Bisnis Ikan Hias: Modal, Keuntungan, Jenis, Strategi

Spread the love

Kamu masih bingung untuk memulai kerajaan bisnismu? Kamu bisa memulai dengan bisnis ikan hias.

Banyak jenis ikan hias yang dapat kamu jadikan usaha, mulai dari ikan yang harganya murah hingga ikan yang memiliki harga sangat mahal.

Berikut ini terdapat informasi yang dapat memberikan gambaran tentang bisnis satu ini.

Apa itu Bisnis Ikan Hias?

bisnis ikan hias yang menjanjikan

Peluang bisnis di dunia ini sangat banyak dan beragam, baik bisnis yang membutuhkan banyak modal ataupun sedikit. Contohnya adalah bisnis ikan, bisnis ikan dapat memberikan untung yang sangat besar karena banyaknya permintaan dan banyaknya penggemarnya.

Usaha ikan hias merupakan bisnis yang cukup mudah untuk di rintis karena hanya membutuhkan indukannya saja kemudian dapat di kembangbiakan menjadi banyak.

Akan tetapi kamu harus menjalankan bisnis ini dengan tekun dan dapat menerima resiko apapun sehingga kamu dapat memetik keuntungan yang lumayan besar di kemudian hari.

Ada dua jenis ikan hias yang dapat dijadikan peluang usaha,

  • Pertama adalah bisnis ikan hias air tawar, bisnis ikan hias ini lebih fokus kepada berbagai jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Cara merawat ikan-ikan air tawar sangatlah mudah, mulai dari kemudahan mencari air tawar dan kemudahan untuk mencari bahan makanan yang cocok dengan ikan jenis ini.
  • Kedua yaitu bisnis ikan hias laut, bisnis ini juga dapat kamu coba. Sebab banyak sekali ikan-ikan cantik yang hidup di laut yang dapat di kembangbiakan dan laku di jual. Meskipun perawatannya lebih sulit dan lebih rumit dari ikan air tawar, tetapi bisnis ikan hias dari laut lebih menguntungkan karena banyak yang lebih tertarik dengan ikan-ikannya.

Usaha ini sangat menguntungkan dan kamu dapat menjaring uang dari bisnis ikan hias.

Modal dan Keuntungan Bisnis Ikan Hias

bisnis ikan hias 2020

Untuk memulai bisnis rumahan ini kamu tidak hanya memerlukan modal berupa uang saja. Tetapi kamu juga membutuhkan beberapa modal lainnya sehingga bisnis yang akan kamu jalankan tidak termasuk bisnis ikut-ikutan dan menghasilkan keuntungan yang kecil.

Selain uang kamu juga harus memiliki pengetahuan terkait jenis ikan hias yang hidup di laut maupun di air tawar, harga dan potensidari ikan hias yang akan kamu jadikan usaha.

Kemudian kamu juga perlu mengetahui tentang cara merawat ikan hias supaya ikan hias yang dibudiyakan dapat tumbuh dan berkembangbiak dengan baik.

Kamu harusmengetahui bagaimana pemasaran ikan hias dan jaringan-jaringan yang berkaitan dengan bisnis ini, sehingga ketika bisnis ini telah berjalan kamu tidak bingung lagi untuk mendistribusikan hasil budidaya ikan hiasmu.

Mengapa bisnis ikan hias memiliki prospek bisnis yang menggiurkan? Karena prospek dalam menjalankan bisnis ini dapat dikatakan sangat menguntungkan sehingga sangat menggiurkan untuk menjalankannya.

Selain itu bisnis ini juga memiliki prospek yang cemerlang dalam jangka waktu yang panjang karena bisnis ini termasuk bisnis yang tidak pernah sepi pelanggan.

Meskipun keuntungan bisnis ikan hias ini tidak langsung mengembalikan modal yang kamu keluarkan secara instan, akan tetapi bisnis ini dapat berjalan terus menerus sehingga kamu bisa menikmati keuntungan dalam jangka panjang.

Persiapan yang Harus di Lakukan dalam Bisnis Ikan Hias

1. Menentukan jenis ikan hias

bisnis ikan hias yg menguntungkan

Kamu harus menentukan jenis ikan hias terlebih dahulu sebelum menjalankan langkah selanjutnya. Karena ikan hias yang telah ditentukan dijadikan tujuan untuk dibina dan di budidayakan.

Kamu dapat memilih jenis-jenis ikan untuk berbisnis yang akan dijabarkan di penjelasan berikutnya. Pilihlah ikan yang mudah untuk di ternakan dan cepat proses perkembangbiakannya sehingga akan dengan cepat pula proses pemasarannya.

2. Sarana Budidaya

bisnis ikan hias ekspor

Kedua kamu harus mempersiapkan tempat untuk membudidayakan ikan hias. Kamu bisa memilih berbagai sarana budidaya ikan yang cocok dengan jenis ikan yang telah ditentukan.

Kamu juga harus menyesuaikan budget dengan sarana budidaya agar untuk memulai bisnis ini tidak kesulitan. Kamu juga perlu memperhatikan lokasi budidaya, jika memungkinkan carilah lokasi yang dekat dengan sumber air yang dibutuhkan.

3. Kualitas Air

bisnis ikan hias aquarium

Ketiga, kamu harus memperhatikan kualitas air yang akan kamu gunakan untuk budidaya ikan hias. Kamu harus benar-benar memahami apakah sumber air yang tersedia sudah sesuai dengan kebutuhan ikan yang akan di budidayakan.

4. Pemilihan Pakan

usaha ikan hias air tawar

Hal ini merupakan hal yang sangat penting. Kamu harus mempersiapkan pakan yang benar –benar berkualitas sebab pakan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan.

5. Peralatan

bisnis budidaya ikan hias air tawar

Peralatan merupakan komponen yang tidak bisa ditinggalkan. Kamu harus mempersiapkan pompa air, jaring, wadah, selang, timba, penyaring kotoran, tabung oksigen, pisau, terpal, dan peralatan tambahan lainnya.

Peralatan tersebut akan membantu dalam proses perawatan ikan setiap harinya, sehingga ikan tidak akan merasa stres dan sehat.

Jenis-jenis Ikan untuk Bisnis Ikan Hias

1. Ikan Cupang

bisnis ikan hias cupang petarung

Ikan cupang merupakan ikan hias yang sudah sangat terkenal dan untuk memulai bisnis dengan ikan hias satu ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli indukan jantan dan betina saja kemudian masukkan ke dalam kolam.

Indukan jantan dan betina akan dengan sendirinya melakukan perkawinan, sehingga tanpa bantuan manusia pun ikan ini akan terus beranak pinak dan jumlahnya juga banyak. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjual keliling lingkungan sekolah, sebab anak-anak lebih menyukai ikan ini.

2. Ikan Mas Koki

bisnis budidaya ikan hias

Ikan kedua yang bisa kamu jadikan usaha adalah ikan Mas Koki. Ikan satu ini merupakan salah satu jenis ikan yang perkembang biakannya cepat, sehingga tidak dalam waktu lama kamu bisa memanennya dan menjualnya.

Bicara tentang keuntungan, sudah banyak yang membuktikan bahwa dengen beternak ikan Mas Koki sangat menjanjikan. Sebab ikan ini terus menjadi raja ikan hias di pasaran yang diminati seluruh kalangan.

3. Ikan Molly

bisnis jual beli ikan hias

Ikan Molly merupakan jenis ikan yang memiliki rasa persahabatan yang kuat sehingga ikan ini dapat di pelihara dengan ikan hias lainnya. Sehingga kamu tidak memerlukan tempat yang luas, bahkan kamu bisa beternak ikan ini di tempat mini.

Ikan ini sangat laku keras di pasaran karena memiliki warna tubuh yang sangat indah dan bisa membuat orang yang melihatnya akan terpukau.

4. Ikan Guppy

usaha ikan hias cupang

Selanjutnya ada ikan Guppy yang sekali bertelur dapat menghasilkan anakan hingga mencapai 200 ekor per induknya.

Ikan ini juga dapat di ternakkan di tempat yang kecil tidak perlu tempat yang luas sehingga kamu dapat menghemat modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ikan hias air tawar ini.

5. Ikan Arwana

cara bisnis ikan cupang hias

Ikan yang memiliki nama lain yaitu ikan Naga ini termasuk jenis ikan yang berasal dari Asia Tenggara sehingga di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah. Ikan ini memiliki keindahan dan keunikan di bentuk dan warnanya sehingga ikan ini dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Tetapi jika hendak berbisnis ikan Arwana kamu harus hati-hati, sebab ikan ini termasuk dalam jenis ikan predator yang cukup berbahaya.

6. Ikan Black Phantom

prospek bisnis ikan cupang hias

Banyak yang menyebut ikan ini dengan sebutan ikan Black Ghost karena memang warnanya yang hitam. Ikan ini dipercaya berasal dari daerah Suriname dan berasal dari sungai Amazon di Brazil.

Ikan air tawar ini memiliki ukuran yang lumayan besar dan sangat suka makanan berupa cacing, jentik-jentik nyamuk dan juga pelet. Kamu bisa memulai bisnis ikan hias dengan membudidayakan ikan Black Phantom atau Black Ghost ini.

7. Ikan Discus

bisnis ikan hias di rumah

Ikan Discus merupakan ikan hias yang dapat dengan cepat memikat pelanggan dan orang-orang yang melihatnya, karena ikan Discus memiliki beragam warna yang cantik dan sangat indah.

Dengan daya tarik dari ikan yang berasal dari sungai Amazon berbentuk pipih ini kamu bisa mendapat keuntungan besar apabila menjadikannya peluang bisnis.

8. Ikan Botia

usaha ikan hias dengan modal kecil

Di Asia Tenggara ikan Botia merupakan salah satu ikan hias yang paling digemari, begitu juga di Indonesia. Bentuk dari ikan Botia ini termasuk bentuk yang lucu dengan warna kuning cerah yang sangat segar dan indah.

Karena banyak penggemarnya ikan ini cocok di ternakkan dan dijadikan bisnis yang dapat dipastikan sangat menguntungkan.

9. Ikan Louhan

peluang usaha ikan hias guppy

Siapa yang tidak kenal dengan ikan berkepala benjol yang menjadi ciri khasnya ini, pasti hampir semua orang yang ada di Indonesia sudah tahu tentang ikan Louhan.

Ikan yang berasal dari Amerika Serikat ini juga menjadi primadona ikan hias banyak di buru di Indonesia.

Harga jual ikan ini sendiri termasuk golongan harga mahal, sehingga jika kamu mencoba bisnis ikan hias ini sudah pasti akan mendapat keuntungan yang banyak.

10. Ikan Sapu-sapu

bisnis jual ikan hias keliling

Ikan sapu-sapu alias ikan bersih-bersih begitulah sebagian orang Indonesia menyebutnya, sebab ikan ini lebih sering menempel di kaca aquarium seperti sedang mengelap kaca. Ikan sapu-sapu juga sangat terkenal di Indonesia, bahkan penggemarnya juga sangat banyak.

11. Ikan Corydoras

ikan hias jadi bisnis

Ikan lain yang dapat dijadikan bisnis ikan hias yang menguntungkan adalah ikan Corydoras. Ikan yang berasal dari Amerika Selatan ini juga disebut dengan ikan tikus.

Akan tetapi jika kamu ingin berbisnis ikan hias jenis ini, kamu harus membuat kolam ikan yang sesuai dengan habitat aslinya agar ikan ini dapat dengan cepat tumbuh dan berkembang.

12. Ikan Oscar

bisnis ikan hias kaskus

Ikan dengan bentuk indah dan banyak di buru oleh pencinta ikan hias adalah ikan Oscar. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang indah dan warnanya lebih dominan dengan warna hitam dan merah yang merupakan perpaduan warna yang elegan.

Hal tersebutlah yang membuat ikan jenis ini banyak penggemarnya dan sudah pasti akan menjadi bisnis yang menguntungkan.

13. Ikan Mickey Mouse

usaha ikan hias keliling

Bagi pencinta serial kartun Disney Mickey Mouse wajib memiliki ikan hias jenis ini. Kenapa dinamakan ikan Mickey Mouse? Karena ikan ini berbentuk mirip sekali dengan Mickey Mouse.

Sifat dari ikan Mickey Mouse ini lebih senang hidup berkelompok dan juga memiliki ukuran tubuh yang mini alias kecil sehingga dapat mempercantik tempat mereka di pelihara.

14. Ikan Sepat Hias

usaha ikan hias modal kecil

Ikan yang termasuk jenis gurami ini juga dapat kamu jadikan peluang bisnis karena penggemarnya lumayan banyak. Ikan ini berasal dari Negeri Jiran alias Malaysia.

Ikan Sepat hias sangat mudah untuk di ternakkan karena mereka dapat hidup di berbagai tempat harus menyesuaikan dengan habitat asli mereka. Jadi kamu dapat menghemat tempat dan biaya jika berbisnis ikan hias jenis ini.

15. Ikan Rainbow

bisnis ikan hias menguntungkan

Rainbow fish dapat ditemukan di perairan Kalimantan dan Sulawesi sehingga menjadi ikan yang cukup terkenal di Indonesia. Bentuknya yang pipih dan indah menjadikan ikan ini ikan hias yang banyak digemari oleh orang-orang.

Ikan yang memiliki sirip yang besar dan melengkung tajam mengkilap satu ini dapat kamu jadikan peluang bisnis karena keuntungannya akan sangat besar.

Tips Jitu Bisnis Ikan Hias

1. Menentukan tempat usaha

usaha ikan hias murah

Tips pertama adalah menentukan tempat usaha, usahakan untuk memilih lokasi yang rama dikunjungi oleh orang-orang. Jika kamu memiliki modal besar untuk memulai bisnis ikan hias maka kamu dapat menyewa tempat di berbagai pusat perbelanjaan.

Tetapi jika kamu memiliki modal yang terbatas maka kamu bisa menggunakan rumahmu untuk berbisnis ikan hias. Apabila rumahmu berada di dalam gang, kamu bisa memberikan petunjuk arah agar pelanggan bisa dengan mudah untuk menemukan tempat usahamu.

2. Menyiapkan peralatan

peluang usaha ikan hias online

Semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini harus dipersiapkan dengan baik, karena peralatan merupakan komponen yang berpengaruh besar terhadap bisnis satu ini. alat-alat yang perlu dipersiapkan adalah alat-alat yang telah disebutkan di bagian awal artikel ini.

Kamu bisa membeli peralatan yang harganya tidak terlalu mahal jika modal bisnis ikan hias yang kamu miliki terbatas. Pilihlah peralatan yang dapat digunakan dalam jangka panjang agar tidak perlu menggantinya dalam waktu dekat.

3. Pemasaran usaha ikan hias

bisnis ikan hias yang paling menguntungkan

Kamu harus menentukan target market untuk bisnis ini. Jika kamu menargetkan pemasaran bisnis ini untuk semua kalangan masyarakat, maka kamu harus mempersiapkan jenis ikan dengan harga yang sesuai.

Kamu bisa menyediakan jenis ikan mulai dengan harga murah untuk kalangan menengah ke bawah hingga harga yang paling mahal yang diperuntukkan untuk kalangan menengah ke atas.

4. Perawatan ikan

resiko bisnis ikan hias

Perawatan untuk ikan hias sendiri tidaklah sulit alias mudah, akan tetapi kamu harus benar-benar memperhatikannya agar ikan tetap dalam kondisi yang sehat dan baik sehingga kamu tidak akan mengalami kerugian.

Merawat ikan hias cukup dengan menjaga agar kondisi air tetap dalam keadaan bersih dan pemberian pakan tentu harus tepat waktu. Bersihkan secara rutin kolam ikan atau aquarium yang kamu gunakan agar ikan tidak mudah stres.

5. Promosi

budidaya ikan hias termasuk usaha bidang

Inilah yang menjadi penentu dalam bisnis ini, kamu harus melakukan promosi secara intens agar semakin banyak pelanggan yang datang dan membeli ikan hias. Selain itu kamu juga dapat mencoba bisnis ikan hias online, jadi kamu bisa mempromosikan usahamu secara online.

Di era serba online ini mempromosikan ikan hias secara online akan sangat menguntungkan karena seluruh dunia bisa tahu tentang bisnismu dan bisa membelinya kapanpun dan di manapun selama bisnismu buka.

Lengkapilah promosi yang kamu lakukan dengan alamat lengkap sehingga akan semakin banyak yang mengetahui lokasi bisnismu. Kamu juga bisa menggunakan brosur untuk melakukan promosi dan sarana-sarana lain yang dapat dengan mudah dilakukan.

Kamu bisa mencoba usaha yang menguntungkan ini untuk memulai kerajaan bisnismu sendiri. Jika kamu belum merasa percaya diri kamu bisa mengajak sanak saudara atau temanmu untuk join bersama.

Apabila kamu memilki saran yang baik terkait bisnis ini,kamu bisa meninggalkan komentar.

Tinggalkan komentar