Macam-Macam Bisnis, Apa Saja Ya?

Spread the love

Istilah bisnis memiliki arti sebagi kegiatan organisasi, yang dilakukan oleh individu maupun kelompok yang menjual produk atau jasa kepada masyarakat sebagai konsumen atau sesama pebisnis.

Macam-macam bisnis merupakan hal penting untuk diketahui jika ingin memulai suatu bisnis.

Berikut Daftar Macam-Macam Bisnis

1. Bisnis Manufaktur

macam-macam analisis bisnis

Manufaktur merupakan bisnis yang memproduksi produk, dimana produk tersebut awalnya berupa bahan mentah kemudian diproses menjadi bahan jadi, lalu dijual untuk mendapat keuntungan. Contoh perusahaan manufaktur adalah : perusahaan yang memproduksi produk fisik misalnya pipa.

Ciri bisnis manufaktur antara lain : adanya proses pengolahan produk yang membutuhkan waktu dan tenaga kerja yang cukup besar. Serta menggunakan mesin produksi berskala besar.

Dalam bisnis manufaktur meskipun umumnya menggunakan mesin produksi yang canggih, tetap memerlukan tenaga manusia. Tenaga kerja manusia dalam bisnis manufkatur memiliki tanggung jawab tersendiri dalam memperlancar usaha manufaktur tersebut.

Misalnya ada Operator produksi yang bertugas mengoperasikan mesin produksi sesuai standar. Ada bagian QC untuk menjaga dan mengecek kualitas produk, dan lain-lain.

2. Bisnis Jasa

macam macam aktivitas bisnis

Bisnis jasa ialah bisnis yang mendapat keuntungan dengan meminta bayaran atas jasa yang telah diberikan, dan sesuai dengan kesepakatan.

Contoh dari bisnis jasa adalah : konsultan bisnis, dan psikolog.

3. Bisnis Pertanian dan Pertambangan

macam macam bisnis properti

Bisnis ini memproduksi barang-barang mentah tanaman, serta mengolah bahan mentah mineral di area pertambangan.

Adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang. Baik bisnis pertanian maupun pertambangan memanfaatkan sumber daya dari bumi.

4. Bisnis Financial

macam macam bidang bisnis

Bisnis finansial atau keuangan adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan modal yang dikelola. Bisnis finansial saat ini semakin bertumbuh pesat, seiring berkembangnya zaman semakin banyak orang atau perusahaan yang melek investasi.

5. Bisnis Informasi

macam macam bisnis beserta kelebihan dan kekurangannya

Bisnis informasi memperoleh keuntungan dari penjualan berupa intelektual properti.

6. Utilitas

macam macam bisnis online

Merupakan bisnis yang member pelayanan jasa untuk publik, misalnya listrik dan air. Biasanya bisnis utilitas di danai oleh pemerintah.

7. Bisnis Properti/Real Estate

macam macam bisnis anak sekolahan

Bisnis ini memperoleh keuntungan dengan menyewakan dan mengembangkan properti, misalnya adalah properti rumah.

Bisnis properti di masa sekarang semakin menggiurkan. Apalagi harga property rumah yang semakin tahun semakin naik, memberikan harga kompetitif termasuk strategi untuk bisnis property yang berhasil.

8. Bisnis Transportasi

macam macam bisnis ritel

Bisnis ini memperoleh keuntungan dengan cara mengantarkan barang dari suatu lokasi ke lokasi lain. Tidak hanya barang, bisnis transportasi juga mengantarkan individu.

9. Bisnis Online

macam macam usaha asuransi

Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan akses internet. Berbagai macam barang bisa diperjualbelikan dalam bisnis online, hampir sama seperti bisnis offline.

Saat ini, bisnis online semakin gencar digeluti oleh berbagai kalangan. Dari kalangan mahasiswa sampai ibu rumah tangga sudah banyak yang menggeluti bisnis online.

Keuntungan yang diperoleh dari bisnis online memang tidak bisa disepelekan. Tidak kalah besar atau bahkan lebih besar dari bisnis toko offline

Dalam bisnis online dikenal pula istilah dropshipper dan reseller. Kedua sistem tersebut termasuk bisnis online yang banyak digeluti, karena modal yang dikeluarkan sedikit dan sedikit resiko untuk sistem dropship.

Supaya mulai bisa berbisnis online, banyak sekali platform media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Misalnya lewat Facebook, Whatsapp, Instagram, ataupun lewat website.

10. Bisnis MLM

macam macam usaha anak muda

MLM merupakan singkatan dari Multi Level Marketing. Dimana dalam bisnis ini strategi pemasaran dilakukan secara berantai.

Banyak orang yang terlanjur beranggapan negatif terhadap bisnis MLM. Padahal masih ada bisnis MLM yang memberikan keuntungan asalkan teliti dalam memilih.

Penjual atau sales tidak cuma mendapatkan komisi atas penjualan produk, melainkan juga atas hasil penjualan produk sales lain yang mereka rekrut. Dalam bisnis MLM ini terdapat istilah “up line” dan “down line”.

Dalam bisnis MLM, istilah “upline” mengharuskan untuk mencari downline sebanyak mungkin. Supaya keuntungan yang diperoleh pun semakin banyak.

11. Bisnis Retail

macam macam bisnis rumahan

Bisnis ritel adalah bisnis dimana seluruh kegiatan dalam penjualan barang dilakukan secara langsung ke konsumen akhir. Produk tersebut digunakan untuk pemakaian pribadi, bukan untuk penggunaan bisnis.

Banyak orang beranggapan kalau bisnis ritel hanya menjual produk yang tersedia di toko. Padahal bisnis ritel juga termasuk pelayanan yang di antar ke rumah konsumen, jadi tidak cuma barang yang dijual di toko.

12. Bisnis Franchise

macam macam bisnis baru

Bisnis franchise merupakan bisnis yang erat kaitannya dengan pihak yang diberi hak untuk memanfaatkan HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual.

Pengertian lainnya adalah bisnis yang terdapat ciri khas usaha yang dimiliki suatu pihak, kemudian diberi imbalan berdasarkan persyaratan yang telah disepakati untuk penyediaan barang atau jasa. Di Indonesia, franchise dikenal di dunia bisnis sebagai bisnis waralaba.

Ada banyak sekali jenis franchise yang berkembang saat ini. Dari mulai di bidang makanan sampai pengiriman barang.

13. Bisnis Rumahan

macam macam bisnis jasa

Bisnis rumahan memiliki ciri biasanya menggunakan modal yang minim atau pas-pasan. Jenis usaha rumahan memang cukup menarik, banyak jenis bisnis yang bisa dimulai dari rumah.

Banyak orang enggan berbisnis karena terkendala modal, bisnis rumahan bisa menjadi solusi. Bisnis rumahan dikenal pula sebagai usaha kecil menengah, dimana untuk memulainya tidak perlu mengeluarkan modal selangit.

Untuk memulai bisnis rumahan bisa dengan modal bahkan di bawah lima juta rupiah. Bisnis rumahan tidak bisa dianggap remeh, karena walaupun modalnya kecil, usaha ini berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

14. Bisnis Start Up

macam macam bisnis digital

Start up sendiri memiliki arti sebuah perusahaan yang  baru dirintis. Artinya, perusahaan tersebut belum terlalu lama beroperasi, bisnis jenis ini termasuk jenis bisnis di Indonesia yang sangat populer.

Sebagian besar perusahaan start up berupa perusahaan yang baru didirikan dan masih dalam proses pengembangan (development). Perusahaan tersebut masih meneliti untuk mendapatkan target pasar yang tepat sehingga keuntungan yang besar pun bisa didapatkan.

Istilah start up semakin terkenal luas pada masa gelembung dot-com, dalam periode tersebut banyak perusahaan-perusahaan didirikan secara bersamaan. Sehingga istilah start up makin populer secara internasional.

Pada dasarnya perusahaan start up identik dengan teknologi, bisnis yang bergerak di bidang teknologi, internet, dan yang berhubungan di dalamnya. Awal perkembangan bisnis start up adalah saat akhir 1900an hingga 2000an.

15. Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan bisnis yang canggih. Bisnis ini memanfaatkan keterampilan di bidang teknologi dan informatika, juga perangkat komputer.

Bisnis digital dalam praktiknya membutuhkan akses internet, bisnis ini sangat berkembang pesat saat ini seiring makin pesat pula perkembangan internet. Bisnis digital semakin gencar digeluti seiring semakin bertambahnya pengguna internet.

Macam-macam bisnis yang menjanjikan memang ada banyak sekali, Untuk memulai suatu jenis bisnis tentunya diperlukan perencanaan yang jelas, sehingga bisnis bisa menjadi terarah dan memiliki pedoman. Untuk itu, mempersiapkan bisnis plan yang baik juga tidak boleh ketinggalan setelah memahami jenis-jenis bisnis.

Tinggalkan komentar