8 Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik (Teruji)

Spread the love

Bisnis plan atau rencana bisnis adalah salah satu hal yang butuh kamu persiapkan kalau ingin memulai sebuah bisnis. Penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara membuat bisnis plan agar kamu tau bagaimana memulai bisnismu dan bagaimana menjalankannya agar sesuai keinginan. Rencana bisnis mencakup segala aspek yang dibutuhkan dalam berbisnis, seperti model canvas, marketing, produksi, dan lain-lain.

Bagi sebagian orang yang menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti bisnis makanan, café atau laundry, menganggap bisnis plan ini terlalu formal. Padahal yang dimaksud bisnis plan atau rencana bisnis esensinya adalah perencanaan aspek-aspek bisnis yang penting yang sebenarnya tidak perlu dibuat terlalu formal, kecuali memang akan diberikan kepada calon investor. Pada artikel ini akan dijelaskan aspek apa saja yang perlu kamu perhatikan untuk membuat bisnis plan.

Aspek dan Cara Membuat Bisnis Plan yang Baik

1. Pendahuluan atau ringkasan eksekutif

cara membuat bisnis plan model canvas

Aspek pertama yang perlu ada dalam bisnis plan adalah ringkasan eksekutif yang bertujuan untuk mengenalkan bisnis yang akan kamu jalankan. Sebagaimana dalam setiap proposal atau dokumen perencanaan, akan selalu ada bab pendahuluan di awal untuk menjelaskan tentang “apa” yang akan dibuat.

Lantas apa saja yang perlu dijelaskan pada bab ringkasan eksekutif ini? Hal-hal mendasar tentang bisnis yang akan kamu jalankan seperti nama perusahaan, deskripsi, dan inovasi apa yang ada dalam ide bisnismu.

2. Latar belakang perusahaan

cara membuat bisnis plan startup

Pada bagian latar belakang perusahaan ini kamu diminta untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya bisnismu. Detail yang perlu diceritakan seperti cerita diblik ide bisnismu, kondisi keuangan, manfaat produk, competitor produk, dan lain lain.

Cara membuat bisnis plan sederhana adalah dengan membuat latar belakang perusahaan sesederhana mungkin. Tidak perlu cerita bertele-tele, yang penting jelas maksudnya.

3. Analisis produk

cara membuat bisnis plan yang baik dan benar

Analisa produk dilakukan untuk mengenali produk bisnismu lebih jauh lagi. Hasil analisis produk ini nantinya akan berkaitan dengan analisis pasar.

Analisis produk meliputi definisi atau penjelasan produk, perbandingan produkmu dengan kompetitor, proses produksi, dan lain-lain. Hal ini sebaiknya dikupas tuntas pada bagian Analisa produk agar bisnismu terdefenisi secara jelas dari awal.

4. Analisis pasar

cara membuat bisnis plan yang bagus

Ketika pertama kali muncul ide bisnis yang ingin kamu jalankan, pasti kamu sudah terbayang siapa saja yang akan menjadi calon konsumen produkmu. Nah, di bagian ini kamu diminta untuk membuat Analisa yang lebih lengkap tentang pasar.

Pentingnya pembuatan Analisa pasar untuk sebuah startup adalah untuk menjelaskan kepada siapa produkmu nanti akan dijual dan bagaimana rincian cara pemasarannya. Analisis pasar ini meliputi target konsumen, potensi pasar, karakteristik konsumen, tingkat kompetisi dengan produk lain, dan lain sebagainya.

5. Analisis manajemen dan SDM

cara membuat business plan yang baik dan benar

Proses manajemen dalam bisnismu kedepan juga hal yang penting untuk direncanakan. Manajemen sumber daya manusia yang dibutuhkan sangat penting untuk menjaga agar bisnismu tetap berjalan.

Selain SDM, struktur organisasi juga menjadi poin penting. Terutama detail peran masing-masing tim dan job desk masing-masing orang.

6. Analisis keuangan

cara buat bisnis plan yang baik

Keuangan adalah hal paling sensitif di bidang apapun, tidak terkecuali dalam bidang bisnis. Keuangan adalah penggerak roda bisnis sehingga sangat krusial untuk dibahas.

Pembahasan analisis keuangan ini meliputi permodalan, perhitungan harga produk, perhitungan untung dan rugi serta titik balik modal. Lebih detail lagi kamu diminta untuk membuat rencana belanja bulanan dan tahunan untuk bisnis yang akan dijalankan.

7. Rencana pengembangan usaha

cara membuat bisnis plan yang baik

Rencana pengembangan usaha ini berisi tentang pembahasan metode apa yang harus digunakan untuk mengembangkan bisnismu kedepan. Planning pengembangan usaha adalah hal yang cukup penting untuk membuat usahamu selalu berpikiran maju kedepan dan agar tidak berhenti berkembang pada fase tertentu.

8. Resiko bisnis

cara membuat bisnis plan pdf

Hal yang tidak kalah penting bahkan bisa dibilang krusial adalah tentang manajemen resiko bisnis. Tidak ada bisnis tanpa resiko, dan kamu harus mulai mengidentifikasinya dari awal.

Tentu saja tidak hanya berhenti di identifikasi, tapi kamu juga harus menyiapkan rencana untuk penanggulangannya. Resiko apa saja yang mungkin bisa menghambat jalannya bisnismu kedepan harus diperhitungkan matang-matang.

Demikian beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan dalam membuat bisnis plan. Cara membuat bisnis plan yang menarik tidak hanya dengan membuat desain cover dan ppt yang keren, tetapi isinya pun harus berbobot dan bisa meyakinkan calon investor untuk bisnis kamu.

Buat kamu yang punya pengalaman membuat bisnis plan dan ingin berbagi, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Kita akan sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut mengenai perencanaan bisnis.

Tinggalkan komentar