Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Univ, Jurusan, & Prospek Kerja

Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Univ, Jurusan, & Prospek Kerja

Kamu calon mahasiswa? Atau sekarang lagi bingung mau pilih jurusan yang pas? Tenang, Kamu harus tahu apa yang menjadi passionmu terlebih dahulu.

Kamu orangnya seperti apa dan suka dalam bidang yang bagaimana. Salah satu yang menurut Aku lumayan menguntungkan adalah jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Karena bagaimanapun, seseorang nggak akan lepas dari kegiatan ekonomi. Plus di pandangan masyarakat seorang yang kuliah di ekonomi dan bisnis itu keren.

Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (+Prospek Kerja)

Gimana Kamu udah siap belum jadi mahasiswa FEB? Untuk menambah informasi dan pengetahuan Kamu lebih jauh, yuk langsung aja simak apa aja jurusannya dan dimana nantinya Kamu akan bekerja.

1. Ilmu Ekonomi

fakultas ekonomi dan bisnis ipb

Kamu bisa memilih salah satu diantara konsentrasi di bawah ini :

a. Ekonomi Regional

Jurusan ekonomi regional mengecilkan ranah ekonomi publik. Kamu akan diajarkan bagaimana menelaah aktivitas ekonomi dalam skala daerah, kabupaten atau kota.

Untuk prospek kerjanya Kamu bisa melamar di kantor keuangan masing-masing daerah. Atau menjadi seorang analis ekonomi daerah yang handal.

b. Ekonomi Publik

Jika Kamu tertarik ketika mendegar Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Mempelajari jurusan Ekonomi Publik adalah pilihan yang tepat.

Kamu akan diajarkan mengenai seluk beluk tentangnya. Sehingga untuk prospek kerja sudah tidak diragukan lagi, bisa masuk ke Kementerian atau instansi yang terkait lainnya.

c. Ekonomi Internasional

Tertarik mempelajari sektor ekspor dan impor, transaksi internasional atau kerja sama? Oke salah satu caranya adalah dengan mengambil ekonomi internasional.

Kamu bisa bekerja di kantor ekspor impor, atau bea cukai. Bagaimana menarik bukan?

d. Ekonomi Pembangunan

Ketika Kamu memilih jurusan ini, keterkaitan antara pembangunan dan isu yang menyangkut tentang perekonomian akan menjadi makanan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah mengenai peminjaman nasional.

Untuk prospek kerjanya, alumni dari jurusan ini banyak yang bekerja sebagai analis bisnis, research and development ekonomi serta pegawai pemerintahan. So, apakah Kamu tertarik buat terjun ke dalamnya?

e. Ekonomi Moneter

Kalau Kamu tertarik untuk kerja di Bank Indonesia, Bank Dunia atau lainnya yang berkaitan dengan keuangan bank sentral. Jurusan ini menjadi pilihan yang tepat bagimu.

f. Ekonomi Industri

Pembahasan dalam jurusan ini adalah segala hal yang berkaitan dengan ekonomi mikro. Seperti keuangan perusahaan dan lainnya.

Jadi, kalau Kamu berniat untuk bekerja di perusahaan yang bonafit. Segera ambil jurusan ekonomi industri ya.

g. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Di sini Kamu akan belajar mengenai segala kasus ekonomi yang berkaitan dengan penyediaan sumber daya alam dan lingkungan. Meliputi kelangkaan SDA, ekspor impor SDA dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk prospek kerjanya tidak berbeda jauh dengan jurusan ekonomi internasional. Atau menjadi pegawai Kementerian Sumber Daya Alam.

h. Ekonomi Sumber Daya Manusia

Kalau jurusan yang satu ini akan dibahas mengenai taraf kesejahteraan hidup, pengembangan SDM di bidang ekonomi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prospek kerjanya sangat beragam, Kamu bisa menjadi pemberdayaan sosial ekonomi. Atau masuk di Kementerian Sosial.

2. Jurusan Manajemen

fakultas ekonomi dan bisnis untar

Kalau Kamu berfikir kuliah jurusan manajemen akan jadi manager. Eemm nggak sesaklek itu sih.

Di sini, Kamu akan belajar mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan manajemen. Mulai dari uang hingga manusia.

So, ini dia beberapa konsentrasi yang ada di jurusan manajemen beserta prospek kerjanya :

a. Manajemen Keuangan

Yang akan Kamu pelajari di sini terkait dengan alur pendanaan (cashflow). Atau yang berkaitan dengan investasi, peminjaman dan lain sebagainya.

So, untuk prospek kerjanya Kamu bisa masuk di bank atau perusahaan yang terkenal. Tergantung bagaimana Kamu mengasah kemampuan.

b. Manajemen Pemasaran

Kamu akan belajar mengenai segala hal yang berkaitan dengan tata kelola pemasaran (marketing). Bagaimana menjalin relasi dengan orang lain.

Serta berhubungan dengan calon costumer. Kalau prospek kerjanya sendiri sangat luas ya guys.

Karena dimanapun tempatnya pasti akan membutuhkan divisi marketing. Dan Kamu bisa masuk di sana.

c. Manajemen Operasional

Ini adalah peminatan yang mencakup ranah paling luas. Karena berkaitan dengan operasional suatu organisasi atau perusahaan.

Dengan kata lain, peminatan ini menggabungkan dua peminatan sebelumnya. Bagaimana apakah Kamu sudah mempunyai bayangan mau kerja dimana?

d. Manajamen Sumber Daya Manusia

Kamu akan mempelajari tentang fasilitas pekerja, upah, peningkatan kualitas hidup atau serikat buruh. Karena berkaitan dengan karyawan maka Kamu bisa mendapatkan posisi tinggi di instansi atau perusahaan dengan jurusan ini.

3. Jurusan Akuntansi

fakultas ekonomi dan bisnis ugm

Kalau Kamu adalah seseorang yang suka dengan angka dan perhitungan. Jurusan ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Ada berbagai macam konsentrasi yang bisa Kamu ambil :

a. Akuntansi Keuangan

Kamu akan belajar mencatat transaksi keuangan secara profesional dan benar. Untuk lingkup kerjanya sudah tidak diragukan lagi.

Kamu bisa menjadi bendahara di semua instansi. Baik pendidikan, sosial atau perusahaan.

b. Akuntansi Perpajakan

Kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan transaksi perpajakan. Baik itu di perusahaan atau pada pemerintahan.

Prospek kerjanya, jika Kamu punya kemampuan yang mumpuni. Cita-cita menjadi pegawai di Kantor Perpajakan bisa Kamu dapatkan.

c. Audit

Dalam setiap perusahaan pasti melalui proses audit unuk melakukan investigasi terhadap pembukuannya. Kalau Kamu tertarik bisa mengambil jurusan Akuntansi dengan peminatan audit.

d. Manajemen Akuntansi

Kamu akan diajari bagaimana mencatat keuangan secara lebih efektif. Kamu bisa bekerja di start up atau perusahaan besar sekalipun.

e. Sistem Informasi

Kamu akan diajari bagaimana memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam proses pembukuan. Sehingga tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Itu dia beberapa jurusan dan peminatan yang bisa Kamu pilih sesuai dengan passion dan minat. Nah, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sendiri jurusan dan peminatannya hampir sama dengan yang sudah disebutkan di atas.

Hanya saja lebih berbasis syari’ah seperti sistem ekonomi islam, makro ekonomi syari’ah, mikro ekonomi syariah, fiqih muamalah dan masih banyak lagi yang lainnya. Sangat cocok nih bagi Kamu yang ingin kuliah ekonomi sekaligus memperdalam ilmu agama.

Universitas di Indonesia dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

fakultas ekonomi dan bisnis trisakti

Kalau berbicara tentang universitas di Indonesia memang banyak sekali. Tapi di bawah ini yang Aku rekomendasikan untukmu.

Berdasarkan kualitas dan alumni mahasiswanya. Ini dia universitas di Indonesia dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang bagus :

1. UI

UI memang selalu menjadi universitas terfavorit. Tapi memang butuh perjuangan untuk masuk ke dalamnya.

2. UGM

Selain sospol, FEB di UGM juga banyak diminati loh. Kamu bisa memilih jurusan yang diminati.

3. IPB

Walaupun bergelar Institut Pertanian. Tapi jangan salah jurusan ekonominya juga top loh.

4. UHAMKA

Singkatan dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Walaupun swasta tapi tetap recommended.

5. Universitas Pancasila

Namanya saja pancasila, di sini Kamu akan diajari bagaimana menerapkan sistem ekonomi yang sesuai dengan kaidah pancasila. Bagaimana tertarik?

6. Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kamu yang ingin kuliah di Jakarta dan mengambil jurusan ekonomi, manajemen atau akuntansi. Ke sini aja, kualitasnya juga nggak kalah bagus.

7. UNTAR

Kamu juga bisa masuk ke Universitas Tarumangera. Yang juga nggak kalah dengan lainnya, karena prestasi yang dicapai mahasiswanya pun juga nggak main-main.

8. Trisakti

Kalau Kamu mendengar nama Trisakti, apa yang ada di kepala? Penembakan mahasiswa atau yang lainnya?

Awalnya hanya bernama Fakultas Ekonomi saja. Tetapi seiring perkembangan zaman ditambah nama bisnis di belakangnya.

Kamu jadi pilih yang mana nih?

Ingat, minta saran kepada senior atau yang lebih berpengalaman ya dalam memilih jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar