Keanekaragaman Gen : Pengertian, Faktor, dan Contohnya Lengkap!

Saat Kamu belajar biologi, kamu akan belajar untuk melihat dunia secara lebih luas dan sadar bahwa ada banyak makhluk hidup yang hidup di sekitarmu.

Materi mengenai keanekaragaman gen akan membuat kamu melihat bahwa ada beberapa makhluk hidup yang sama namun memiliki penampakan yang berbeda.

Hal yang berbeda tersebut dinamakan keanekaragaman, keanekaragaman hayati dapat terjadi pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

Keanekaragaman genetik ini terjadi karena ada perbedaan pada susunan gen yang ada pada suatu makhluk hidup. Makanya Kamu tidak perlu bingung jika melihat individu yang sama namun terlihat berbeda.

Pengertian Keanekaragaman Genetik

keanekaragaman gen burung
Source:

Keanekaragaman genetik merupakan keanekaragaman dari pembawa sifat yang terletak pada kromosom. Kromosom ini berada di inti sel.

Keanekaragaman gen menjadikan adanya variasi antar individu yang memiliki jenis yang sama. Hal ini karena individu tersebut memiliki bahan dasar atau faktor penentu yang sama tetapi dengan susunan yang beranekaragam.

Keankeragaman pada tingkat gen ini terjadi dengan cara generatif atau dengan melalui perkawinan, baik itu perkawinan yang terjadi secara alami maupun dengan bantuan manusia.

Gen atau dengan nama lainnya plasma nutfah adalah faktor dari pembawa sifat keturunan. Setiap organisme memiliki kromosom yang terdiri dari benang yang membawa sifat.

Masing-masing dari susunan gen akan membuat penampilan atau penampakan dari hal fisiologi atau anatomi pada setiap individu.

Jika susunan gen tersebut berbeda, maka hasil dari penampakannya juga akan berbeda untuk satu sifat atau mungkin berbeda untuk keseluruhan.

Baca Juga: Keanekaragaman Hayati di Indonesia: Persebaran, Karakter, Contoh

Faktor Keanekaragaman Gen

konsep keanekaragaman gen
Source: ucdavis.edu

Keanegaraman pada tingkat gen terjadi akibat dari kegiatan reproduksi secara seksual, di mana reproduksi akan menggabungkan perbedaan genetik antara individu tersebut, sehingga akan menghasilkan keturunan dengan kombinasi atau mutasi gen yang akan menyebabkan perubahan pada DNA.

Keturunan yang dihasilkan dari perkawinan akan menghasilkan keturunan yang memiliki susunan gen dari kedua orang tua atau induknya.

Keanekaragaman ini bisa terjadi dengan alami ataupun buatan. Keanekaragaman genetik yang terjadi dengan alami merupakan akibat dari penyesuaian diri atau adaptasi dari setiap organisme dengan lingkungan.

Lingkungan juga merupakan faktor yang dapat memengaruhi fenotip atau sifat yang terlihat dari suatu organisme, selain faktor genetik. Sementara keanekaragaman secara buatan bisa terjadi dikarenakan perkawinan silang atau hibridaisasi.

Keanekaragaman Tingkat Gen dan Contohnya

Keanekaragaman pada tingkat gen dalam makhluk hidup dapat dengan mudah untuk Kamu temui sehari-hari. Misalnya saat kamu ada di supermarket, kamu akan melihat ada banyak buah yang dijual, namun ada buah yang sama namun memiliki bentuk atau nama yang berbeda, artinya buah tersebut merupakan contoh keanekaragaman pada tingkat genetik.

1. Ayam

keanekaragaman gen contoh
Source: europoultry.eu

Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ayam ini merupakan salah satu contoh hewan yang memiliki keanekaragaman pada tingkat genetik. Contohnya, ayam ras, ayam hutan, ayam kampung, dan lainnya.

Sekarang ini juga terjadi perkembangan teknologi pada bidang rekayasa genetika yang membuat keanekaragaman gen ayam semakin bertambah yaitu terdapat ayam petelur dan ayam potong.

2. Kucing

laporan keanekaragaman gen
Source: mnn.com

Salah satu binatang peliharaan yang banyak dipelihara di Indonesia adalah kucing. Perbedaan gen pada binatang ini dapat dengan mudah dilihat dari perbedaan warna dan pola pada bulu kucing. Ada juga beberapa jenis kucing yang memiliki susunan gen yang berbeda walaupun kucing tersebut merupakan satu spesies.

Contoh keanekaragaman gen kucing adalah kucing persia, kucing anggora, kucing lokal, kucing sphynx, dan masih ada jenis kucing lainnya. Bisa terlihat misalnya pada kucing sphynx, kucing ini tidak memiliki bulu di tubuhnya seperti pada kucing lainnya.

3. Anjing

keanekaragaman gen ciri
Source: canna-pet.com

Pada binatang anjing juga Kamu bisa melihat adanya keanekaragaman genetik. Contohnya pada anjing pudel, anjing ini memiliki bulu yang menutupi tubuhnya, bulu ini keriting dan anjing ini juga tidak memiliki ukuran tubuh yang besar.

Ada lagi jenis anjing golden retrivier yang memiliki tubuh yang lebih tinggi dan bulu berwarna kuning hampir keemasan.

Anjing buldog memiliki wajah yang terlihat seram dengan bibir bagian atas bergelambir, dan bentuk tubuh yang pendek dan gemuk. Beberapa contoh anjing tersebut merupakan ragam dari genetik pada Anjing.

4. Sapi

konsep keanekaragaman gen
Source: ucdavis.edu

Binatang lainnya yang memiliki keanekaragaman genetik adalah sapi. Contoh keanekaragaman genetik sapi misalnya sapi madura, sapi bali, sapi australia, sapi fries holland, dan lainnya.

5. Kambing

keanekaragaman gen hewan
Source: enspiradata.com

Apa Kamu pernah melihat beberapa kambing tapi berbeda antara satu sama lainnya? Kambing juga memiliki keanekaragaman gen, seperti kambing alpen, kambing boer, kambing saanen, dan kambing etawa yang bisa dimanfaatkan daging dan susunya.

6. Mawar

jelaskan keanekaragaman gen
Source: medium.com

Mawar adalah salah satu bunga yang banyak diketahui oleh orang-orang. Mawar merupakan salah satu bunga yang memiliki genetik yang beragam dengan banyak sekali macam warna bunga mawar.

Contoh keanekaragaman gen pada tanaman ini adalah adanya mawar merah, kuning, putih, dan warna lainnya yang merupakan hasil dari persilangan.

7. Padi

gambar keanekaragaman gen
Source: pixabay.com

Padi juga memiliki banyak varietas yang berbeda, contohnya varietas rojolele, ciherang, digul, inpari, cilamaya, dan varietas lain sebagainya.

Masing-masing dari varietas padi ini mempunyai perbedaan dari segi yang berbeda baik pada segi umur tanaman, ketahanan hidup, ataupun ciri fisik daun, batang, akar, dan buah.

8. Mangga

keanekaragaman gen dan spesies
Source: beritagar.id

Buat Kamu yang suka dengan buah mangga mungkin Kamu tahu bahwa ada beberapa jenis mangga yang Kamu sukai. Misalnya ada mangga golek, mangga harum manis, mangga gadung, mangga apel, mangga manalagi, dan mangga lainnya.

Jika dilihat dari tampilan, tekstur, dan rasa buah, macam-macam buah mangga tersebut memiliki beberapa perbedaan.

9. Durian

keanekaragaman gen dan jenis ekosistem
Source: hallosehat.com

Ada beberapa varietas durian yang menjadi bukti dari keanekaragaman gen pada buah durian, yaitu durian bawor, durian monthong, dan durian petruk.

10. Jagung

penjelasan keanekaragaman gen
Source: pioneer.com

Ada beberapa jenis tanaman jagung yang ditanam oleh petani, varietas tanaman jagung yang ditanam oleh petani ini biasanya dilihat dari kesesuaian dengan kondisi lingkungan lahan yang akan ditanam.

Masing-masing dari varietas tanaman jagung memiliki ketahanan yang berbeda-beda di kondisi lingkungan yang juga berbeda. Contoh dari varietas jagung yaitu varietas BISI, DK, NK, Bima, Pioner, dan varietas lainnya.

11. Pisang

keanekaragaman gen semangka
Source: harvard.edu

Tanaman pisang juga memiliki beberapa varietas yang diakibatkan keanekaragaman hayati pada tingkat genetik dalam spesies pisang (Musa paradisiaca).

Nama nama pisang sangat beragam, seperti pisang raja nangka, pisang siem, pisang muli, pisang kepok, pisang manado, dan masih banyak macam varietas pisang lainnya.

12. Bunga Kertas

contoh keanekaragaman genetik
Source: dekoruma.com

Selain bunga mawar, ada juga bunga yang memiliki keanekaragaman gen yaitu bunga kertas atau nama lainnya adalah bougenvil.

Pada bunga bougenvil keanekaragaman gen terjadi karena dilakukannya teknik okulasi atau sambung, sehingga apabila varietas bunga bougenvil disatukan, biasanya dalam satu tanaman akan tumbuh beberapa warna bunga.

Bunga bougenvil mempunyai macam-macam varietas yang dapat terlihat pada perbedaan warna pada bunga, corak, dan bentuk daunnya.

13. Tanaman Kelapa

keanekaragaman gen pada jagung
Source: kaosok.com

Kelapa merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh orang-orang untuk dijadikan minuman. Contoh keanekaragaman tingkat gen pada tanaman kelapa adalah dengan adanya varietas kelapa hijau, kelapa kopyor, kelapa gading, dan lain lain.

14. Terung

keanekaragaman genetika menyebabkan
Source: pixabay.com

Keanekaragaman tingkat genetik juga dapat dilihat pada tanaman terung. Terung yang dapat kita jumpai adalah terung hijau, terung ungu, terung belanda, terung pipit, terung sriti, dan terung telunjuk.

15. Jeruk

keanekaragaman gen manusia
Source: rd.com

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan jeruk juga memiliki beragam varietas tanaman. Contoh dari keanekaragaman pada jeruk adalah adanya jeruk mandarin, jeruk medan, jeruk nipis, jeruk manis, dan grape fruit.

16. Tomat

keanekaragaman gen jambu
Source: usda.gov

Contoh dari keanekaragaman tomat pada tingkat gen yaitu tomat chery, tomat anggur, tomat standard globe, tomat beef steak, tomat flum, dan tomat pear.

Keanekaragaman gen terjadi pada makhluk hidup, termasuk manusia. Kamu bisa melihat bahwa ada orang yang memiliki warna kulit terang dan gelap, memiliki mata sipit dan besar, dan masih ada banyak lagi ciri yang bisa kita lihat.

Perbedaan tersebut yang menjadikan kita tahu bahwa gen memiliki pengaruh yang besar dalam penampakan makhluk hidup.

Bagaimana?

Sudah cukup mengerti mengenai keanekaragaman gen? Ada pertanyaan? tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Keanekaragaman Ekosistem : Pengertian, Faktor, dan Contoh Lengkap!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*