7 Kultum Ramadhan Singkat dengan Berbagai Tema

Spread the love

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling istimewa. Bulan ini adalah bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan, sehingga seluruh umat Islam dianjurkan untuk berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, misalnya kultum. Kultum ramadhan singkat merupakan salah satu kebiasaan positif yang dilakukan setelah subuh, waktu sahur dan menjelang berbuka puasa.

Kultum atau biasanya juga disebut dengan kuliah tujuh menit biasanya berisi tentang materi-materi keagamaan yang diulas secara singkat. Berbagai macam tema mengenai keagamaan dapat kamu jadikan sebagai materi dalam hal ini. Dibawah ini terdapat beberapa contoh kultum yang dapat kamu jadikan referensi.

Kumpulan Kultum Ramadhan Singkat dengan Berbagai Tema

1. Hikmah Sahur saat Ramadhan

Hikmah-Sahur-saat-Ramadhan

“Bicara tentang ramadhan, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas tentang makan sahur. Kalau ngomongin makan sahur, pasti teringat dengan masa kecil. Kita selalu merengek karena ngantuk banget pada waktu sahur. Tapi orang tua kita tetap sabar untuk membangunkan kita. Pada saat itu kita semua belum mengerti apa itu sahur dan hikmah dari menjalankannya.

Selain membuat kita kenyang dan siap menjalankan ibadah puasa di pagi harinya, terdapat hikmah lainnya yang sangat menguntungkan kita semua. Semoga dengan mengetahui hikmah melaksanakan makan sahur kita semua jadi tidak malas-malasan untuk melaksanakannya, tidak ada lagi alasan ngantuk atau alasan lainnya.

Baik mari kita ulas secara singkat, padat dan jelas tentang hikmah makan sahur saat ramadhan. Hikmah pertama adalah membantu kita semua untuk menjalankan puasa karena dengan makan sahur dapat mengurangi beban puasa dan rasa lapar. Selain itu hal ini juga dapat menghindarkan kita dari perilaku buruk seperti emosi yang berlebihan, karena biasanya perut kosong dapat memicu emosi yang berlebih.

Tidak hanya menjadikan kita lebih siap menjalankan puasa, melaksanakan makan sahur juga membuat kita tidak akan terlambat menjalankan ibadah sholat subuh. Jadi ketika kita makan sahur menjelang waktu subuh, maka kita dapat menjalankan sholat subuh di awal waktu. Kalian semua tahu bukan, apabila kita menjalankan sholat diawal waktu pahala kita juga bertambah.

Apa lagi hikmah melaksanakan makan sahur? Hikmah lainnya adalah mendapatkan shalawat dari Allah SWT dan para malaikat-Nya, Subhanallah maha besar Allah. Melaksanakan sahur saja sudah sangat nikmat bagi kita, sudah diberi nikmat ditimpa pula dengan nikmat yang lain. Sungguh Allah adalah sebai-baiknya pemberi nikmat yang luar biasa.”

2. Hikmah Bulan Penuh Keberkahan

Hikmah-Bulan-Penuh-Keberkahan

“Bapak-ibu yang dirahmati Allah, bulan istimewa yang memiliki nama Ramadhan datangnya hanya sekali dalam setahun. Sekalinya datang menyapa kita semua, rasanya ia cepat berlalu bagaikan MRT Jakarta. Tentu saja kita semua sebagai umat muslim yang mengharapkan rahmat dan ridho Allah SWT tidak ingin melewatkan bulan ramadhan dengan sia-sia.

Salah satu cara untuk tidak melewatkan ramadhan dengan sia-sia adalah meningkatkan ibadah dan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Banyak dari umat muslim yang berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan ibadah dan berlomba-lomba untuk memperbaiki diri masing-masing. Tapi, apakah bapak-ibu semua tahu hikmah yang hadir di balik ramadhan?

Hal inilah yang perlu bapak-ibu ketahui, karena saya yakin dengan mengetahui ini semangat untuk meraih pahala dari Allah SWT semakin memuncak dan ibadah yang selama bulan ramadhan ini kita tidak sia-sia. Nah, hikmah dari bulan ramadhan yang paling dapat dirasakan oleh umat muslim semua adalah dapat melatih kita dalam hal keikhlasan.

Apa yang diwajibkan saat bulan ramadhan datang bapak-ibu? Iya betul, puasa. Kita semua dituntut untuk ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa, kita harus ikhlas menahan nafsu lahir maupun batin agar ibadah puasa kita tetap terjaga dari perkara yang membatalkannya. Dan jangan lupa untuk meluruskan niat bahwa puasa kita hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Hikmah keduanya ialah bulan ramadhan dapat melatih kita semua untuk senantiasa istiqomah dalam menjalankan ibadah ataupun kebaikan-kebaikan lainnya. Hal ini memang tidak pernah kita sadari bapak-ibu, tapi coba pikirkan kembali bahwa selama sebulan penuh kita harus menahan lapar. Bagi bapak-bapak pasti juga berat karena harus bekerja, tetapi seberat apapun kita tetap melaksanakannya.

Hal inilah yang kemudian mengajarkan kita untuk istiqomah, meskipun berat untuk dilakukan tapi kita tetap berjuang untuk menjalankannya. Semoga dengan kita mengetahui hikmah bulan penuh berkah ini, semangat kita untuk beribadah semakin menggebu-gebu.”

3. Malam Lailatul Qadar

Malam-Lailatul-Qadar

“Siapa yang tidak tahu tentang malam paling istimewa dari 1000 bulan? Benar sekali, malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar yang selalu kita nantikan kedatangannya di bulan ramadhan. Sesungguhnya malam tersebut ialah malam yang penuh kemuliaan, bahkan Allah SWT memberikan banyak keistimewaan untuk malam tersebut.

Di malam Lailatul Qadar Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW yang di peruntukkan sebagai kitab suci umat Islam. Hal ini tercantum dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 185 dan perkataan yang disampaikan oleh Ibnu Abbas Radhiallahu ‘anhu.   Pasti diantara kalian yang ada di sini ada yang memiliki pertanyaan, kenapa namanya Lailatul Qadar.

Jawabannya adalah karena malam tersebut ialah malam dengan nilai keagungan dan memiliki banyak keutamaannya di sisi Allah Ta’ala. Tidak hanya itu, malam tersebut dinamakan Lailatul Qadar karena pada saat itu juga ditentukan segala hal tentang ajal dan rizki serta hal lainnya selama satu tahun. Hal ini seperti firman Allah dalam surat Ad-Dukhaan ayat 4.

Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan yang kita peroleh untuk bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Agar kesempatan ini tidak sia-sia, marilah lakukan amalan-amalan yang bisa dilakukan di malam penuh keberkahan ini. Saat malam Lailatul Qadar nanti, marilah kita beritikaf di masjid. Untuk melakukan

I’tikaf di masjid kalian harus memenuhi syarat-syaratnya antara lain beragama Islam, jadi yang melaksanakan ini harus muslim dan muslimah. Syarat kedua adalah baligh, berniat sungguh-sungguh dan melakukannya di masjid. Jika tidak bisa melakukan i’tikaf kita bisa menggantinya dengan membaca Al-Quran alias tadarus.

Amalan selanjutnya jangan sampai dilewatkan ya, yaitu menunaikan sholat malam. Sholat ini dilaksanakan saat tengah malam atau menjelang waktu sahur. Dengan menjalankan sholat malam, maka kita akan berpeluang untuk mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar. Maka dari itu marilah kita semua fokus untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada yang Maha Kuasa.”

4. Amalan-amalan yang Menyempurnakan Puasa

Amalan-amalan-yang-Menyempurnakan-Puasa

“Jamaah sekalian yang berbahagia,bulan istimewa ini adalah waktu yang sangat penting dan merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Maka dari itu, sudah seharusnya kita semua mengisi hari-hari dengan perbuatan yang bermanfaat. Baik itu bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

Jamaah semua yang ada di sini, pasti sangat ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Nah, untuk mendapatkannya saya akan membagikan tips jitunya. Pada kesempatan ini saya akan memberitahukan kepada jamaah semua tentang amalan-amalan utama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Amalan pertama yang dapat jamaah sekalian lakukan selama bulan Ramadhan adalah membaca Al-Quran. Ketika ramadhan datang pasti banyak di antara kalian yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dari pengeras suara di masjid-masjid terdekat. Benar sekali, itu suara anak-anak atau orang-orang yang bertadarus di masjid.

Hal tersebut dikarenakan membaca Al-Quran di bulan ramadhan merupakan suatu amalan yang pahalanya sangat besar dan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Jadi, tidak akan merugi bagi mereka semua yang membaca Al-Quran ketika bulan ramadhan.

Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW bahwa, seseorang yang membaca satu huruf saja dalam Al-Quran maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan kebaikan tersebut nantinya akan dibalas dengan sepuluh kali lipat kebaikan pula. Jadi setelah ini nanti para jamaah harus berlomba-lomba untuk mendapatkan kebaikan dengan membaca Al-Quran.

Lalu apa lagi ustad amalan lainnya? Amalan utama yang sangat mudah dilaksanakan tapi godaannya luar biasa adalah mendirikan sholat malam. Mengapa godaannya luar biasa? Soalnya kalau mata sudah terpejam, akan sulit sekali terbuka apalagi kalau tidak berniat untuk melaksanakan sholat malam. Mau membuka mata saja, rasanya seperti mau membuka peti besi yang beratnya berton-ton.

Setelah ini jamaah semua, kalau mau tidur niat terlebih dahulu. Niat untuk terbangun di sepertiga malam untuk menjalankan ibadah sholat malam. Insyaallah niat itu nantinya akan membangunkan kalian semua, matanya jadi segar dan dapat melaksanakan sholat malam.”

5. Kewajiban Membayar Zakat Fitrah

Kewajiban-Membayar-Zakat-Fitrah

“Di bulan ramadhan, ibadah satu-satunya yang harus dikerjakan tidaklah hanya berpuasa. Di bulan penuh berkah ini kita juga diwajibkan untuk menjalankan zakat fitrah. Ibadah ini merupakan ibadah wajib untuk seluruh umat islam yang ada di dunia. Anda sudah tahu apa itu zakat fitrah? Ya betul, zakat yang dibayar pada di bulan ramadhan tetapi tidak sampai masuk bulan syawal.

Tapi lebih tepatnya, zakat fitrah merupakan zakat diri yang diwajibkan untuk dibayar oleh individu dengan tujuan untuk mensucikan diri. Mengapa digunakan untuk mensucikan diri? Hal ini dikarenakan dalam setiap harta yang dimiliki oleh manusia ada sebagian hak bagi orang lain. Maka dari itu, tidaklah ada alasan apapun bagi hamba Allah SWT untuk tidak membayar zakat.

Nah, tadi ada yang bertanya kapan waktu yang pas untuk membayar zakat? Zakat fitrah dapat dibayarkan di sepanjang bulan ramadhan tetapi tidak boleh sampai melewati waktu Sholat Idul Fitri. Akan tetapi waktu yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah ialah di akhir ramadhan sebelum menunaikan sholat Idul Fitri.

Bagaimana kalau sampai melewati batas waktu yang telah ditentukan? Jika kita membayar zakat melewati waktu yang telah ditentukan, maka zakat fitrah yang kita bayarkan akan menjadi sedekah biasa seperti hari-hari biasa. Jadi bayar zakatnya jangan sampai terlambat ya, biar tetap menjadi zakat fitrah yang dapat mensucikan diri kita masing-masing.”

6. Keutamaan 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan

Keutamaan-10-hari-terakhir-di-Bulan-Ramadhan

“Hadirin yang berbahagia, tahukah Anda semua bahwa bulan ramadhan itu terdiri dari 3 bagian? Hal ini merupakan pembagian yang dilakukan oleh sebagian ulama. Bagian pertama adalah 10 hari pertama yang disebut dengan fase rahmat, kemudian 10 hari selanjutnya merupakan fase maghfiroh. Sedangkan 10 hari terakhir merupakan fase terakhir, disebut dengan fase pembebasan dari panasnya api neraka.

Nah, di fase terakhir inilah kita harus berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah kita untuk mendapatkan pembebasan dari api neraka. Akan tetapi lebih baik ibadahnya ditingkatkan dari awal puasa, agar semua manfaatnya dapat kita rasakan.

Bicara tentang fase terakhir ramadhan yaitu 10 hari terakhirnya, Rasulullah SAW sebagai suri tauladan yang terbaik selalu memaksimalkan ibadah beliau di fase ini. Beliau sangat bersemangat, bahkan beliau juga membangunkan istri serta anak-anaknya untuk menjalankan ibadah bersama. Rasulullah SAW saja bersemangat untuk menjalankan ibadah di fase terakhir ini, jadi kita juga harus bersemangat.

Sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan banyak sekali keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan ibadah secara sungguh-sungguh. Salah satu keutamaan fase terakhir ini adalah turunnya Lailatul Qadar, Malam tersebut ialah malam yang selalu dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia, sebab Lailatul Qadar adalah sebaik-baiknya malam dibandingkan dengan seribu bulan.

Oleh sebab itu, seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan Lailatul Qadar dengan bangun ketika malam hari dan melaksanakan I’tikaf di masjid-masjid terdekat. Mereka semua mengharapkan rahmat dan ridho dari Allah SWT. Ketika i’tikaf di masjid, hadirin sekalian tidak harus melakukan sholat lailatul qadar saja.

Sambil menunggu waktu sholat tiba hadirin semua bisa mengisinya dengan membaca Al-Quran, dzikir, dan amalan-amalan lainnya yang sekiranya bisa Anda lakukan. Fase akhir bulan ramadhan sangatlah sayang untuk dilewatkan, jika melewatkannya bisa-bisa kita rugi besar. Jadi di fase akhir bulan ramadhan nanti, marilah kita berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah.”

7. Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan-Bersedekah-di-Bulan-Ramadhan

“Selama bulan ramadhan, pernahkah Anda semua yang ada di sini bersedekah? Kalau belum, pulang dari sini langsung sedekah ya. Mengapa harus? Karena bersedekah di bulan ramadhan ini akan membuat Anda semua mendapatkan pahala yang luar biasa besar dari Allah SWT. Tenang saja, jangan takut buntung hanya karena bersedekah. Karena bersedekah malah membuat kita semua untung.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahukan informasi yang sangat penting tentang keutamaan bersedekah di bulan ramadhan. Apa sih keutamaan melakukan sedekah? Pertama adalah memperoleh ampunan terhadap dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Kalian harus tahu kalau bersedekah adalah salah satu cara seorang muslim untuk menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.

Keutamaan yang kedua adalah membuat harta yang kita punya lebih berkah. Dengan bersedekah tidak akan membuat harta benda yang kita punya berkurang atau malah habis, bahkan harta kita akan semakin bertambah. Karena semua yang kita sedekahkan akan dikembalikan oleh Allah SWT dengan berlipat-lipat ganda. Tidak hanya itu saja, Allah akan memberikan kita pahala yang double.

Orang-orang yang bersedekah kepada sesama yang membutuhkan dapat membebaskan kita dari siksa kubur. Sedekah yang dilakukan di dunia akan membantu kita di alam kubur dengan memadamkan api yang menyiksa jasad kita. Allah SWT sangatlah baik kepada orang-orang yang bersedekah, Allah menjanjikan jaminan surga bagi kita yang bersedekah.

Bahkan di surga telah disiapkan pintu khusus yang diperuntukan sebagai jalan untuk orang-orang yang gemar bersedekah. Jadi nanti ketika kita dimasukkan ke surga oleh Allah, dan selama kita di dunia senang bersedekah maka kita tidak perlu antri lagi karena sudah disediakan pintu khusus. Maka dari itu marilah kita bersedekah dengan ikhlas agar Allah memberikan kenikmatan yang tiada tara pada kita.”

Contoh kultum ramadhan singkat di atas dapat kamu jadikan referensi jika kamu mendapatkan kesempatan untuk ceramah di bulan ramadhan nanti.

Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, kritik atau saran di kolom komentar ya.

Tinggalkan komentar