46 Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa (Nggak Ganggu Kuliah!)

Spread the love

Sangat sayang apabila masa-masa menjadi mahasiswa tidak dimanfaatkan dengan baik, termasuk dalam hal membuka bisnis. Saat ini banyak sekali bisnis yang cocok untuk mahasiswa, semakin cepat kita memulai bisnis, kesempatan untuk memperoleh kesuksesan bisnis di masa depan akan semakin besar.

Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Mahasiswa?

Pada dasarnya, bisnis yang cocok untuk mahasiswa adalah bisnis yang bisa berjalan tanpa mengganggu kegiatan kuliah, kegiatan berbisnis justru menjadi media belajar tersendiri agar bisa mandiri secara financial sebelum wisuda.

Selain itu, ide bisnis dengan modal tidak terlalu besar bisa menjadi pertimbangan.

Berikut Daftar Bisnis Yang Patut Dicoba Mahasiswa

1. Jasa Printing

bisnis yang cocok bagi mahasiswa

Pada umumnya untuk memulai bisnis ini, kamu harus bermodalkan satu buah printer. Harga printer bervariasi dengan rentang harga mulai dari Rp. 300,000, kamu bisa menyesuaikannya dengan modal yang dimiliki.

Selain printer, modal lain yang harus kamu keluarkan adalah kertas hvs dan isi ulang printer. Kamu bisa melakukan promosi mulai dari kelas sebelum akhirnya meluas.

Bisnis ini adalah bisnis yang cocok untuk mahasiswa semester akhir, karena kebutuhan untuk print skripsi dan laporan pasti meningkat.

2. Jasa Service Printer

usaha yang cocok untuk mahasiswa berwirausaha

Selain jasa print dokumen, jenis bisnis yang satu ini juga patut untuk dicoba. Kalau kamu punya skill memperbaiki barang elektronik misalnya printer, jasa tersebut bisa ditawarkan ke mahasiswa lain.

Selain ditawarkan kepada sesama mahasiswa, target pasar bisa kamu perluas misalnya ke staff kampus, kantor, dan lainnya.

3. Bisnis Kaos

usaha pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa

Usaha bisnis yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah bisnis kaos. Sekarang ini kaos distro cukup diminati kalangan muda, kamu bisa menawarkan kaos-kaos dengan harga yang kompetitif.

Jago desain grafis misalnya mengedit dan mengolah gambar dengan CorelDraw, Photoshop, dan lainnya bakal member manfaat yang banyak banget.

Karena kalau kamu bisa mendesain kaos sendiri akan sangat mempermudah untuk memulai bisnis ini. Untuk memproduksi atau mencetak kaos, kamu bisa bekerja sama dengan toko percetakan kaos atau sablon.

5. Jasa Pengiriman

usaha yang cocok bagi mahasiswa

Bisnis satu ini cocok untuk mahasiswa. Baik untuk mahasiswa semester awal maupun semester akhir. Kamu bisa mulai bisnis jasa pengiriman ini, yang nantinya bisa dikembangkan lebih luas.

Bisnis ini cocok untuk dilakukan mahasiswa, karena tidak memerlukan modal yang besar. Jangkauan pengiriman pun bisa diperluas, yang awalnya melayani pengiriman barang dari atau ke kampung halaman mahasiswa, selanjutnya bisa lebih luas lagi.

5. Bisnis Pulsa

usaha yang cocok dengan mahasiswa

Mencari bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil  ? bisnis pulsa bisa menjadi pilihan. Dengan bisnis sederhana ini, kamu bahkan bisa memperluas relasi kenalan dan teman.

Semua pasti butuh pulsa bukan? bisnis ini bisa kamu perluas dengan jualan kuota, aksesori hp, dan lainnya. Jangan lupa untuk selalu isi saldo, jika dirasa modal sudah cukup kamu bisa mulai membuka counter dengan memilih lokasi yang strategis.

6. Bisnis Perawatan dan Penitipan Hewan

bisnis kecil yang cocok untuk mahasiswa

Di kota-kota besar bisnis ini cukup populer lho. Kalau kamu termasuk pencinta hewan, dan punya keahlian untuk merawatnya, bisnis ini bisa menjadi pilihan.

Bisnis ini cocok banget untuk kamu yang berstatus mahasiswa. Karena umumnya waktu luang yang dimiliki mahasiswa lebih luang.

Pengguna bisnis ini biasanya sibuk bekerja sehingga tidak sempat merawat peliharaan mereka. Yang harus kamu lakukan untuk perawatan dan penitipan hewan antara lain : perawatan bulu, mencuci, keramas, hingga mengeringkan bulu hewan peliharaan.

7. Jualan Ebook

usaha apa yang cocok untuk mahasiswa

Di era teknologi seperti saat ini, kebiasaan membaca buku tidak hanya dalam bentuk buku fisik saja. Melainkan sudah banyak orang membaca buku lewat e-book..

Kalau kamu menyenangi dunia pendidikan, bisa merangkum pelajaran, atau ingin berbagi keahlian yang dimiliki, kamu bisa menjadikannya e-book lalu menjualnya.

e-book yang bisa kamu jual bisa seputar mata kuliah, atau kalau kamu mahasiswa IT bisa menjual e-book tentang bahasa pemrograman yang kamu kuasai, tutorial cara membuat aplikasi dan sebagainya.

8. Bisnis Aplikasi

bisnis mahasiswa elektro

Kamu mahasiswa IT dan bisa membuat aplikasi ? bisnis ini sangat sayang untuk dilewatkan. Selain kamu bisa mendapatkan penghasilan dari membuat aplikasi, hal tersebut bisa sekaligus jadi media belajar untuk terus mengembangkan keahlian.

Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki smartphone. Dimana dalam sebuah smartphone terdapat banyak aplikasi, kamu bisa mulai membuat aplikasi mobile hingga bisa memperoleh penghasilan dengan menjualnya misalnya di Playstore.

Aplikasi tersebut bisa kamu perjualbelikan ke berbagai instansi atau perusahaan nantinya. Harga untuk aplikasi bervariasi, dari ratusan ribu sampai jutaan.

9. Bisnis Service Laptop

usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan modal sedikit

Memiliki keahlian mereparasi perangkat elektronik memang benar-benar bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri. Hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis.

Jasa service laptop misalnya, kamu bisa mulai menawarkan jasa tersebut ke orang-orang terdekat. Seiring berkembangnya bisnismu, bahkan bisa sampai membuka toko di kemudian hari.

10. Bisnis Install Ulang

bisnis buat mahasiswa

Bisnis install ulang bisa menjadi pilihan untuk mahasiswa, karena bisnis ini tanpa modal. Kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk menginstall ulang aplikasi, yang harus kamu persiapkan adalah CD dan driver laptop jika pemilik laptop tidak membawa benda tersebut.

11. Bisnis Fotokopi

bisnis buat mahasiswa kreatif

Bisnis ini terbilang cukup membuka peluang keuntungan. Meskipun toko fotocopy sudah banyak, namun dengan banyaknya jumlah mahasiswa, tidak semuanya terhandle.

12. Bisnis Jasa Pengetikan

bisnis anak mahasiswa

Jika kamu memiliki skill mengetik yang cepat dan akurat, bisnis ini bisa menjadi pilihan. Bisnis jasa pengetikan masih dibutuhkan karena tidak semua mahasiswa memiliki laptop.

Ketika membuka jasa pengetikan kamu akan mengerjakan pengetikan dokumen-dokumen seperti makalah, laporan praktikum, jurnal, dan lainnya. Disini mahasiswa hanya mengetik saja, tidak mengerjakan skripsi atau jurnal tersebut.

13. Bisnis Penulis

bisnis kecil-kecilan yang cocok untuk mahasiswa

Punya bakat atau minat di bidang tulis menulis ? di bidang ini kamu bisa menghasilkan uang lho. Kamu bisa membuat jasa konten tulisan untuk blog atau website.

Biasanya pihak yang memakai jasa penulis konten karena untuk keperluan bisnis. Bayarannya pun terbilang lumayan lho.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai forum untuk menawarkan jasa tulisan. Jumlah bayaran yang diterima adalah tergantung dari jumlah kata dan kualitas tulisan.

14. Bisnis Cafe

bisnis di kalangan mahasiswa

Bisnis cafe bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk dilakoni mahasiswa. Jenis café yang bisa kamu geluti misalnya coffe shop, bakery, susu murni.

Sasaran untuk bisnis café disini adalah untuk tempat nongkrong mahasiswa. Bisa juga untuk tempat mengerjakan tugas dimana kamu juga harus menyediakan free wifi, akan menjadi salah satu daya tarik sehingga mendatangkan banyak pelanggan.

15. Bisnis Catering

bisnis mahasiswa di luar negeri

Dunia kampus tidak bisa dipisahkan dari kegiatan organisasi dan event-event. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis catering.

Kamu bisa mulai bisnis catering ini dengan join bersama teman-teman, penghasilan yang dihasilkan pun cukup lumayan. Bahkan bisa membantu keuangan selama masa perkuliahan.

16. Bisnis Jasa Les Privat

usaha ala mahasiswa

Jika kamu suka mengajar, membuka bisnis les privat bisa menjadi pilihan. Banyak siswa SD, SMP, sampai SMA yang membutuhkan jasa privat.

Kamu bisa buka jasa les privat bidang pelajaran yang saat sekolah dikuasai/disukai. Misalnya les privat matematika, biologi, fisika, dan lainnya.

Relasi sangat diperlukan dalam bisnis jasa les privat ini, sehingga kamu bisa menawarkan jasa les privat dan mendapatkan penghasilan. Kamu bisa menawarkannya mulai dari lingkungan sekitar kost-kostan.

17. Bisnis Bimbel (Bimbingan Belajar)

usaha mahasiswa dengan modal kecil

Berbeda dengan les privat yang lebih personal, bimbel sedikit berbeda. Untuk membuka bisnis bimbel kamu memang harus menyediakan tempat yang nyaman.

Untuk memulai bisnis bimbel, kamu bisa mengajak teman untuk join, karena memang untuk bimbel membutuhkan beberapa tenaga pengajar.

18. Bisnis Kost-Kostan

usaha online yang cocok untuk mahasiswa

Meskipun pada umumnya mahasiswa adalah anak kost-kostan, tidak memungkinkan lho untuk membuka kost-kostan.

Hal ini bisa dilakukan jika kamu bisa bernegosiasi dan mendapat persetujuan dari pihak pemilik kost. Atau kamu bisa menyewa sebuah rumah lalu di re-kost, tentunya juga harus dengan persetujuan pemilik rumah.

19. Bisnis Fotografi

bisnis bagi mahasiswa pemula

Punya hobi fotografi? sebagai mahasiswa kamu bisa lho menghasilkan uang dengan hasil jepretanmu. Kamu bisa menjual hasil gambar jepretanmu di situs-situs seperti shutterstock.com, fotolia.com, dan stockfresh.com.

Meskipun hampir semua orang sekarang ini sudah punya akses menggunakan kamera, namun tidak semuanya bisa menghasilkan jepretan yang bagus kan ? kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan.

20. Bisnis Tiketing Online

contoh usaha yang cocok untuk mahasiswa

Di era teknologi saat ini, penjualan tiket secara online sudah sangat lumrah. Sebagai mahasiswa, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini.

Kamu bisa mendaftarkan diri ke situs jual beli tiket, bisa tiket transportasi seperti kereta api atau tiket pesawat. Kamu bisa menjualnya secara online atau bisa juga dengan membuat kantor biro penjualan tiket.

21. Bisnis Jual Beli Barang Bekas

bisnis yg cocok untuk mahasiswa

Barang bekas juga bisa mendatangkan keuntungan lho. Kamu bisa menjual barang bekas yang kualitasnya masih baik di situs seperti OLX atau Tokopedia.

Jangan salah, barang-barang bekas saat ini justru banyak peminatnya lho. Daripada barang yang masih layak tertumpuk begitu saja, lebih baik dijual sehingga bisa memberikan penghasilan.

Contoh barang bekas yang bisa kamu jual dan dicari banyak orang misalnya : HP bekas, laptop bekas, kamera, dan lainnya.

22. Bisnis Desain Spanduk

contoh bisnis mahasiswa yang sukses

Dunia kemahasiswaan memang tidak bisa lepas dari event-event. Sebuah event pasti membutuhkan spanduk sebagai media promosi dan informasi, hal ini bisa kamu manfaatkan menjadi peluang bisnis.

Kalau kamu bisa mendesain sendiri spanduknya, tentunya akan semakin mempermudah kamu untuk membuka jenis bisnis ini. Untuk percetakannya kamu bisa bekerja sama dengan tukang percetakan spanduk.

23. Bisnis Event Organizer

peluang bisnis mahasiswa baru

Punya kemampuan dalam merorganisir dan memanajemen sebuah acara ? untuk kamu mahasiswa yang memiliki softskill tersebut, bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis event organizer.

Pastikan kamu punya MC yang handal, rundown acara yang jelas, dan melakukan promosi EO yang kamu punya agar dikenal banyak orang.

24. Bisnis Makanan Ringan

memulai usaha yang cocok untuk mahasiswa

Bisnis makanan memang tak ada habisnya, tak cuma makanan berat, makanan ringan juga berpotensi memberikan keuntungan yang besar.

Ada berbagai jenis makanan ringan yang berpotensi laku di kalangan mahasiswa. Misalnya aneka keripiki pedas, dan makanan lainnya yang kamu bisa riset kecil-kecilan snack apa saja yang lagi nge-hits saat ini.

Kamu bisa memulainya dari hal keci misalnya menitipkan gorengan/kue di kantin kampus. Atau bisa juga berjualan snack di kampus.

25. Bisnis Jus dan Minuman Ringan

usaha yang cocok untuk seorang mahasiswa

Kalau kampusmu berada di daerah dengan cuaca yang cukup panas, ide untuk berjualan jus buah dan minuman ringan lainnya bisa menjadi pilihan. Minuman segar selalu diminati banyak orang.

Kamu bisa membuka stand atau counter minuman kecil-kecilan yang menyediakan aneka minuman segar.

26. Bisnis Dropship

bisnis yang cocok mahasiswa

Bisnis dropship menjadi kian marak dilakukan karena memang nyaris tanpa modal. Kamu cukup punya akses internet dan smartphone saja.

Sistem droship artinya kamu jualan online produk milik orang lain, tidak perlu melakukan stock barang. Saat ada orderan masuk akan diteruskan ke supplier barang, lalu akan dikirimkan pada pembeli.

Yang mesti kamu lakukan adalah melakukan promosi ke jejaring akun sosial media seperti Facebook, Whatsapp, dan Instagram

27. Bisnis PTC untuk Mahasiswa

bisnis jualan yang cocok untuk mahasiswa

Pernah mendengar istilah Pay To Click (PTC) ? bisnis ini sedang populer dan digandrungi di dunia internet. Terdapat banyak perusahaan PTC baik itu lokal maupun mancanegara, salah satu yang paling terkenal adalah Google Adsense.

Untuk dapat join program PTC Google Adsense, kamu setidaknya harus punya sebuah website atau blog gratis misalnya dari blogger.

Perlahan jika website kamu sudah banyak pengunjungnya, misalnya 600 orang perhari. Kamu bisa mulai mendaftar di Google Adsense, untuk diterima memang agak sulit, kuncinya kamu harus konsisten memposting konten menarik dan berkualitas di blog sehingga makin banyak pengunjungnya.

28. Bisnis Membuat Website

usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa

Kalau kamu mahasiswa jurusan IT dan sudah mampu membuat website, tidak ada salahnya untuk mendalami bisnis yang satu ini. Bisnis membuat website bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Kebutuhan akan website saat ini terbilang tinggi, entah itu untuk perorangan atau perusahaan. Akan lebih baik lagi kalau kamu sudah bisa membuat toko online.

29. Bisnis Penerjemah

usaha kuliner yang cocok untuk mahasiswa

Mahir berbahasa asing misalnya bahasa Inggris ? peluang satu ini sebaiknya tidak dilewatkan untuk mahasiswa karena bisa memberikan keuntungan penghasilan.

Jasa translator memang sangat dibutuhkan. Seorang translator bekerja untuk menterjemahkan dokumen misalnya dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Tidak hanya bahasa Inggris, kalau kamu jago bahasa asing misalnya Korea dan Jepang, tentunya akan sangat membuka peluang yang lebih besar lagi.

Kamu bisa mencari jobnya di situs seperti seribulancer.com, project.com, dan freelancer.com.

30. Bisnis Wisata

peluang bisnis yang cocok buat mahasiswa

Jika kamu mahasiswa berasal dari daerah yang punya potensi wisata, kamu bisa menjadikannya peluang bisnis yaitu dengan membuka bisnis jasa biro travelling.

Kalau kamu pemula dan belum memiliki akomodasi dan kendaraan, kamu bisa bekerja sama dengan bisnis jasa biro travelling yang sudah ada sebelumnya

31. Bisnis OL Shop

laptop yang cocok untuk mahasiswa bisnis

Selain sistem dropshopping, anda juga bisa membuka toko online sendiri dengan sistem yang sama, anda menjadi reseller. Anda bisa membuat etalase sendiri diberbagai situs jual beli besar seperti di tokopedia, bukalapak, olx dan sebagainya.

Selain bisnis dropship, kamu juga bisa buka toko online sendiri dimana kamu menjadi reseller produk. Buatlah etalasemu sendiri di marketplace seperti bukalapak, tokopedia, dan lainnya.

Bisnis online shop sangat cocok dilakoni mahasiswa jurusan apa saja. Bisa dilakukan oleh mahasiswa akuntansi, teknik, maupun mahasiswa kedokteran/sekolah perawat.

32. Bisnis Jasa Pindah Kost-Kostan

bisnis mahasiswa makanan

Buat kamu mahasiswa yang pintar mencari peluang, ini bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Cukup banyak mahasiswa dan mahasiswi yang membutuhkan jasa pindah kost.

33. Bisnis Kelompok Seni

bisnis paling cocok untuk mahasiswa

Punya kelebihan dan berjiwa seni? bisnis ini bisa menjadi pilihan. Kalau kamu pandai bernyanyi, acting, dan lainnya, kamu bisa mencoba untuk membuat sanggar hiburan.

Sanggar hiburan yang berisi berbagai macam kelompok seni ini bisa hadir di berbagai event atau seminar. Bayaran yang diterima pun lumayan lho.

34. Bisnis Personal Training

usaha jualan yang cocok untuk mahasiswa

Kamu punya bakat self training? kamu bisa membuka sejenis jasa pelatihan atau konsultasi. Apalagi kalau kamu bersertifikat Cht atau CH Cht, akan diizinkan untuk melakukan konsultasi, training, dan hal tentang kepribadian lainnya.

Self training tentunya memberikan manfaat yang baik termasuk untuk mahasiswa. Kamu bisa melakukan promosi tentang manfaat self training dan lainnya.

35. Bisnis EO Out Bond

bisnis camilan mahasiswa

Banyak organisasi yang memilih untuk mengadakan kegiatan outbond untuk melatik kekompakan, kecakapan, dan soft skill anggotanya. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis.

Kamu bisa membuka jasa Event Organizer dengan fokus di event outbond. Jika kamu bisa menawarkan konsep yang unik atau custom sesuai permintaan dan rajin melakukan promosi, jasa EO Outbondmu akan kedatangan banyak pelanggan.

36. Bisnis di Moment Tertentu untuk Mahasiswa

contoh bisnis mahasiswa

Seperti apa bisnis di momen-momen tertentu untuk mahasiswa ? ada banyak momen penting di dunia perkuliahan misalnya momen wisuda. Disini kamu bisa buka bisnis jual bunga, plakat wisuda, bisnis membuat kenang-kenangan unik untuk wisuda, dan lainnya.

37. Bisnis Jual Jilbab

bisnis waralaba yang cocok untuk mahasiswa

Bisnis ini cocok dilakukan oleh mahasiswi dan cukup menjanjikan. Apalagi kalau kamu banyak kenalan hijabers, kamu bisa menawarkan aneka hijab atau bisa mengenakannya sendiri sambil melakukan promosi.

38. Bisnis Jual Makanan Khas Daerah

usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Kamu berasal dari daerah yang punya kuliner khas dan bercita rasa lezat ? peluang bisnis ini bisa kamu pilih. Dimana kamu bisa menjual kuliner khas tersebut, karena kuliner tradisional memang memiliki daya tarik tersendiri.

39. Mengadakan Seminar

bisnis yang cocok untuk mahasiswa ekonomi

Para mahasiswa biasanya tertarik dengan event seperti seminar, tujuannya ada yang untuk mendapat sertifikat maupun menabah soft skill. Nah, untuk sekali seminar kamu bisa mengenakan biaya investasi.

Kalau bisa mendatangkan narasumber atau pemateri handal hingga tingkat nasional, pasti para mahasiswa akan banyak yang mendaftar untuk ikut seminar tersebut.

40. Bisnis Service Handphone

usaha yang cocok dilakukan mahasiswa

Kalau kamu punya skill memperbaiki handphone, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Cobalah untuk membuka jasa service hp, biasanya banyak diminiati mahasiswi yang hp nya bermasalah atau hang/mati total.

41. Bisnis Loundry

bisnis online shop yang cocok untuk mahasiswa

Kalau tempat kostmu termasuk daerah ramai, tidak ada salahnya untuk mulai membuka bisnis laundry. Mahasiswa yang sangat sibuk atau malas mencuci pakaiannya biasanya akan memakai jasa laundry.

42. Shoes Cleaning

bisnis yang cocok untuk mahasiswa perawat

Sneakers dengan harga dan kualitas tinggi saat ini memang tengah digandrungi. Sneakers harga selangit tersebut ternyata bisa menjadi peluang bisnis untuk mahasiswa lho.

Salah satunya adalah bisnis shoes cleaning, kamu bisa mempelajari tentang shoes cleaning untuk sneakers dan jenis sepatu lainnya di internet. Hingga akhirnya kamu bisa menawarkan jasa shoes cleaning tersebut.

43. Menjadi YouTuber

bisnis yang cocok untuk mahasiswa 2020

Mungkin kamu sudah terbiasa belajar, melihat berbagai tutorial di Youtube. Mungkin inilah saatnya kamu mulai membuat konten video dan berpenghasilan dengan menjadi seorang Youtuber.

Buatlah konten video sesuai dengan passionmu. Passion yang di bayar adalah pekerjaan impian, pekerjaan ini pun sangat cocok dilakukan oleh mahasiswa jurusan apa saja, baik mahasiswa ekonomi, mahasiswa IT, dan sebagainya.

44. Makeup Artist

bisnis yang cocok untuk mahasiswa semester akhir

Saat ini produk kecantikan semakin beragam, membuka bisnis sebagai make up artist bisa menjadi pilihan. Apalagi jika kamu termasuk hobi dalam seni make up.

Jasa make up artist sangat dibutuhkan di momen seperti wisuda, ataupun event lainnya. Bayaran untuk jasa seorang make up artist pun terbilang besar lho.

45. Influencer

usaha bisnis yang cocok buat mahasiswa

Kamu bisa menyajikan konten yang menarik di akun Instargrammu, mendapat banyak followers. Hingga akhirnya tawaran endrorsement produk bisa kamu dapatkan.

46. Jasa Membuat Undangan Digital

bisnis yang pas buat mahasiswa

Di era teknologi saat ini, undangan tidak hanya dalam bentuk fisik saja. Buat kamu mahasiswa yang memiliki skill desain grafis yang mumpuni, kamu bisa membuat sebuah portofolio undangan digital, dan mulai menawarkan jasa tersebut.

Banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa, tidak ada alasan untuk tidak memulai bisnis dari sekarang. Apalagi udah tahun 2020 gini, peluang mendapatkan pundi-pundi rupiah semakin terbuka lebar seiring makin berkembangnya teknologi kan? sudah punya rencana bisnis apa nih ? yuk berkomentar

Tinggalkan komentar