Kingdom Protista: Adalah, Jenis, Ciri, Struktur, Klasifikasi, Contoh!

Apakah kamu pernah menganggap bahwa Amoeba merupakan sejenis bakteri? Ataukah menganggap ganggang yang berada di perairan sebagai kelompok tumbuhan?

Ups. Kamu salah! Ternyata keduanya merupakan anggota dari kingdom Protista. Yuk, kita kupas tuntas mengenai kingdom Protista biar tidak salah lagi ya.

Pengertian Kingdom Protista

kingdom protista yang begitu beragam memiliki persamaan antara anggotanya yaitu contains
Source: thought.co

Dalam sistem klasifikasi lima kingdom yang disusun oleh Whittaker, Protista dibahas sebagai kingdom tersendiri.

Protista merupakan suatu kelompok organisme eukariotik yang disusun oleh satu sel (uniseluler) ataupun banyak sel (multiseluler) dan tidak memiliki jaringan yang sebenarnya.

Jenis Kingdom Protista

kingdom protista yang begitu beragam memiliki persamaan antara anggotanya yaitu
Source: youtube.com

Kingdom Protista merupakan satu-satunya kingdom yang karakteristik anggotanya terlihat menyerupai anggota kingdom lain. Berdasarkan hal tersebut, kingdom Protista dibagi menjadi tiga jenis yakni sebagai berikut:

  • Protista mirip hewan
  • Protista mirip tumbuhan
  • Protista mirip jamur

Ciri-Ciri Kingdom Protista

contoh kingdom protista
Source: fossiiil.id
  1. Terdiri atas satu sel (uniseluler) atau banyak sel (multiseluler)
  2. Merupakan organisme eukariotik karena memiliki membran inti
  3. Bentuk sel umumnya tetap kecuali pada Rhizopoda memiliki bentuk sel yang selalu berubah-ubah
  4. Memiliki inti berjumlah satu atau lebih (seperti pada Ciliata) dan tidak memiliki organ atau jaringan
  5. Hidup secara bebas dan berinteraksi dengan organsime lainnya secara komensalisme (Plasmodiumyang berkembang di tubuh nyamuk Anopheles), mutualisme (Flagellata yang menghasilkan enzim selulase dalam tubuh rayap), atau parasitisme (Jamur air Saprolegniayang menempel pada tubuh ikan)
  6. Beberapa anggota memiliki alat gerak seperti kaki semu (pseudopodia), rambut getar (silia), dan bulu cambuk (flagelum)
  7. Merupakan organisme nonfotosintetik dan fotosintetik
  8. Bersifat holozoik (memakan organisme hidup lain), saprozoik (memakan organismeyang telah mati), holofitik atau autotrof (dapat membentuk makanan sendiri melalui fotosintesis), dan saprofitik (menyerap zat yang terlarut di sekitarnya).
  9. Bereproduksi secara vegetatif dan generatif

Struktur Kingdom Protista

Anggota kingdom Protista selain berbeda dalam hal morfologi dan cara hidup, anggota kingdom ini pun memiliki struktur tubuh yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berikut merupakan pemaparan mengenai struktur dari tiap anggota kingdom Protista:

1. Protista mirip hewan

kingdom protista biologi
Source: biologywise.com

Protista mirip hewan atau yang lebih dikenal dengan istilah Protozoa umumnya terdiri dari satu sel (uniseluler). Berbeda halnya dengan bakteri, Protozoa sudah memiliki berbagai komponen dan organel sel yang lengkap.

Organel yang khas dari Protozoa adalah vakuola makanan yang berfungsi untuk mencerna makanan dan vakuola kontraktil yang berfungsi sebagai alat ekskresi.

2. Protista mirip tumbuhan

kingdom protista klas 11
Source: lumenlearning.com

Anggota Protista mirip tumbuhan terdiri atas satu sel (uniseluler) maupun banyak sel (multiseluler). Di dalam selnya mengandung kloroplas sehingga anggota protista ini mampu berfotosintesis.

Selain itu, terdapat organel pirenoid yang berfungsi sebagai tempat penyimpan cadangan makanan.

3. Protista mirip jamur

kingdom protista benefits
Source: alamy.com

Anggota Protista mirip jamur memiliki struktur dan fungsi tubuh yang mirip dengan kingdom Fungi namun dalam versi mikroskopik.

Struktur khas yang dimiliki Protista mirip jamur adalah sporangium yang berfungsi sebagai struktur penghasil spora.

Klasifikasi Kingdom Protista

1. Protista mirip hewan

a. Rhizopoda (Sarcodina)

kingdom protista mirip hewan rhizopoda
Source: uottawa.ca

Rhizopoda berasal dari kata rhizo yang artinya akar dan podos yang artinya kaki. Sesuai dengan namanya, keseluruhan anggota Rhizopoda bergerak dengan cara menjulurkan sitoplasmanya membentuk pseudopodia atau kaki semu.

Selain berfungsi sebagai alat gerak, pseudopodia dapat digunakan sebagai alat untuk menangkap mangsa. Contoh organisme yang termasuk Rhizopoda adalah Amoeba proteus, Radiolaria, dan Foraminifera.

b. Ciliata (Ciliophora)

kingdom protista apa saja
Source: alamy.com

Ciliata berasal dari bahasa latin cilia yang artinya rambut kecil. Silia menutupi seluruh permukaan sel pada Ciliata. Peran silia yang utama adalah sebagai alat gerak, namun silia pun dapat digunakan sebagai alat bantu untuk makan.

Ciri khas yang dimiliki Ciliata adalah adanya dua inti dalam satu sel yakni mikronukleus dan makronukleus. Paramaecium caudatummerupakan contoh ciliata yang hidup bebas, sedangkan Balantidium coliadalah contoh ciliata yang hidup sebagai parasit.

c. Flagellata (Mastigophora)

kingdom protista struktur
Source: news.psu.edu

Flagellata berasal dari bahasa latin flagell yang artinya cambuk. Flagel yang dimiliki oleh setiap individu Flagellata adalah 2 flagellum. Letak dari kedua flagellum tersebut bisa dibagian depan (anterior) maupun belakang (posterior).

Flagellum yang berada di bagian depan akan bergerak seperti menraik sel sedangkan flagellum yang berada di bagian belakang bergerak seperti mendorong. Contoh organisme Flagellata adalah Trypanosoma bruceipenyebab penyakit tidur di Afrika.

d. Sporozoa (Apicomplexa)

kingdom protista diagram
Source: sideplayer.com

Sporozoa merupakan satu-satunya dari kelompok Protozoa yang tidak memiliki alat gerak. Sporozoa berasal dari bahasa Yunani spore yang artinya biji dan zoa yang artinya hewan.

Dalam salah satu siklus hidupnya, Sporozoa memiliki bentuk seperti spora. Seluruh anggota dari Sporozoa bersifat parasit terhadap organisme lain. Contoh organsime Sporoza yang paling terkenal adalah Plasmodium sebagai penyebab penyakit malaria.

2. Protista mirip tumbuhan

a. Euglenoid (Euglenophyta)

kingdom protista yang begitu beragam memiliki persamaan antara
Source: youtube.com

Euglenoid merupakan anggota Protista mirip tumbuhan yang terdiri atas satu sel (uniseluler). Tidak seperti ciri umum kelompok Protista mirip tumbuhan lainnya yang cenderung sesil, Euglenoid memiliki alat gerak flagelum sehingga dapat bergerak berpindah.

Salah satu ciri khas yang dimiliki Euglenoid adalah bintik mata yang berperan sebagai fotoreseptor sehingga Euglenoid dapat berpindah menuju arah cahaya untuk berfotosintesis. Euglena viridis merupakan contoh dari Euglenoid.

b. Ganggang keemasan (Chrysophyta)

kingdom protista answer key
Source: youtube.com

Ganggang keemasan memiliki pigmen dominan karoten berupa santofil (keemasan). Pigmen lainnya yang dimiliki Chrysophyta adalah fukosantin, klorofil a, dan klorofil c.

Ciri khas yang dimiliki oleh Chrysophyta adalah adanya struktur hipoteka (dasar) dan epiteka (penutup) pada dinding selnya. Chrysophyta yang terdiri atas satu sel (uniseluler) dan bersifat soliter adalah Ochromonas sedangkan Chrysophyta yang terdiri atas banyak sel (multiseluler) adalah Vaucheria.

c. Ganggang api (Pyrrophyta)

kingdom protista are
Source: pinterest.com

Ganggang api atau Pyrrophyta merupakan ganggang uniseluler yang bersifat fotosintetik. Namun tahap tertentu dalam hidup Pyrrophyta bersifat parasit. Secara umum, pigmen yang dimiliki oleh Pyrrophyta adalah klorofil a dan c, santofil, dinosantin, dan fikobilin.

Istilah ganggang api digunakan karena beberapa spesies Pyrrophyta mampu berpendar dan pada musim tertentu bisa menyebabkan terjadinya red tidesehingga air laut berwarna merah.  Contoh Pyrrophyta adalah Gonyaulax dan Noctiluca scintillans.

d. Ganggang hijau (Chlorophyta)

kingdom protista explanation
Source: 123rf.com

Ganggang hijau atau Chlorophyta memiliki pigmen dominan berwarna hijau (klorofil) berjenis klorofil a dan klorofil b. Klorofil b tidak ditemukan pada jenis ganggang lain, sehingga menjadi ciri khas dari Chlorophyta.

Selain Euglenoid, Chlorophyta uniseluler pun memiliki alat gerak berupa flagellum sehingga dapat berpindah tempat. Contoh Chlorophyta adalah Ulva lactuca, Halimeda, dan Spirogyra.

e. Ganggang coklat (Phaeophyta)

kingdom protista jenisnya
Source: flickr.com

Ganggang coklat atau Phaeophyta merupakan jenis ganggang yang pigmen dominannya adalah turunan dari karoten yakni fukosantin. Klorofil a, klorofil c, dan santofil tertutup oleh pigmen dominan fukosantin sehingga ganggang pun menjadi berwarna coklat.

Sebagian besar Phaeophyta adalah multiseluler dengan panjang talus dapat mencapai 50 meter. Contoh Phaeophyta adalah Sargassum, Laminaria, Fucus,dan Turbinaria.

f. Ganggang merah (Rhodophyta)

kingdom protista adalah
Source: southafrseaweeds.com

Ganggang merah atau Rhodophyta memiliki pigmen dominan fikobilin dengan turunan fikoeritrin (pigmen merah). Selain fikoeritrin sebagai pigmen dominan, Rhodophyta pun memiliki pigmen lain yakni klorofil a, klorofil d, karoten, dan fikosianin (pigmen biru) sehingga warnanya menjadi ungu merah kehitaman.

Eucheuma spinosum, Gelidium, Gigartina, dan Gracillariaadalah contoh dari Rhodophyta.

3. Protista mirip jamur

a. Jamur air (Oomycota)

kingdom protista dalam biologi
Source: en.wikipedia.org

Sekitar 580 jenis Oomycota merupakan organisme pengurai di badan perairan. Kebanyakan spesies Oomycota hidup bebas dan mendapatkan nutrisi dengan memakan sisa makanan seperti organisme mati.

Beberapa diantaranya bersifat parasit seperti Saprolegnia yang merupakan parasit pada tubuh ikan dan Phytophthora infestans penyebab penyakit busuk layu pada kentang dan tomat.

b. Jamur lendir (Myxomycota)

kingdom protista pdf
Source: scientificamerican.com

Sesuai dengan namanya, jamur lendir atau Myxomycota merupakan kelompok protista mirip jamur yang mampu membentuk massa yang berlendir. Hal ini disebabkan pada sebagian siklus hidupnya, terdapat sel yang dapat hidup secara bebas seperti Amoeba.

Sel tersebut merupakan predator fagosit bagi bakteri, spora, hama, dan berbagai komponen organik lainnya. Contoh organisme yang termasuk Myxomycota adalah Dictyostelium discoideum.

Peranan Protista dalam Kehidupan Manusia

No. Jenis Manfaat
1. Foraminifera Cangkang dan kerangka dari Foraminifera dapat menjadi petunjuk keberadaan minyak
2. Radiolaria Kerangka dari Radiolaria jika mengendap di dasar laut dapat digunakan sebagai alat gosok
3. Chlorella Dapat dijadikan sumber makanan seperti suplemen bergizi tinggi
4. Ulva lactuca Dapat dijadikan sumber makanan berupa sayur
5. Rhodophyta Eucheuma dan Gellidium dapat digunakan sebagai penghasil gelatin untuk membuat agar-agar
6. Diatom Sisa cangkang diatom di tanah dapat digunakan sebagai bahan peledak
7. Laminaria lavaniea Dapat dimanfaatkan sebagai pupuk dan makanan ternak karena mengandung kalium
8. Laminaria digitalis Dapat dimanfaatkan sebagai penghasil yodium
9. Macrocystis Dapat dimanfaatkan sebagai penghasil asam alginat yang digunakan untuk bahan pengental di industri
10. Paramaecium Sebagai bioindikator air bersih

Nah seperti itulah penjelasan mengenai kingdom Protista.

Jadi sekarang seharusnya sudah bisa membedakan kingdom Protista dengan kingdom lainnya ya!

Daftar Pustaka:

Aryulina, D., Muslim, C.. Manaf, S., dan Winarni E. W. (2007). Biologi Kelas X. Jakarta: Erlangga

Tinggalkan komentar