10 Merk Beras Terbaik di Indonesia Tahun 2021, Enak dan Sehat!

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia, negara kita ini juga menghasilkan beras terbaik yang beberapa merk beras lokal bahkan sudah menjadi barang ekspor lho! Mau tahu apa saja? Yuk intip infonya.

Anda pasti merasakan sendiri, kalau belum makan nasi yang merupakan olahan beras pasti tak akan terasa kenyang. Wajar jika di Indonesia banyak jenis beras yang beredar, dengan kualitas terbaik dan tentunya baik untuk kesehatan.

Tips Sebelum Pilih Merk Beras Terbaik

Tips Sebelum Pilih Merk Beras Terbaik

Membeli beras memang harus ekstra hati-hati, saat ini banyak beras palsu yang sudah dicampur dengan bahan berbahaya. Berikut ini beberapa tips untuk memilih beras berkualitas, enak dan juga menyehatkan.

1. Tempat Membeli

Belilah beras di tempat yang sudah dipercaya banyak orang, bisa minta referensi dari orang terdekat atau cek langsung ke toko tersebut untuk melihat bagaimana antusias orang berbelanja disana.

2. Tidak Rapuh

Coba cek beras yang akan dibeli, butirannya harus keras dan tidak mudah hancur saat ditekan menggunakan ujung jari. Jika hancur, maka indikasinya beras tersebut tidak baru atau kurang berkualitas.

3. Bersih

Lihat kebersihan beras yang akan dibeli, cek apakah masih ada sisa gabah hingga bebatuan yang masuk ke dalam tumpukan beras. Ini menjadi bukti bahwa proses pemilihan butiran beras, dilakukan hati-hati dan melewati proses yang bersih dan higienis.

4. Remas Bebas Pelicin

Coba remas contoh beras yang akan dibeli, apakah menempel di kulit tangan Anda atau tidak. Jika menempel maka ada indikasi beras tersebut sudah diberi zat pelicin, zat ini akan memberikan efek mengkilap pada beras tapi berbahaya bagi kesehatan.

5. Murah Bukan Jaminan

Membeli beras dengan harga murah tidak dilarang, tapi tentu harus Anda cek juga semua poin di atas sebelum menentukan pilihan.

10 Merk Beras Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Mungkin ada yang berpikiran beli beras kemasan itu terjamin kualitasnya, tapi tetap saja Anda perlu memilih mana beras yang tepat untuk dikonsumsi. Bukan hanya enak, tapi juga tidak mengandung zat berbahaya. 10 diantaranya adalah:

1. Sumo

Sumo

Beras dengan logo pesumo asal Jepang yang sedang makan nasi tersebut, merupakan salah satu yang direkomendasikan karena kebersihan berasnya terjaga. Anda tidak akan menemukan batu atau sisa pemisahan padi dengan kulitnya.

Beras ini juga dikenal enak dan tahan lama terlihat dari bentuknya yang putih, keras, dan tak mengandung bahan pewarna. Beras Sumo juga tergolong beras pulen, dengan pilihan jenis beras merah yang kandungan beras utuhnya mencapai 95 persen.

Ada juga dan beras kuning, Anda tinggal mau beli yang mana. Yang pasti produsen memastikan beras ini selalu baru, tidak pakai pestisida dalam budidayanya.

2. Topi Koki

Topi Koki

Ini merupakan merk beras yang cukup populer di Indonesia, jenis beras yang diproduksi juga beragam. Jadi bisa dipilih berdasarkan beras yang biasa Anda konsumsi di rumah, ada beras Pandan Wangi yang merupakan jenis beras pulen hingga Sentra Ramos.

Beda beras produksi Topi Koki dengan yang lain adalah, bentuk beras yang memanjang karena budidaya menggunakan bibit unggul. Anda juga bisa memilih ukuran kemasan dari yang palih kecil 5 kg hingga 25 kg.

3. Mentik Susu

Mentik Susu

Jika Anda ingin mencoba bagaimana rasanya beras Jepang ala Indonesia, bisa mengkonsumsi beras dari merk ini. Warnanya putih dengan tekstur yang lengket dan pulen setelah dimasak menjadi nasi.

Warna putih yang dihasilkannya, bukan karena tambahan bahan kimia tapi memang berasal dari bibit yang memiliki ciri khas putih. Cocok dikonsumsi untuk teman makan soto, sup, atau membuat bubur untuk buah hati tercinta.

4. Enak Tenan

Enak Tenan

Beras yang satu ini, sangat cocok untuk diolah menjadi nasi goreng. Dengan butiran beras yang sedang dan mudah empuk, membuat proses menanak nasi tak butuh air yang banyak seperti beras pada umumnya.

Beberapa keunggulan beras ini adalah, tidak mudah patah atau hancur saat dipegang dan punya sertifikasi untuk jenis beras pera terbaik. Kemasan yang rapi dan higienis, juga jadi alasan banyak orang memilihnya sebagai beras konsumsi di rumah.

5. Maknyus

Maknyus

Jika Anda ragu dengan beras-beras putih yang di jual di pasaran, akibat indikasi penggunaan bahan pengawet, pemutih, dan lainnya. Anda bisa beralih pakai beras yang satu ini, diklaim proses produksi hingga pengemasan tidak menggunakan pemutih.

Anda bisa lihat sendiri tekstur berasnya halus, warnanya putih bersih, dan saat digenggam tidak menempel pada kulit. Wajar kalau dijadikan pilihan beras enak dan sehat untuk Anda dan keluarga di rumah.

6. Sania

Sania

Awalnya merk beras ini dikenal sebagai produsen minyak goreng, tapi sekarang sudah memproduksi beras yang tak kalah berkualitas dan sehat jika dibandingkan beras pilihan lainnya.

Yang membuat Anda perlu mencobanya adalah, sistem ordernya menggunakan metode ala Jepang. Dimana beras akan dipersiapkan setelah dipesan, jadi dipastikan beras yang diberikan kepada pelanggan adalah beras baru dan masih sangat segar.

Soal rasa, tekstur, dan aroma beras juga masuk kategori terbaik. Jadi selain beli minyaknya, Anda juga bisa sekalian beli berasnya dan rasakan kenikmatan dan manfaatnya.

7. Lingkar Organik

Lingkar Organik

Mengantongi sertifikat beras organik dari lembaga kompeten, serat maksimal pada butiran beras, dan kandungan gizi yang cukup lengkap. Diantaranya kandungan vitamin B, mineral, dan zat penting yang juga akan membantu meminimalisir kolesterol juga membuat jantung sehat.

Beras merah terbaik yang diproduksi merk ini, sudah menjadi salah satu teman makan bagi masyarakat Indonesia. Terutama yang sedang diet atau dalam masa penyembuhan sakit.

8. Nusa Organik

Nusa Organik

Sama halnya dengan Lingkar Organik, beras Nusa Organik juga mengedepankan proses penanaman beras yang tidak menggunakan bahan kimia. Jadi, beras yang dihasilkan benar-benar alami dan bebas bahan kimia.

Beras ini juga masuk dalam daftar salah satu beras organik paling dicari, oleh banyak orang. Tentunya karena kualitas beras hingga kualitas nasi yang dihasilkan, dimana aromanya khas dan sangat enak dipadukan dengan berbagai jenis lauk.

9. Diabetasol

Diabetasol

Beras merah produksi merk Diabetasol, merupakan salah satu solusi tetap sehat sejak muda. Beras ini termasuk kategori beras sehat, kadar gulanya sangat rendah jadi aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kemasannya sangat cocok untuk dibawa kemana-mana, karena memiliki sistem perekatan yang kuat dan aman tidak mudah tumpah. Nasi hasil pengolahannya punya tekstur yang lembut dan tidak mudah bosan.

10. Anak Raja

Anak Raja

Kalau mau beras enak berkualitas, merk yang satu ini bisa jadi rekomendasi. Dibuat dari bibit padi yang terpilih, melalui proses yang higienis sehingga menghasilkan beras yang punya kriteria tepat bagi konsumen. Apalagi di Indonesia yang hampir semua orang makan nasi.

 

Anda sudah siap mengganti beras yang mungkin selama ini banyak dikomplain anggota keluarga? Cobalah salah satu dari 10 merk beras di atas. Pastinya tidak akan kecewa dengan rasa nasi yang dihasilkan, baik itu beras pulen hingga beras merah.

 

Referensi :

  1. topijelajah.com
  2. ktb-mitsubishimotors.co.id
  3. rsddrsoebandi.id
  4. starpetrochem.co.id
  5. kebangkitan-nasional.or.id

Tinggalkan komentar