternak

Beternak unggas bukan ide baru dalam bisnis bagi warga desa. Tetapi usaha ini selalu menjadi peluang bisnis yang bagus.
Apalagi kalau kamu punya pengetahuan tentang dunia peternakan. Dengan memanfaatkan pengetahuan teknologi, kamu bisa mengembangkan peternakanmu menjadi lebih baik dan lebih modern.

12. Budidaya ikan

peluang bisnis di daerah pedesaan sektor perikanan

Budidaya ikan ini juga bisnis yang cukup popular dan menguntungkan. Bagaimana tidak? Banyak orang Indonesia yang mengkonsumsi ikan untuk makan sehari-hari.

Belum lagi kalau kamu punya jaringan dengan warung-warung makan. Kamu bisa menjadi supplier ikan untuk warung makan hingga restoran.

13. Beternak burung

peluang bisnis di daerah pedesaan budidaya burung

Beternak burung biasanya hanya menjadi hobi, tapi kalau ditekuni bisa juga menjadi peluang usaha. Apalagi kalau yang kamu rawat adalah jenis burung-burung mahal yang bisa berkicau seperti burung lovebird, jalak bali, kenari, dan lain-lain.

14. Berjualan makanan ringan/ camilan

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang makanan dan minuman

Menjual makanan ringan walaupun keuntungannya kecil tetapi kalau ditelateni bisa menambah pemasukanmu. Kamu bisa berjualan makanan ringan yang basah seperti jajanan pasar ataupun yang kering seperti ciki-ciki. Target pembelinya biasanya adalah anak-anak atau ibu-ibu rumah tangga.

15. Membuka warung kopi dan tempat nongkrong

peluang bisnis di daerah pedesaan dengan membuka warung

Di daerah pedesaan, kamu juga bisa membuka usaha warung kopi atau tempat nongkrong. Selain memfasilitasi anak-anak muda dan bapak-bapak untuk berkumpul, kamu juga bisa sekalian berjualan kopi dan makanan ringan.

16. Membuka jasa penjahit baju

bidang wirausaha dalam peluang bisnis di daerah pedesaan

Jasa penjahit baju selalu dibutuhkan di setiap daerah. Biasanya menjelang lebaran atau menjelang tahun ajaran baru sekolah, para penjahit akan ramau dengan orderan jahit baju.

Untuk membuka bisnis jahit baju, modal yang kamu perlukan adalah seperangkat mesin jahit dan skill menjahit. Kamu juga bisa memanfaatkan kehalian menjahitmu untuk membuka les menjahit.

17. Membuka jasa potong rambut

keterampilan dasar peluang bisnis di daerah pedesaan

Jasa potong rambut ini pasti tidak ada matinya. Para kaum laki-laki setidak-tidaknya sebulan sekali akan datang untuk potong rambut. Tinggal dikalikan saja dengan jumlah laki-laki yang ada di daerahmu.

18. Membuka jasa cuci motor

jasa cuci motor peluang bisnis di daerah pedesaan

Membuka jasa cuci motor di desa sebenarnya peluangnya tidak terlalu besar, karena kebanyakan orang mencuci kendaraannya di rumahnya masing-masing. Tapi jika kamu bisa memasarkannya dengan unik, bisnismu akan tetap laku.

19. Membuka jasa bimbingan belajar

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang edukasi

Bimbel atau bimbingan belajar selalu dibutuhkan oleh anak-anak sekolah. Daripada harus jauh-jauh ke kota untuk les bimbel, akan lebih bagus kalau ada jasa bimbel di daerah karena lebih dekat.

20. Menjadi reseller atau dropshiper

bisnis online peluang bisnis di daerah pedesaan

Menjadi reseller atau dropshiper ini adalah jenis bisnis online. Walaupun demikian kamu bisa melakukannya dari mana saja termasuk dari tempat tinggalmu di desa.

Keuntungan menjadi reseller adalah kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada harga pada umumnya. Dengan demikian kamu bisa menjual lagi barang daganganmu dengan harga yang lebih tinggi ke warga-warga desa di sekitarmu.

21. Membuka toko perlengkapan pertanian dan peternakan

peluang bisnis di daerah pedesaan paling laris

Banyaknya petani dan peternak membuka peluang usaha daerah pedesaan untuk kamu yang mau mencoba membuka toko peralatan pertanian dan peternakan. Walaupun modal yang dibutuhkan juga cukup besar tapi kamu juga bisa memperoleh keuntungan yang sepadan.

22. Membuka jasa bengkel motor

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang otomotif

Jasa bengkel motor tetap dibutuhkan sekalipun di pedesaan. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan di bidang otomotif, jadi jasamu pasti akan laku dan dibutuhkan.

23. Menjual kerajinan tangan

peluang bisnis di daerah pedesaan bidang keterampilan tangan

Jika kamu mempunyai kreatifitas untuk membuat kerajinan tangan, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis. Kamu bisa menjual hasil karyamu baik dengan cara membuka toko maupun dengan cara berjualan online.

24. Budidaya jamur tiram

peluang bisnis di daerah pedesaan modal sedikit

Jika desamu atau di rumahmu memiliki ruangan yang cukup lembab, kamu bisa memanfaatkannya untuk melakukan budidaya jamur. Jamur yang sudah dipanen bisa dijual kepada tengkulak, ke pasar, atau diolah dulu menjadi makanan siap makan lalu dijual sebagai camilan.

25. Membuka usaha mebel

peluang bisnis di daerah pedesaan paling laku

Usaha mebel tergolong sebagai usaha yang cukup mahal modalnya. Namun demikian kalau kamu ingin berjualan mebel di pedesaan, kamu bisa menjualnya kepada tukang-tukang atau kontraktor yang mengerjakan pembangunan rumah dan menjadi supplier untuk furniture yang mereka butuhkan.

26. Membuka toko ATK dan percetakan

peluang bisnis di daerah pedesaan di era modern

Toko ATK dan percetakan tetap dibutuhkan di area pedesaan apalagi kalau di daerah tersebut masih ada banyak siswa atau mahasiswa. Mereka akan membutuhkan jasa fotocopy atau print out untuk menyelesaikan tugas sekolah mereka.

27. Berjualan sayur keliling

peluang bisnis di daerah pedesaan dengan menjual produk desa

Berjualan sayur keliling ini butuh niat dan ketekunan, tetapi dijamin akan selalu laku. Pasalnya banyak sekali ibu-ibu rumah tangga yang lebih memilih berbelanja di tukang sayur keliling daripada harus jauh-jauh pergi ke pasar.

28. Menjual asesoris atau makanan khas desa secara online

peluang bisnis di daerah pedesaan produk buatan desa

Jika ada UMKM di desamu yang memiliki hasil kerajinan ataupun makanan khas daerahmu, kamu bisa mencoba untuk menjualnya secara online. Bisnis ini cukup menggiurkan apalagi jika kamu punya kenalan orang-orang yang suka mengoleksi barang-barang antik khas daerah.

29. Membuka Angkringan

peluang bisnis di daerah pedesaan yang disukai warga

Membuka angkringan walaupun terlihat sepal tapi bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Bayangkan saja, sekali duduk orang bisa menghabiskan hingga 10.000 rupiah di angkringan, dikalikan dengan jumlah pelanggan di angkringanmu.

30. Beternak Kroto dan Jangkrik

peluang bisnis di daerah pedesaan untung banyak

Banyak warga desa yang menjalankan usaha ternak kroto dan jangkrik. Peluangnya cukup besar dan pasarnya juga banyak.
Kroto dan jangkrik dibutuhkan oleh orang-orang yang memelihara burung untuk makanan burung mereka. Kroto juga dibutuhkan sebagai umpan untuk orang-orang yang hobi memancing.

Demikian beberapa ide bisnis di area pedesaan yang kami rangkum agar bisa jadi inspirasi buat kamu yang mau memulai usaha sendiri. Kalau kamu punya ide bisnis lain yang mau di share atau kamu ingin berkomentar tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar