35 Bisnis Makanan Ringan Unik dan Kreatif, Jarang Ada!

Spread the love

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa di negara +62 ini salah satu hobi sejuta umat adalah mengemil makanan ringan, mulai dari anak kecil, remaja, orang-orang dewasa hingga para tetua banyak yang menjadikan makanan ringan sebagai teman dalam segala situasi. Tentu saja hal ini menjadi peluang usaha makanan ringan unik yang menggiurkan bagi para pebisnis baik yang online maupun offline.

Apakah kamu salah satu dari penggemar makanan ringan atau tertarik untuk menjadi pelaku bisnis makanan ringan unik dengan ide-ide kreatif? berikut ini adalah rangkuman beberapa contoh makanan ringan unik yang bisa jadi inspirasi.

Ide Bisnis Makanan Ringan Unik dan Kreatif

Setelah melakukan beberapa riset, kami berhasil mengumpulkan daftar bisnis makanan ringan unik dan kekinian yang biasa dicari orang. Makanan ringan ini biasa dijual secara online karena kebanyakan konsumennya adalah memang orang-orang pecinta makanan unik dan biasa berselancar di dunia maya untuk mengeksplor aneka camilan yang bersifat unik dan kreatif.

1. Bakpao berbentuk buah

bisnis makanan ringan yang unik

Apakah kamu salah satu penggemar makanan bakpao? Yupp benar, bakpao yang biasa kita lihat memang ukurannya besar berbentuk bulat dan varian rasanya tergantung pada isian di dalamnya.

Tapi kali ini sedikit unik dan berbeda. Bakpao yang satu ini bentuknya seperti buah-buahan dan banyak sekali macamnya.

Kalau kamu mau mencoba bisnis makanan ringan unik ini, kamu bisa coba cari referensi dari marketplace online. Atau kalau kamu punya ide lain untuk yang lebih kreatif buat jualan bakpao buah ini malah semakin bagus.

2. Chocodot

bisnis makanan ringan yang unik

Cemilan unik yang satu ini cocok banget nih buat kamu para coklat lovers. Chocodot adalah bentuk camilan berupa dodol garut tetapi berbahan dasar dari coklat.

Kalau dari segi bisnis, chocodot ini masih punya peluang yang besar. Pasalnya jajanan chocodot ini masih banyak diminati oleh konsumen.

Makanan ringan ini sering dibawa sebagai oleh-oleh oleh para pelancong. Untuk menambah nilai jualnya, kamu bisa menambahkan kreatifitasmu dalam konsep penjualannya.

3. Semangka Goreng

bisnis makanan ringan yang unik

Kalau biasanya kita tau semangka itu untuk dimakan sebagai buah hidangan pencuci mulut, kali ini semangka dijadikan sebagai bahan dasar cemilan kekinian yang unik. Yupp benar, semangka goreng ini unik karena ide nya yang tidak lazim.

Namun setelah dicoba ternyata enak juga lho. Dengan memanfaatkan nilai keunikan dari semangka goreng ini, bisnis ini tampaknya akan sangat menguntungkan.

Bagaimana tidak? Kita tau kebiasaan anak muda zaman now ini selalu suka sesuatu yang unik dan hits.

Mungkin akan butuh effort di awal untuk membuat makanan ini menjadi hits. Tapi setelah itu menjadi viral, kamu tinggal menikmati keuntungannya.

4. Bakso Goreng

bisnis makanan ringan yang unik

Bakso goreng atau lebih sering disingkat basreng, adalah makanan ringan berbahan dasar bakso. Bakso goreng ini kadang menjadi pelengkap makanan lain dan kadang juga dia dimakan sendiri sebagai camilan.

Peluang usaha untuk bakso goreng ini masih terbuka walaupun keuntungannya mungkin tidak seberapa karena memang sudah banyak dikenal orang dan banyak yang sudah berjualan bakso goreng. Tapi kalau kamu punya ide kreatif dan unik terkait bakso goreng, itu bisa jadi nilai plus untuk dijadikan usaha.

5. Gurilem

bisnis makanan modal kecil yang unik

Gurilem adalah makanan ringan yang khas berasal dari CIhampelas Bandung. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung tapioca.

Rasanya yang pedas serta berbentuk stik Panjang cukup untuk menarik perhatian. Selain itu, nama gurilem yang asing bagi para wisatawan juga menjadi daya Tarik tersendiri yang membuat calon konsumen penasaran.

6. Rambut Nenek atau Arum Manis

bisnis makanan ringan yang unik

Jajanan rambut nenek atau yang juga popular dengan nama arum manis ini punya bentuk yang unik dan rasa yang manis, cocok buat kamu-kamu yang memang suka camilan manis. Disebut rambut nenek karena bentuknya yang berbentuk serabut seperti rambut yang rontok dan rapuh yang biasa dimiliki oleh nenek-nenek.

Sebagai peluang bisnis, jajanan rambut nenek ini biasanya dijajakan di toko-toko ataupun di tempat yang ramai pengunjung. Jika kamu punya punya inisiatif untuk menjualnya secara online, kamu butuh ide yang lebih kreatif untuk membuat si rambut nenek ini jadi tampil beda dan mempunyai karakter unik seperti rasa, bentuk, atau konsep packaging yang bisa dijual.

7. Seblak

bisnis makanan ringan yang unik

Siapa sih yang ngga tau seblak? Kamu pasti sudah sangat familiar dengan jajanan yang satu ini ya kan?

Seblak ini jajanan khas dari jawa barat yang berbahan dasar kerupuk yang dimasak berkuah. Tambahan beberapa toping pada makanan seblak menjadi salah satu item yang bisa dijual, seperti ceker, jamur, sosis, cumi, dan banyak lagi macamnya.

8. Yoghurt Kerbau (Dadih)

bisnis makanan ringan yang unik

Yoghurt adalah minuman sehat yang sudah tidak asing bagi kita semua. Tapi kalau dadih, apa kamu pernah mendengarnya?

Dadih atau yoghurt kerbau ini adalah bentuk olahan fermentasi dari susu kerbau. Selain rasanya yang enak, dadih juga mengandung manfaat yang banyak untuk tubuh kita.

9. Black Burger

bisnis makanan ringan yang unik

Black burger atau burger hitam adalah hasil kreasi dari makanan burger dengan keunikan rotinya yang berwarna hitam, biasa kita temui di toko-toko makanan cepat saji. Roti berwarna hitam dengan rasa yang masih normal seperti roti biasa, dibuat dengan menggunakan pewarna yang berasal dari tinta cumi-cumi yang berwarna hitam, tetapi untuk soal rasa tetap sama.

10. Tahu Walik

bisnis makanan ringan yang unik

Tahu walik merupakan salah satu cemilan ringan yang berbahan dasar dari tahu yang dibalik (walik dalam Bahasa jawa berarti dibalik). Jajanan ini cukup hits beberapa waktu yang lalu dan banyak ditemukan di pasar jajanan di pinggir jalan.

Buat kamu penggemar tahu walik yang ingin memanfaatkannya sebagai peluang usaha, kamu bisa menambahkan ide-ide kreatif dalam konsep bisnis kamu, misalkan dari sisi packaging atau konsep marketing.

11. Belalang Goreng

bisnis makanan ringan yang unik

Sesuai dengan namanya, belalang goreng ini adalah makanan dari belalang yang digoreng kering sehingga renyah untuk dimakan. Karena keunikannya ini, kamu bisa lho menjadikan belalang goreng menjadi salah satu peluang untuk bisnis.

12. Puding buah

bisnis makanan ringan yang unik

Selain menjadi dessert, pudding juga bisa dijadikan cemilan atau makanan ringan juga lho, tapi bukin pudding besar yang biasanya. Untuk makanan ringan, pudingnya dibuat lebih mini dan dipadukan dengan buah-buahan, yaitu pudding buah.

Pudding buah ini bisa jadi lading bisnis juga lho, sasarannya adalah para pecinta pudding dan aneka makanan manis. Tambahkan konsep packaging dan marketing yang menarik, dijamin kamu bakal dapet banyak profit dari jualan pudding buah ini.

13. Dadar gulung coklat

bisnis makanan ringan yang unik

Jajanan satu ini bakal memanjakan lidah-lidah pecinta coklat. Dadar gulung yang biasanya berwarna hijau pandan dimodifikasi warna dan variannya menjadi rasa coklat. Menarik kan?

Dadar gulung coklat dapat mudah kamu temukan di toko-toko yang berjualan jajanan pasar, karena makanan ini tergolong makanan yang cepat basi. Kalau kamu mau berbisnis dengan jenis makanan ini, kamu bisa menyasar tempat-tempat catering atau penjaja jajanan pasar.

14. Macaroni

bisnis makanan ringan yg unik

Akhir-akhir ini jajanan macaroni mulai hits lagi nih, dengan variasi rasa beraneka macam mulai dari rasa balado, rasa keju, rasa rumput laut, barbeque, dan lain-lain. Konsep keberagaman rasa ini lah yang kemudian menjadi daya Tarik pada penjualan macaroni.

Tertarik berbisnis macaroni? Tenang saja, agar tidak ribet, kamu bisa bergabung dengan perusahaan yang membuka waralaba. Ada banyak waralaba macaroni yang sudah memiliki brand, jadi kamu tinggal buka lapaknya saja.

15. Oreo Goreng

usaha makanan ringan unik

Ide makanan ringan unik di Indonesia ini memang tidak ada habisnya. Ada lagi nih jajanan unik yang Namanya Oreo goreng.

Sesuai namanya, jajanan ini terbuat dari oreo yang dimasukkan dalam tepung lalu digoreng. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri lho.

Jajanan oreo goreng ini termasuk jajanan yang tidak awet alias harus segera dihabiskan, jadi sedikit susah untuk dipasarkan secara online. Kalau mau jualan oreo goreng, kamu bisa mencoba menjajakannya dengan membuka lapak secara langsung.

16. Stick Brownies

bisnis makanan ringan yang unik

Kamu pasti sudah tidak asing kan dengan kue brownies? Bagaimana dengan brownies yang berbentuk stick?

Inovasi kue brownies yang dibentuk stick ini menjadi unik karena berbeda dengan brownies pada umumnya yang hanya berbentuk kotak. Walaupun bentuknya seperti eskrim, tapi rasa dan warnanya tetap sama seperti brownies pada umumnya.

17. Rempeyek Jangkrik

bisnis makanan ringan yang unik

Binatang jangkrik yang biasa kita temui di rerumputan ternyata sekarang bisa kita temui dalam bentuk makanan. Dengan resep tertentu, jangkrik dijadikan makanan ringan rempeyek yang enak.

Rempeyek jangkrik termasuk golongan makanan ringan yang awet sehingga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Jenis makanan ringan ini cocok untuk dibisniskan secara online.

18. Mie Lidi Pedas Legend

ide bisnis makanan ringan unik

Kamu ingat jajanan mie lidi? Mungkin kamu pernah dan sering jajan mie lidi sewaktu SD dulu. Kali ini makanan mie lidi ini mulai hits lagi.

Seperti halnya macaroni, mie lidi dikreasikan dengan aneka rasa dan level kepedasan yang berbeda-beda. Banyaknya varian jajanan ini adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik, yang juga ditambah dengan nilai nostalgia jaman kecil dulu karena mie lidi ini adalah jajanan yang legend.

19. Nuget Pisang

usaha makanan ringan unik dan kreatif

Pisang adalah salah satu jenis buah yang bisa dikreasikan kedalam berbagai bentuk makanan ringan, salah satunya adalah nuget pisang. Saat ini sudah ada banyak usaha makanan ringan unik nuget pisang yang memiliki banyak pelanggan.

Buat kamu yang berminat untuk menjadikan nuget pisang sebagai bisnis, kamu bisa memulai bisnis dengan brand mu sendiri atau bisa juga dengan cara bergabung dengan brand yang sudah jadi dengan sistem waralaba.

20. Batagor

bisnis makanan ringan yang unik

Makanan khas dari bandung ini masih menjadi makanan ringan idola bahkan kadang dijadikan sebagai makanan penunda lapar. Batagor selalu enak disajikan baik dalam bentuk kering maupun dalam bentuk basah dengan campuran bumbu kacang.

21. Singkong Keju

bisnis makanan ringan yang unik

Singkong yang biasanya identic dengan makanan orang kampung sudah berhasil naik kasta menjadi jajanan kekinian ketika dikombinasikan dengan keju. Singkong keju bahkan menjadi jajanan favorit buat orang-orang pekerja kantoran.

Singkong keju ini merupakan jajanan basah yang hanya sekali saji. Artinya jika ingin berbisnis singkong keju, cara penjualannya adalah dengan cara membuka lapak atau dijadikan menu makanan ringan di café atau tempat nongkrong.

22. Martabak banyak rasa

bisnis waralaba makanan ringan unik

Makanan ringan martabak adalah jajanan yang sudah sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Yang membedakan adalah varian rasanya yang beraneka macam.

Untuk memenuhi permintaan pasar, ide penggabungan berbagai topping dan rasa martabak dalam satu kotak pun dibuat. Dengan cara ini hanya dengan sekali beli konsumen bisa merasakan semua varian rasa.

Ide martabak varian rasa ini menjadi ide bisnis yang walaupun sudah mulai menjamur namun tetap laku kalau kamu berjualan di tempat yang belum ramai penjual martabak.

23. Keripik Buah-buahan

peluang usaha makanan ringan unik

Buah-buahan adalah sumber vitamin yang selain bisa dimakan secara langsung ternyata juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan yang unik dan menarik. Makanan ringan seperti keripik dapat dibuat dari berbagai buah-buahan, seperti pisang, apel, salak, Nangka, rambutan, dan lain-lain.

Makanan ringan berupa keripik buah ini dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena keripik merupakan makanan ringan yang awet, sehingga bisa di packing dan diperjual belikan secara online. Banyak toko online yang menajajakan keripik buah-buahan dan meraup banyak keuntungan.

24. Stick Talas

bisnis makanan ringan yang unik

Stick talas adalah makanan ringan khas dari Pontianak yang terbuat dari bahan utama talas yang digoreng. Stick talas tergolong dalam makanan ringan yang awet sehingga dapat diperjual belikan secara online.

25. Kembang Goyang

usaha makanan ringan unik dengan modal kecil

Jajanan kembang goyang merupakan makanan ringan yang unik karena bentuknya yang seperti bunga dan cara pembuatannya yang harus digoyang-goyang di dalam minyak panas. Dengan rasanya yang manis, jajanan ini cocok bagi anda yang menyukai makanan manis.

26. Siomay Kering

bisnis makanan ringan yang unik

Pasti kita semua sudah tidak asing dengan makanan siomay. Makanan yang terbuat dari tepung dan daging ikan ini terdiri dari dua jenis, yaitu basah dan kering.

Siomay kering bisa dikemas dan dijual dengan packing yang rapi sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak. Apalagi kalau kamu bisa mem-branding siomay kering ini dengan konsep yang kreatif.

27. Puding Roti

bisnis makanan ringan yang unik

Puding dan Roti ternyata bisa dikombinasikan dan menjadi makanan ringan yang enak. Pudding roti hanya berbahan dasar roti dan adonan pudding yang sangat sederhana cara pembuatannya.

28. Asinan

bisnis makanan ringan yang unik

Asinan juga salah satu makanan ringan yang bisa dibuat dari bahan dasar buah-buahan. Contohnya, bisa dibuat dari buah rambutan, manga, dan buah-buahan lainnya.

29. Kue Balok

contoh usaha makanan ringan unik

Kue balok adalah makanan ringan khas jawa barat. Bentuk kue yang didalamnya terdapat coklat cair yang bisa lumer ketika dimakan.

30. Stick Donat

bisnis makanan ringan yang unik

Stick donat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan donat-donat pada umumnya. Hanya saja bentuknya yang dibuat seperti donat dan topingnya yang dibuat bermacam-macam menjadikannya makanan ringan yang menarik perhatian.

31. Stick Pisang Coklat

bisnis makanan ringan yang unik

Stick pisang coklat adalah kreasi jajanan dari pisang yang sangat sederhana tetapi menarik dan sempat menjadi hits. cara pembuatannya hanya dengan mencelupkan buah pisang ke dalam coklat

32. Tahu Crispy

bisnis makanan ringan yang unik

Tahu crispy ini walaupun tidak terlalu popular tetapi tetap dicari oleh para pecinta tahu. Tahu yang digoreng dengan tepung sehingga menjadi bentuk krispy yang enak dinikmati ketika hangat.

33. Es krim nitrogen

bisnis makanan ringan yang unik

Es krim nitrogen sempat menjadi hits beberapa waktu yang lalu. Bahkan sampai sekarang pun masih banyak yang berjualan es krim nitrogen.

34. Aneka kue berwarna

bisnis makanan ringan yang unik

Aneka kue dapat dijadikan makanan ringan menarik dengan memanfaatkan konsep warna, seperti red velvet dengan warna merahnya, mi hitam, rainbow cake, dan lain-lain. Kamu juga bisa membuat kreasimu sendiri dengan memanfaatkan warna dari makanan tersebut.

35. Martabak Mini

bisnis makanan ringan yang unik

Mirip dengan martabak secara umum, martabak mini ini dibuat dengan resep dan adonan yang sama. Hanya saja bentuknya yang dibuat lebih kecil dengan varian satu rasa saja.

Itu tadi 35 ide bisnis unik dan menarik yang bisa jadi inspirasi buat kamu yang mau memulai bisnis makanan ringan unik. Kalau kamu punya pengalaman tentang pembuatan salah satu dari jenis camilan yang disebutkan di atas, kamu bisa membagikannya ke kita semua lho, siapa tau bisa jadi rekan bisnis untuk berkolaborasi.

Atau apakah kamu punya ide makanan lain yang menarik tapi butuh saran untuk implementasi? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar!

Tinggalkan komentar