15 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Bermodal Minim

15 Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Bermodal Minim

Akhir-akhir ini masyarakat kita makin banyak yang mulai membuka bisnis sendiri.

Di era saat ini, seharusnya modal bukan lagi jadi kendala, dengan memulai bisnis usaha kecil menengah bisa jadi solusi lho karena umumnya tidak memerlukan modal terlalu besar.

15 Daftar Bisnis Usaha Kecil Menengah yang Bisa Kamu Coba!

1. Fashion

bisnis ukm untuk pembuka banget

Lingkup fashion disini cukup luas, karena dunia fashion memang gak ada matinya. Kamu bisa mulai menjual item-item seperti baju, celana, aksesoris, sampai sepatu.

Apalagi kalau kamu punya passion di bidang ini, dan senang melakukan mix and match fashionmu setiap harinya. Menjual item-item fashion secara online akan semakin membuka peluang keuntungan yang besar, mulailah membuat profil fashionmu dan mempromosikannya.

Kamu bisa melakukan promosi mulai di akun sosmedmu. Dengan memotret dan memposting item fashion yang tersedia di toko offlinemu, sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan yang banyak akan semakin luas.

2. Skin Care dan Kosmetik

informasi bisnis peluang usaha kecil menengah

Prospek usaha make up dan skincare memang sedang naik daun dan memiliki masa depan yang cerah. Kamu bisa memperluas target pemasaran untuk skincare karena tidak hanya untuk perempuan, melainkan juga untuk kaum laki-laki.

Menjual skincare dengan bahan yang alami dan terdaftar di BPOM untuk kepuasan dan keamanan untuk konsumenmu.

3. Perlengkapan Bayi

ide bisnis usaha kecil dan menengah

Sekilas memang terlihat sepele, namun siapa sangka, menjual perlengkapan bayi termasuk bisnis UKM yang menjanjikan lho saat ini. Ditambah masyarakat saat ini lebih suka belanja online, termasuk para ibu yang ingin mencari perlengkapan bayi yang bagus dan berkualitas.

Kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller. Produk yang dijual bisa meliputi botol susu, mainan, pakaian, sampai perlengkapan mandi dan sehari-hari.

4. MUA

bisnis UKM

Kalau kamu hobi dan punya skill make up yang mumpuni, bisnis UKM ini bisa menjadi pilihan. Karena semakin banyak wanita ingin tampil cantik dengan jasa make up artist yang professional.

Menjadi seorang MUA (Make Up Artist) menjadi bidang bisnis yang kian populer. Jasa seorang MUA sangat dibutuhkan di momen-momen seperti acara lamaran, wisuda, pemotretan, dan pernikahan

Kalau kamu sudah benar-benar mahir, bisa juga sambil membuka kursus make up lho. Jangan lupa siapkan media promosi seperti foto before-after make up agar lebih menarik konsumen.

5. Kuliner

contoh analisis lingkungan bisnis di bidang usaha kecil dan menengah

Bisnis kuliner sedari dulu memang ga ada matinya. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan kuliner apa yang kemungkinan prospeknya cerah dan diminati masyarakat.

Ditambah saat ini terdapat layanan pemesanan makanan seperti GoFood dan GrabFood, peluang bisnis kamu bisa makin diperluas.

Dengan memulai bisnis kuliner, melakukan kerjasama dengan pihak layanan pemesanan makanan online tersebut jadi keharusan. Sehingga usaha bisnismu berpotensi mendapatkan banyak pelanggan.

6. Furnitur

mengetahui usaha kecil menengah

Menjual berbagai macam furniture merupakan contoh bisnis usaha kecil menengah yang selanjutnya. Usaha ini bisa menjadi pilihan.

Saat ini orang tidak perlu datang langsung ke toko furniture untuk mencari furniture yang mereka inginkan. Kamu bisa memulai bisnis furniture secara online sehingga mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Selain belanja di toko offline furniture, pelanggan jadi lebih mudah untuk melihat produk yang kamu jual. Misal kamu punya website sendiri atau bekerja sama dengan marketplace.

7. Penginapan

profil bisnis usaha mikro kecil dan menengah (umkm)

Tren liburan dengan cara backpacker memang semakin banyak digemari. Penginapan dengan harga murah pun semakin tinggi permintaannya.

Kalau kamu tinggal di daerah yang dekat dengan tempat wisata, jenis UKM ini patut untuk dicoba. Harga sebuah hostel atau guest house tentunya tidak semahal hotel, karena fasilitas yang diberikan biasanya berupa fasilitas mendasar untuk menginap.

8. Jasa Foto dan Video

bisnis usaha kecil menengah

Kalau kamu suka dengan bidang foto dan videografi, jenis UKM ini patut untuk dipertimbangan untuk dicoba. Meskipun sudah banyak orang bisa menggunakan kamera, namun tidak semua bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

Disinilah jasa seorang fotographer dan videographer dibutuhkan. Misalnya untuk momen-momen seperti wisuda, lamaran, dan pernikahan.

9. Digital Marketing Agency

bisnis usaha kecil menengah

Kalau kamu punya keahlian di bidang seperti SEO, content writing, copywriting, UKM jenis ini bisa untuk dicoba. Usaha ini tidak bisa dipandang remeh, karena prosepek di bidang digital marketing terbilang tinggi.

Untuk menjadi digital marketing agency, kamu juga harus memiliki skill manajemen marketing yang  baik. Sehingga dapat mendulang keuntungan yang besar dan mendapat banyak klien.

10. Buku

bisnis usaha kecil menengah

peluang bisnis usaha kecil menengah selanjutnya adalah menjual buku. Buku adalah jendela dunia, dan bisa memperluas wawasan seseorang.

Dengan semakin maraknya belanja secara online, pencinta buku tidak perlu selalu datang ke toko buku setiap ada peluncuran buku baru. Apalagi kalau kamu termasuk penggila buku, profesi ini bisa menjadi pilihan.

Kamu bisa menjual berbagai jenis buku. Mulai dari komik, novel remaja, makalah, sampai buku pendidikan, dan menjualnya dengan harga kompetitif.

Kamu bisa menambah koleksi bukumu yang akan dijual di toko offline maupun online. Dengan menjual buku antimainstream akan semakin menarik pembaca.

11. Usaha Minuman Coklat dan Jus Buah

contoh bisnis usaha kecil menengah

Saat ini gerai usaha minuman semakin banyak bermunculan. Usaha minuman cokelat bisa menjadi pilihan, kamu bisa membuat variasi menu yang kekinian, misal variasi coklat oreo, matcha, keju, dan lainnya.

Selain itu, membuka gerai jus buah juga bisa menjadi pilihan. Dengan mematok harga yang terjangkau dan memilih tempat berjualan yang strategis, keuntungan yang banyak pun bisa kamu dapatkan.

12. Usaha Kreatif Cutting Sticker

manajemen bisnis usaha kecil menengah

Usaha menjual cutting sticker saat ini sudah banyak bermunculan, seiring terus bertambahnya kendaraan bermotor. Pengendara semakin banyak yang ingin menghias kendaraan mereka, salah satunya dengan cutting sticker.

Modal yang dikeluarkan pun tidaklah terlalu besar. Untuk tempat berjualan bahkan bisa mulai menjual dengan lapak di pinggir jalan.

13. Memulai Bisnis Musiman dengan Modal Kecil Untung Besar

bisnis UKM modal kecil

Bisnis jenis ini sifatnya adalah sementara. Kamu bisa mencari informasi saat ini produk atau barang apa yang sedang digandrungi masyarakat.

Contohnya adalah menjual menu-menu buka puasa saat bulan ramadhan, dan menjual souvenir-sovenir di momen-momen hari besar.

14.  Jasa Potong Rambut

bisnis usaha kecil menengah

Kamu tidak perlu membuka langsung salon besar dan mewah. Jenis UKM satu ini bisa menjadi pilihan karena tidak terlalu memerlukan modal yang besar.

Apalagi jika kamu punya keahlian mencukur rambut dengan berbagai jenis mode, hal tersebut akan mempermudah kamu untuk membuka bisnis di bidang ini.

15. Membuka Tempat Kursus

bisnis UKM 2020

ide bisnis usaha kecil menengah yang satu ini bisa menjadi pilihan, kalau kamu punya passion di bidang pendidikan, membuka tempat kursus bisa menjadi pilihan. Ditambah saat ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya pendidikan.

Kamu bisa memulai membuka bimbingan belajar ala rumahan dengan berbagai jenjang pendidikan, mulai jenjang SD, SMP, sampai SMA.

Ide usaha bisnis kecil menengah memang banyak sekali. Sudah punya rencana akan buka bisnis yang mana ? yuk berkomentar dan diskusikan.

Tinggalkan komentar