55 Peluang Bisnis Anak Sekolah, Nggak Ganggu Pelajaran!

Spread the love

Zaman modern yang serba canggih ini, banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan mudah salah satunya yaitu bisnis. Meskipun kamu masih sekolah, jangan takut untuk berbisnis. Banyak peluang bisnis anak sekolah yang dapat kamu coba.

Semakin dini kamu memulai bisnis maka semakin baik. Selain mendapat uang tambahan, kamu juga bisa mendapat pengalaman, menjadi pribadi yang dapat mengambil risiko, berpikiran kreatif, dan lain-lain.

Daftar Isi Artikel:
Ide Peluang Bisnis Anak Sekolah

Ide Peluang Bisnis Anak Sekolah

Bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah dan ingin memulai bisnis, tapi bingung bisnis apa. Inilah beberapa peluang bisnis anak sekolah yang dapat kamu coba.

1. Event Organizer

peluang bisnis untuk anak sekolah

Event organizer yaitu tim yang mengatur acara tertentu dari perencana sampai pelaksana. Ini bisnis anak sekolah yang menguntungkan dan sangat membantu bagi kamu yang punya banyak relasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah relasi baru.

Kamu dapat membentuk tim untuk membuka event organizer dalam skala kecil seperti pesta ulang tahun teman atau anak-anak di lingkungan sekitar. Event kecil ini akan memberikan pengalaman dan pelajaran yang luar biasa untuk membuat event-event lainnya.

2. Bisnis Pulsa Isi Ulang

bisnis cocok untuk anak sekolah

Bisnis pulsa isi ulang adalah bisnis anak sekolah dengan modal kecil, tapi menguntungkan. Modalnya yaitu handphone dan biaya pendaftaran pulsa isi ulang. Besar biaya pendaftaran bervariasi, pilih sesuai dengan kemampuan kamu.

3. Bisnis Jasa Servis Laptop/Komputer

bisnis rumahan untuk anak sekolah

Bisnis jasa servis laptop atau komputer sangat menjanjikan. Apalagi bagi anak SMK yang memiliki kemampuan di bidang servis komputer/laptop. Kamu bisa memulai membuka bisnis ini di rumah atau kos-kosan.

4. Bisnis Jasa Les Privat Anak SD dan SMP

bisnis untuk anak sekolah tanpa modal

Bisnis ini sangat cocok bagi anak SMA yang hobi mengajar. Selain mendapat uang tambahan, kamu juga dapat memperdalam materi pelajaran. Kamu dapat membuka jasa les privat untuk anak SD dan SMP. Mulailah dengan menanyakan kepada teman dan tetangga yang membutuhkan jasa les privat.

5. Bisnis Jasa Jual Barang Bekas

bisnis minuman untuk anak sekolah

Kamu dapat menjual barang yang sudah tidak kamu pakai, tapi masih layak digunakan seperti baju, sepatu, buku, dan benda-benda unik lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan jasa jual barang bekas kepada teman atau orang-orang disekitarmu. Penjualan dapat kamu lakukan di media sosial seperti facebook, instagram, dan lain-lain.

6. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

resep bisnis jajanan anak sekolah

Bisnis jasa pengetikan dan print adalah salah satu bisnis anak sekolah yang menjanjikan. Membuka bisnis ini diperlukan laptop/komputer dan print serta kemampuan mengetik yang tepat dan cepat.

Kamu dapat menawarkan jasa pengetikan kepada pekerja kantoran, teman, dan mahasiswa yang tidak suka mengetik. Selain itu, kamu juga dapat menawarkan jasa print yang murah dari harga umumnya untuk mereka.

7. Bisnis Penulis Lepas

usaha jajanan anak sekolah dasar

Bagi kamu yang masih sekolah dan punya hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis lepas. Selain mendapat uang tambahan, kamu juga dapat mengembangkan bakat menulis dan memperluas wawasan.

Ini bisnis anak sekolah yang menguntungkan karena tidak membutuhkan modal, hanya diperlukan kretivitas. Kamu dapat menawarkan jasa penulis lepas di web atau melamar di perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas.

8. Bisnis Jasa Penerjemah

bisnis untuk anak sekolah smk

Jika kamu bisa berbahasa asing yang baik dan aktif seperti inggris, mandarin, arab, dan bahasa asing lainnya. Kamu bisa membuka bisnis jasa penerjemah, ini termasuk bisnis anak sekolah yang menjanjikan dan tidak membutuhkan modal.

Kamu hanya perlu menyediakan laptop/komputer dan bergabung di website situs freelance. Situs tersebut akan mempromosikan keahlianmu kepada orang yang mencari jasa penerjemah.

9. Bisnis Jasa Desain Grafis

bisnis anak sekolahan

Peluang bisnis desain grafis cocok untuk kamu yang mempunyai keahlian desain grafis dan anak SMK. Kamu dapat membuat logo spanduk, poster, edit foto, dan lain-lain. Kemudian desain-desain tersebut, dipromosikan kepada teman melalui sosial media atau bergabung di website freelance.

10. Bisnis Jasa Fotografi dan Video

bisnis anak sekolahan

Banyak anak sekolah yang mempunyai hobi fotografi, tetapi hanya di simpan menjadi memori. Sekarang coba buat hobimu, menjadi bisnis anak sekolah yang menjanjikan. Selain mendapat uang, kamu dapat mengasah kemampuan kamu menjadi lebih baik lagi.

Kamu dapat mulainya dengan menawarkan jasa fotografi dan video untuk acara ulang tahun, perpisahan, dan acara lainnya. Tawarkan jasa tersebut dengan harga yang terjangkau kepada teman, keluarga, atau melalui akun media sosial untuk membangun relasi.

11. Bisnis Jasa Pengepakan Barang

usaha anak sekolah smk

Peluang bisnis jasa pengepakan barang, cocok di kota-kota besar karena banyak orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk berkemas. Bisnis anak sekolah yang menguntungkan ini, tidak memerlukan modal yang besar.

Mulailah bisnis ini dengan membentuk tim dan promosikan ke media sosial. Selain itu, persiapkan alat-alat pengepakan seperti kardus, gunting, isolasi, spidol, cutter, dan tali.

12. Bisnis Sosis Bakar

bisnis bagi anak sekolah

Ini contoh bisnis kuliner dengan modal kecil, modal yang diperlukan yaitu gerobak, sosis, kompor, saus, kecap, dan alat masak. Kamu dapat berjualan sosis bakar setiap sore, tanpa mengganggu aktivitas sekolah.

Bisnis ini dapat kamu lakukan dengan temanmu atau sendiri sesuai dengan kemampuanmu. Pilih tempat berjualan yang strategis dan patokan harga penjualan yang terjangkau oleh semua kalangan.

13. Bisnis Kue

bisnis kebutuhan anak sekolah

Peluang bisnis kue memang sangat menjanjikan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi bagi kamu mempunyai keahlian atau hobi membuat kue.

Banyak resep-resep kue yang praktis dan menarik, dapat kamu lihat di internet. Contoh bisnis kue anak sekolah yaitu risol, donat, oreo goreng, brownies, dan lain-lain.

14. Bisnis Droship

bisnis yang cocok mahasiswa

Droship adalah bisnis online yang tidak membutuhkan modal, tetapi membutuhkan kegigihan. Kamu hanya perlu membuat akun sosial media untuk memasang foto produk dari suplier. Harga produk tersebut dapat kamu tentukan sendiri. Jika ada yang tertarik maka kamu memesan produk tersebut kepada suplier.

Bisnis ini sangat cocok untuk siapa saja, termasuk anak sekolah. Contoh barang yang dapat di jual yaitu pakaian, aksesoris, tas, sepatu, dan barang-barang lainnya. Sebelum menjalankan bisnis dropship, sebaiknya kamu tanyakan ke suplier, “Apa mereka membuka sistem dropship?” jangan asal ambil foto.

15. Bisnis Reseller

bisnis anak sekolahan sma

Ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki tabungan atau uang lebih. Ini termasuk bisnis anak sekolah dengan modal kecil. Kamu dapat menjadi reseller hijab, pakaian, aksesoris, sepatu, tas, dan lain-lain. Bisnis reseller ini banyak peminat sehingga persaingan ketat. Jadi, kamu harus gigih dan rajin menawarkan produk-produk yang kamu jual di sosial media atau langsung.

16. Bisnis Ice Cream

bisnis anak sekolahan

Bisnis ice cream termasuk bisnis anak sekolah yang menguntungkan karena gampang dan tidak memerlukan modal yang besar. Ice cream yang kamu buat dapat di jual kepada teman-teman di sekolah, lingkungan sekitar rumahmu, atau titipkan di kantin sekolah.

17. Bisnis Salad Buah

bisnis sampingan buat anak sekolah

Peluang bisnis salad buah sangat menguntungkan sekitar 25% dan tidak memerlukan modal yang besar. Memulai bisnis salad buah dengan membagi sample gratis salad buah kepada teman atau keluarga. Pembagian sempel dilakukan untuk mendapat masukan dan sebagai promosi. Kamu juga dapat melakukan promosi yang lebih luas di media sosial.

18. Endorsment

peluang bisnis untuk anak sekolahan

Bagi kamu yang memiliki follower banyak dan aktif memposting sesuatu di media sosial seperti instagram. Kamu dapat menerima jasa endorse karena banyak bisnis online yang melakukan pemasaran produknya melalui selebgram. Ini bisnis anak sekolah yang menguntungkan, tidak memerlukan modal yang besar, tetapi mendapat uang tambahan yang lumayan.

19. Blogger

bisnis antar jemput anak sekolah

Kamu harus membuat blog dan rajin menulis serta memposting artikel-artikel setiap hari. Agar mendapatkan pengunjung tetap, artikel-artikel yang ditulis harus bagus dan menarik dibaca. Kamu harus fokus dan konsisten untuk membuat blog kamu berkembang. Setelah blog kamu berkembang, kamu akan dapat keuntungan melalui iklan dan riview produk.

20. Youtuber

peluang bisnis anak sekolah

Youtuber cocok bagi anak sekolah karena tidak ada patokan jam kerja dan menyenangkan, tetapi harus tekun dan konsisten. Memulai untuk menjadi youtuber tidak perlu modal. Kamu hanya perlu membuat akun youtube yang kreatif dan menarik dilihat oleh banyak orang. Kemudian ikuti peraturan-peraturan dari youtube untuk mendapat penghasilan.

21. Bisnis Jasa Pengisi Suara Virtual

bisnis rumahan jajanan anak sekolah

Bisnis jasa pengisi suara dapat lakukan oleh anak sekolah dengan bergabung di website freelance. Jadi, kamu dapat melakukannya di rumah. Bisnis ini cocok bagi kamu kamu yang jago berakting dengan suara yang berkarakter seperti mengisisi suara animasi, video komputer, dan lain-lain.

22. Bisnis Web Design

bisnis apa buat anak sekolah

Bisnis web Design cocok bagi kamu anak SMK yang belajar web design atau kamu yang memang mempunyai keahlian. Bisnis ini bersifat fleksibel. Penghasilan yang kamu terima dari bisnis web design juga tinggi, tergantung kerumitan design website yang diinginkan.

23. Bisnis Jasa Virtual Assistant

peluang bisnis jajanan anak sekolah

Virtual Assistant adalah seseorang yang membantu pekerjaan seseorang, dengan kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda dari jarak jauh. Modal yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis jasa virtual assistant yaitu laptop, smartphone, dan koneksi internet.

24. Bisnis Kaos

bisnis puding anak sekolah

Bisnis ini tidak harus menggunakan modal yang besar. Kamu cukup mempunyai keahlian mendesain kaos unik untuk dijual. Kamu juga harus menjalin kerja sama dengan pihak tempat sablon. Kemudian tawarkan beberapa desain kaos tersebut kepada teman. Jika mereka tertarik, mereka dapat memesan kaos tersebut melalui kamu.

25. Bisnis Minuman Kekinian

bisnis jajanan anak sekolah yang menguntungkan

Minuman kekinian sedang populer dikalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bisnis minuman kekinian sangat menjanjikan. Tidak semua minuman kekinian membutuhkan modal yang besar, proses pembuatannya juga mudah. Oleh karena itu, bisnis ini dapat dijalankan oleh kamu yang masih sekolah.

26. Bisnis Rental Buku, Komik, atau Novel

bisnis cemilan anak sekolah

Jika kamu mempunyai hobi membaca dan mengoleksi buku bacaan yang menarik seperti komik, novel, dan buku bacaan lainnya. Kamu dapat menjadikan itu sebagai peluang bisnis rental buku, novel, atau komik. Mulailah dengan menawarkan rental buku kepada teman dan lingkungan sekitar.

27. Bisnis Kerajianan Tangan

bisnis anak muda sekolah

Bisnis kerajinan tangan memiliki peluang besar sebagai bisnis anak sekolah yang menguntungkan, jika dikembangkan melalui sosial media. Kerajianan tangan dibutuhkan oleh orang-orang sebagai souvenir, aksesoris, kado, dan lain-lain. Produk-produk kerajianan tangan yang dibuat harus unik dengan harga terjangkau untuk dapat menarik pembeli.

28. Bisnis Cuci Sepatu

bisnis anak sekolahan

Banyak anak muda hingga orang dewasa yang tidak memiliki waktu untuk cuci sepatu. Oleh karena itu, peluang bisnis cuci sepatu besar dan gampang dilakukan. Kamu dapat belajar cuci sepatu dari internet atau secara langsung dengan orang yang sukses lebih dulu.

Ini termasuk bisnis anak sekolah yang menjanjikan, jika dikerjakan dengan tekun dan pantang menyerah. Selain jasa cuci sepatu, kamu juga bisa menjual produk-produk untuk mencuci sepatu.

29. Bisnis Merangkai Bunga

bisnis jemputan anak sekolah

Bisnis merangkai bunga salah satu contoh bisnis anak sekolah dengan modal kecil dan kreatif. Kamu dapat menerima pesanan merangkai bunga untuk acara ulang tahun, wisuda, perpisahan, dan acara-acara lainnya. Mulailah dengan melakukan promosi, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

30. Bisnis Budidaya Cabai Rawit di Polybag

bisnis anak sekolahan

Peluang bisnis budidaya cabai rawit di Indonesia sangat besar karena cabai rawit bumbu masakan yang sering digunakan. Bisnis budidaya cabai rawit tidak memerlukan modal yang besar, cukup lakukan penanaman dan perawatan yang sesuai sampai tiba masa panen. Hasil panen cabai rawit dapat kamu jual.

31. Budidaya Jahe Merah

bisnis anak sekolah smk

Budidaya jahe merah dapat dilakukan oleh anak sekolah karena tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, perawatannya juga mudah. Kamu dapat melakukan budidaya jahe merah di dalam polybag. Jahe merah dapat kamu jual di pasar atau lingkungan sekitar.

32. Budidaya Kangkung

peluang usaha jajanan anak sekolah dengan modal kecil

Kangkung adalah jenis sayuran paling laris yang disukai masyarakat. Budidaya kangkung bisa menjadi peluang bisnis anak sekolah dengan modal kecil. Selain itu, perawatannya tidak ribet dan tidak memerlukan lahan yang luas. Pemasaran kangkung hidroponik dapat kamu lakukan di lingkungan terdekat seperti tetangga, teman, dan lain-lain.

33. Budidaya Cabai Merah

bisnis anak sekolah 2018

Budidiaya cabai merah hidroponik sangat menguntungkan dan tidak memerlukan modal yang besar. Pilihan yang tepat untuk bisnis anak sekolah yang menjanjikan karena perawatan yang mudah dan potensi harga jual yang bagus.

34. Budidaya Jamur Kuping

bisnis anak sekolahan

Bisnis jamur kuping termasuk bisnis anak sekolah yang menguntungkan. Perawatan budidaya jamur kuping juga mudah dan murah. Kamu dapat mulai budidaya di halaman rumah. Hasil budidaya jamur kuping dapat dijual di lingkunganmu atau tawarkan ke pedagang pasar.

35. Budidaya Lele

peluang usaha jajanan anak sekolah

Lele banyak di konsumsi oleh orang-orang sehingga peluang bisnis budidaya lele menguntungkan. Walaupun modalnya lumayan besar, kamu dapat menjual lele kepada konsumen setiap hari dengan harga jual yang lumayan tinggi.

36. Budidaya Ikan Gurame

bisnis anak sekolah yang menguntungkan

Budidaya ikan gurame sangat menguntungkan. Modal yang perlu kamu persiapkan yaitu 1 kolam terpal dan bibit ikan. Harga jual ikan gurame lumayan tinggi. Jadi, kamu harus mengetahui cara perawatan budidaya ikan gurame yang tepat. Jangan sampai ikannya mati.

37. Bisnis Jus Buah

bisnis pernak pernik anak sekolah

Kamu dapat memanfaatkan waktu luang untuk berjualan jus buah di depan rumah atau cari lokasi yang strategis. Modal yang diperlukan sekitar 4 juta untuk membeli gerobak, blender, cup minuman kemasan, dan buah.

38. Bisnis Katering Rumahan Skala Kecil

bisnis untuk anak smp online

Kamu dan temanmu dapat membuka bisnis katering rumahan skala kecil untuk ulang tahun anak-anak. Mulailah dengan melakukan promisi melaui tetangga dan keluarga. Modalnya tidak terlalu banyak sesuai dengan pesanan pelanggan.

39. Bisnis Bawang Goreng

bisnis anak sekolahan

Bisnis bawang goreng kemasan dapat kamu lakukan di rumah, cocok untuk bisnis anak sekolah dengan modal kecil. Kamu dapat memasarkan bawang goreng kemasan secara langsung di lingkungan sekitar dan melalui media sosial.

40. Bisnis Makaroni

bisnis anak sma modal kecil

Makaroni goreng adalah cemilan yang banyak disukai oleh semua orang, variasi rasanya yang berbeda-beda dan harga yang terjangkau. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar, mungkin sekitar 100 ribu. Penjualan makaroni dapat kamu lakukan melalui sosial media dan menitipkan di kantin atau warung.

41. Bisnis Peyek

bisnis yang cocok untuk anak sekolah

Peyek, cemilan yang disukai oleh orang-orang. Bisnis peyek bisa menjadi salah satu contoh bisnis modal kecil untuk anak sekolah. Kamu bisa menjual peyek dengan harga 2.000 rupiah sampai 5.000 rupiah. Pejualannya dengan cara menitipkan peyek di warung-warung dekat rumah dan kantin sekolah.

42. Bisnis Nugget Goreng

ide bisnis makanan anak sekolah

Bisnis nugget goreng cocok untuk bisnis anak sekolah dengan modal kecil. Pembuatan nugget juga  gampang. Kamu tidak perlu takut nugget tidak laku karena nugget awet disimpan di kulkas. Nugget dapat dijual kepada teman dan lingkungan sekitar. Selain itu, kamu juga dapat menerima pesanan nugget untuk acara tertentu dalam jumlah yang banyak.

43. Bisnis Pisang Nugget

bisnis camilan untuk anak sekolah

Bisnis pisang nugget mempunyai prospek baik untuk bisnis kuliner anak sekolah. Kamu dapat memulai  menjual pisang nugget dengan sistem open PO di sosial media.

Pembuatan pisang nugget cukup mudah dan dapat kamu lakukan di rumah. Kamu harus menjual banyak rasa atau variasi pisang nugget. Agar orang-orang tertarik untuk membeli.

44. Bisnis Oreo Dessert Box Mini

bisnis yang gampang untuk anak sekolah

Pembuatan oreo dessert mudah dan murah untuk bisnis anak sekolahan. Sistem jualnya, bisa dengan sistem open PO. Kamu harus membuat toping beraneka ragam supaya orang-orang tertarik membeli.

45. Bisnis Opak Singkong

ide bisnis jajanan anak sekolah

Bisnis opak singkong dapat dijalankan oleh anak sekolah. Modalnya yang murah dan pembuatan yang gampang. Kamu dapat menjual opak singkong kemasan dengan harga yang bervariasi di warung, kantin sekolah, dan sosial media.

46. Bisnis Gorengan

bisnis anak sekolahan

Kamu dapat membuat gorengan di rumah seperti goreng tahu, bakwan, tempe, dan lain-lain. Penjualan dapat kamu lakukan dengan menitipkan gorengan di kantin dan warung sekitar rumah.

47. Bisnis Keripik dan Kerupuk

usaha anak sekolah modal 10 ribu

Keripik dan kerupuk makanan ringan yang banyak diminati oleh orang-orang. Kamu dapat menjual berbagai macam keripik dan kerupuk kemasan. Sistem penjualan dapat dititipkan di warung dan promosi melalui sosial media.

48. Bisnis Pertunjukan Seni

usaha untuk anak sekolah dengan modal kecil

Kamu dapat membentuk kelompok yang mempunyai minat dan bakat dalam pertunjukan seni seperti drama, musik, tari, dan lain-lain. Kemudian buat pertunjukan seni di kafe atau ditempat-tempat ramai.

49. Bisnis Laundry Skala Kecil

bisnis kuliner anak sekolah

Kebutuhan jasa laundry sangat tinggi dan selalu dicari. Kamu dapat membuka bisnis laundry skala kecil di rumah sehingga tidak memerlukan modal yang besar. Agar orang-orang tertarik laundry di tempatmu, mulailah promosi dengan harga perkilogram yang murah kepada temanmu dan tetangga.

50. Bisnis Penitipan Hewan Peliharaan

usaha jajanan anak sekolah dari telur

Kamu dapat melakukan bisnis ini di rumah, tentunya dengan izin orang tua. Kamu tidak perlu setiap jam mengawasi hewan tersebut, cukup memberi hewan makan dan merawat agar tidak terserang penyakit.

51. Bisnis Jasa Jahit di Rumah

bisnis anak sma yang mudah

Bisnis ini cocok untuk anak SMK atau kamu yang memiliki ketrampilan menjahit. Bisnis jasa jahit tidak pernah kehilangan pelanggan. Kamu dapat membeli mesin jahit dan mulai mencari pelanggan disekitarmu.

52. Bisnis Jual Jelbab Produksi Sendiri Skala Kecil

bisnis part time anak sekolah

Bisnis ini cocok untuk anak SMK atau yang memilki ketrampilan menjahit. Kamu dapat membeli kain jelbab, mulailah membuat model jelbab buatan sendiri yang unik dan berbeda sebagai sampel. Kemudian lakukan pemasaran di media sosial seperti instagram, facebook, dan lain-lain.

53. Bisnis Cucian Motor

bisnis anak sekolahan

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar untuk penyediaan peralatannya. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan halaman rumah untuk membuka bisnis ini. Mulailah cari pelanggan dari lingkungan terdekatmu. Kamu dapat mengerjakan bisnis ini pulang dari sekolah.

54. Bisnis Menjual Alat Tulis

bisnis jajanan anak sekolah modal kecil

Kamu dapat menjual alat tulis kecil-kecilan di sekolah. Modal yang dikeluarkan tidak harus banyak. Alat tulis yang kamu jual harus unik dan lucu sehingga teman-temanmu tertarik untuk membeli.

55. Bisnis Ternak Ayam Potong Skala Kecil

bisnis mobil antar jemput anak sekolah

Ayam potong memiliki potensi penjualan yang bagus karena selalu dikosumsi oleh masyarakat. Kamu dapat mencoba bisnis ternak ayam di rumah skala kecil. Agar mendapatkan hasil yang lumayan besar, bisnis ini harus dijalankan dengan tekun dan kerja keras.

Bisnis di atas akan berkembang dengan baik, jika kamu bekerja keras dan konsisten. Berbisnis tidak selalu menguntungkan. Jadikan semua pelajar dan pengalaman untuk di masa yang akan datang. Ingat memulai bisnis sejak sekolah, berarti kamu harus pintar membagi waktu. Jangan sampai mengganggu aktivitas sekolah. Ayo mulai berbisnis!

Tinggalkan komentar